Cara Hacker Hack Channel YouTube Gen Halilintar

youtube-genhalilintar

Gen Halilintar dan Thariq Halilintar menjadi korban peretasan akun YouTube yang baru saja terjadi hari ini. Atta Halilintar selaku yang tertua dari keduanya mengklaim bahwa hacker berasal dari Rusia dengan membawakan bukti live streaming yang menggunakan bahasa Rusia.

Awal mula kejadian akun YouTube Gen Halilintar di-hack yaitu pada pukul 08:00 WIB, berdasarkan postingan yang diunggah di akun Instagram pribadi miliknya. Sontak penggemar keluarga Halilintar itu langsung ramai-ramai mengomentari dan memberi dukungan agar channel YouTube-nya kembali seperti semula.

"Channel Gen Halilintar 17,5 juta subscriber sekarang lagi di-hack Ethereum Live News, diperkirakan ini dari Rusia," kata Atta dalam video yang diunggah di Instagramnya. Channel Thariq Halilintar juga di hack, videonya semua sudah dihapus, ada video bahasa Rusia," kata Atta Halilintar melalui akun Instagramnya.

Bukan hanya Gen Halilintar yang mengalami kebobolan akun YouTube, melainkan saudaranya juga menjadi sasaran selanjutnya yaitu Thariq Halilintar. Namun yang paling parah ialah dari Gen Halilintar, semua video dan nama channel telah diubah menjadi "Ethereum Live News".

Menurut dugaan kami, hacker ini menyatakan dukungan terhadap aset kripto digital yaitu Ethereum, yang saat ini diperdagangkan di harga Rp34 juta. Selama sepekan ini, hampir seluruh aset kripto mengalami kenaikan yang sangat drastis terutama koin populer seperti Bitcoin (Rp930 juta), Ethereum (Rp34 juta) Litecoin (Rp4 juta), Doge (Rp3 ribu) dan Cardano (Rp21 ribu).

Tujuan utama hacker tersebut dengan meretas akun YouTube Gen Halilintar adalah mempopulerkan kembali Ethereum untuk menuju nilai jual yang tertinggi sepanjang masa. Di beberapa forum penggiat cryptocurrency yang sering dibahas adalah Cardano (ADA), Polkadot (DOT), DOGE, Bitcoin (BTC), Ripple (XRP), Stellar (XLM), Binance Coin (BNB) dan THETA. Mungkin dengan cara ini, Ethereum bisa melesat kembali.

Gen Halilintar dan saudaranya telah menambah daftar YouTuber yang berhasil di-hack oleh hacker. Sebelumnya, ada juga YouTuber dari Jagat Review yang mengalami kebobolan akun YouTube-nya dan kejadiannya sama yakni melakukan live streaming dan ditonton ribuan penggemarnya.

Cara Kerja Hacker Bobol Channel YouTube

Biasanya hacker menggunakan kampanye phishing untuk memulai serangan ke target yang sudah diincar. Artinya, hacker telah menentukan bahwa serangan utama lebih memilih ditujukan kepada konten kreator tertentu dengan banyak subscriber dan viewers dari berbagai negara.

Setelah email dikirim dan link diklik, korbannya adalah halaman login Google palsu. Ini adalah saat korban masuk dengan kredensial, yang ditangkap oleh penyerang. Penyerang kemudian mengambil kendali akun dan mengubah isi di dalam akun Gmail. 

Selanjutnya, penyerang dapat melewati keamanan akun dengan otentikasi dua faktor (2FA). Dan beberapa hacker mempunyai toolkit phishing berbasis reverse proxy untuk mencegat kode 2FA yang dikirim melalui SMS. Bypass 2FA ini biasa diterapkan oleh bug hunter yang mengikuti program bug bounty dan terkadang juga dibuatkan tutorial di laman blognya. Alhasil, tutorial yang bermanfaat tersebut kerap kali disalahgunakan.

Ada beberapa email phising yang sering digunakan untuk mengambil alih akun YouTuber yaitu:
  • Phising cryptocurrency
  • Phising fake endorse
  • Phising business cooperation
  • Phising e-commerce (Ex: Amazon, eBay, Alibaba etc)
Tidak hanya phising, malware juga bisa mengambil data sensitif korban yang telah terjebak dan bahkan lebih berbahaya. Selain itu, perangkat Android ternyata juga bisa terkena malware loh.

