53.067 Data Pengguna Bank DBS Indonesia Dibocorkan Hacker

bank-dbs-indo
    Credit: caragadai

Bank DBS diretas - Kebocoran data kembali terjadi dan kali ini korbannya adalah Bank DBS Indonesia yang berhasil diretas oleh hacker. Aktivitas peretasan menurut pantauan kami sudah dilakukan sejak Maret 2021, tetapi data pengguna yang diperjual belikan dipublikasikan pada hari Jum'at kemarin.

Data yang baru saja dipublikasikan mencakup nama lengkap, level, nomor ktp, npwp, nomor telepon, alamat email, nomor rekening, nama rekening bank, nama akun rekening, tanggal join. Setelah kami analisis, data yang dibocorkan adalah valid berdasarkan NIK yang tercantum.

data-bocor-bank-dbs-indonesia
    Credit: LocalHunter

Dalam publikasinya, peretas tersebut tidak mencantumkan harga mengenai penjulan data pengguna akun Bank DBS Indonesia, melainkan negoisasi melalui alamat email. Namun, salah satu anggota yang juga bergabung di forum itu menanyakan perihal sample yang diposting sebagaimana yang ia katakan: "di header ada 10 cols tapi di second data yang anda berikan sebagai sample tidak cocok".

Sebelumnya, 13.000 data pengguna akun DBS Indonesia juga diposting pada tanggal 28 Maret 2021. Sample yang diberikan antara lain yaitu IP Address, username, password, alamat email, kode aktivasi, kode lupa password, status akun, nama lengkap, nomor telepon, kota, provinsi, negara, kode pos, jenis kelamin, alamat lengkap, nomor ktp dan masih banyak lagi.

    Credit: LocalHunter

Jika memang database ini merupakan dari Bank DBS Indonesia, maka total data pengguna yang dicuri sekitar 66.067. Kami menduga database yang berhasil dicuri kemungkinan lebih lengkap daripada yang dipublikasikan di forum.

Tidak hanya Bank DBS yang diretas, ternyata situs tiket pesawat dan hotel dari wego.co.id juga berhasil ia taklukkan. Beberapa sample yang diberikan termasuk username, nama lengkap, alamat, kode negara, nomor telepon, jenis kelamin, alamat email, tanggal lahir, facebook id, linkedin id, kode pos dan masih banyak lagi. Kami juga memastikan bahwa data yang dicuri adalah valid berdasarkan alamat email dan nama lengkap yang diposting.

Bank DBS Limited merupakan salah satu bank paling populer di Singapura dan yang saat ini sudah berkembang pesat di beberapa negara termasuk Indonesia, Australia, Hong Kong, Malaysia, Jepang, Taiwan, United Kingdom, Vietnam, India, Thailand hingga UEA.

Produk yang ditawarkan Bank DBS Indonesia cukup menarik perhatian bagi yang ingin mendaftarnya. Beberapa produk unggulan yang ditawarkan termasuk tabungan, kartu kredit, investasi, pinjaman dan transfer valas. Dan yang pasti, anggota yang terdaftar mendapatkan gratis transfer dan bunga 3% cair setiap saat.

Cegah Kebobolan Akun Bank

Dikarenakan data yang bocor bisa dibilang cukup lengkap, sebaiknya mengamankan akun terlebih dahulu dengan cara two-factor autenthication di masing-masing ponsel. Untuk caranya, download Google Authenticator atau Microsoft Authenticator di Play Store dan aktifkan pada aplikasi yang ingin dijaga keamanannya.

Selain itu, ubah kata sandi saat ini yang sedang digunakan dan tambahkan email pemulihan pada akun gmail / outlook / yahoo dan sejenisnya. Untuk menambah keamanan dari kebobolan akun, gunakan kombinasi huruf kapital, angka dan simbol. Satu hal lagi, jangan pernah menggunakan tanggal lahir, username, nama pribadi, nomor telepon sebagai kata sandi pada akun bank maupun sosial media untuk menghindari serangan bruteforce dari hacker.

Posting Komentar

0 Komentar