WhatsApp, Instagram, Facebook Down Hari Ini, Termasuk 30 Negara Ini!

logo-whatsapp-baru
    Credit: Reuters

Hari ini, WhatsApp, Facebook dan Instagram Indonesia mengalami down berbarengan pada Sabtu dini hari. Masalah down diketahui sudah terjadi sejak Jum'at sore, menurut salah satu media Inggris yang pertama kali melaporkan.

"Ketiga aplikasi - yang semuanya merupakan bagian dari perusahaan Facebook, dan berbagi teknologi yang sama - berhenti berfungsi pada Jumat sore waktu Inggris." dari laporan Independent.

Entah sudah berapa kali ketiga aplikasi satu perusahaan ini telah down. Menurut hitungan dan pemberitaan yang beredar, WhatsApp lah yang paling sering mengalami masalah seperti ini, terkadang untuk menyelesaikannya membutuhkan waktu paling lama 1 jam agar dapat digunakan kembali.

Perusahaan telah mengalami sejumlah kecil pemadaman yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Karena ketiga aplikasi menjadi lebih saling terkait, pemadaman tersebut menjadi lebih besar, karena masalah di salah satu platform berarti ketiganya akan down secara bersamaan.

Menurut situs DownDetector, laporan WhatsApp down secara global mencapai 26.041 selama 24 jam terakhir dan puncaknya pada pukul 12:39 AM waktu Inggris, namun untuk waktu Indonesia terjadi pada pukul 00:03 WIB.

Dari keseluruhan laporan yang ditampilkan situs DownDetector hampir rata-rata yang dipilih permasalahannya yaitu koneksi dengan angka persentase sekitar 68% dan sisanya mengeluhkan tidak bisa mengirim / menerima pesan ke sesama kontak WhatsApp. Sementara, data laporan Instagram down yang ditampilkan menunjukkan angka mencapai 1,2 juta insiden dan lebih dari 5,000 laporan untuk Facebook down.


Di berbagai media sosial termasuk Twitter, pengguna memposting tentang masalah yang mereka hadapi dengan aplikasi perpesanan lintas platform yang populer. Di Twitter, #whatsappdown dan #instagramdown menjadi topik trending teratas. Bahkan platform Telegram juga ikut trending, karena aplikasi ini adalah yang paling kuat daripada ketiga aplikasi yang down tersebut.

“Sebelumnya hari ini, masalah teknis menyebabkan orang kesulitan mengakses beberapa layanan Facebook,” kata Facebook. “Kami menyelesaikan masalah ini untuk semua orang, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.” Namun, Murphy mencatat bahwa dia tidak melihat tanda centang biru yang menandakan seseorang telah membaca pesan pengguna lainnya, yang dapat menunjukkan bahwa mungkin ada beberapa masalah kecil yang tidak harus dikhawatirkan.


Begitupun dengan Instagram, ia langsung mengonfirmasi benar adanya masalah down pada aplikasi mereka dan disusul pengumuman kembali oleh akun official Facebook Gaming di Twitter. Masing-masing aplikasi memohon maaf kepada pengguna atas ketidaknyamanan ini dan mereka menjamin ini akan selesai dengan cepat.



Menariknya, pengguna Telegram langsung membuat meme lucu untuk meledek pengguna WhatsApp, Instagram dan Facebook yang sedang down dan mengajak mereka untuk segera migrasi. Menurut pengguna Telegram, ketiga aplikasi tersebut sering down dan mempunyai masalah terhadap privasi pengguna.

Berdasarkan komentar pengguna, WhatsApp, Instagram dan Facebook mengalami down di negara Ecuador, Inggris, Amerika Serikat, Romania, India, Indonesia, Bolivia, Uruguay, Dominican Republic, Peru, Kuwait, China, Korea Utara, Panama, Malaysia, UEA, Venezuela, Sri Lanka, Switzerland, Mexico, Brazil, Croatia, Qatar, Argentina, HongKong, Philipina, Afrika Selatan, Palestina, Finlandia, Portugal dan masih banyak lagi.

Posting Komentar

0 Komentar