Namun, ada solusi terbaik untuk mencegah pembobolan akun YouTube, bank maupun sosial media lainnya yaitu dengan cara menggunakan Google Authenticator atau Microsoft Authenticator yang ada di Play Store, karena sistem keamanan itu akan mengubah kode setiap 30-90 detik.

Kasus Akun YouTuber di-Hack

Apakah hanya YouTuber Indonesia saja yang terkena hack? Tidak. Setelah ditelusuri, ternyata ada konten kreator lain yang juga pernah jadi korban peretasan akun YouTube dan ke semua korban memiliki subscriber yang cukup banyak dari berbagai kalangan.

Beberapa YouTuber terkenal yang terkena serangan peretasan yakni merupakan bagian dari komunitas mobil termasuk Built, Troy Sowers, PURE Function dan Musafir. Setelah kejadian itu, mereka langsung mengeluhkannya melalui akun Instagram dan Twitter berharap mendapatkan respon yang baik dari pihak YouTube terkait masalah peretasan akun.

Saluran YouTube CarryMinati menjadi salah satu peretasan yang memeras uang melalui aset kripto digital, yakni Bitcoin. Peretas masuk ke saluran YouTube CarryMinati dan meminta sumbangan Bitcoin dari pelanggan. Segera setelah saluran tersebut diretas, Minati turun ke Twitter untuk memberi tahu YouTube tentang insiden tersebut dan meminta "bantuan segera". Akhirnya pihak YouTube menanggapi dan menyelesaikan masalah.

Peretas dilaporkan mengubah deskripsi akun dengan detail akun untuk donasi bitcoin. Peretas juga melakukan live streaming Bihar Charity, sementara laman deskripsi CarryMinati ditambahkan alamat Bitcoin milik hacker untuk mengelabui subscribernya.

Ada juga salah satu YouTuber terbesar sebagai gamers, Hyeperion, yang juga menjadi korban salurannya diretas (semua video diretas dan nama serta logonya diubah menjadi Cardano Foundation) dan digunakan untuk streaming langsung "Prediksi Harga Cardano (ADA) 2021" dengan banyak bot (mungkin sebanyak 30K) menontonnya. YouTube sejak itu menghapus saluran untuk tujuan pengendalian kerusakan dan Hyeperion bekerja sama dengan YouTube untuk mencoba memulihkan salurannya.

Cara Mengembalikan Akun YouTube Telah Diretas

  1. Recovery akun Gmail terlebih dahulu.
  2. Ganti password dan tambahkan email pemulihan.
  3. Setelah itu, isi form tentang Keluhan Hukum dan dengan ini kasusnya adalah peretasan atau di-hack.
  4. Pada form tersebut, akan ada field yang diharuskan mengutip undang-undang seputar konten YouTube. Kamu bisa mengutip undang-undang pasal peretasan akun sebagai dasar klaim yang bakal digunakan.
  5. Sertakan link undang-undang tersebut di kolom selanjutnya.
  6. Pilih minimal satu URL video yang telah diubah oleh hacker
  7. Selanjutnya, uraikan permasalahan yang sedang kamu alami. Misalnya, akun telah dibobol dan berikan informasi seputar perangkat yang pernah dijadikan tempat login akun YouTube sebelumnya.
  8. Kemudian, centang pernyataan dan isi nama lengkap sebagai bukti keabsahan laporan.
  9. Kirim.
Catatan: Form ini bukanlah pengaduan keluhan seputar peretasan pada akun YouTube, melainkan keluhan hukum yang terkait dengan Merek Dagang, Pemalsuan, Privasi, Pencemaran Nama Baik, Hak Cipta, dan Pengelakan atas Tindakan Teknologi. Meskipun, YouTube sendiri tidak memiliki form khusus untuk mengembalikan akun YouTube yang diretas. Jadi, kami merekomendasikan form ini sebagai solusi terbaik.

Posting Komentar

0 Komentar