Apple Sedang Kembangkan iPad dan MacBook dengan Layar OLED

ipad-dan-macbook-layar-oled

Bocoran informasi mengenai Apple yang akan meluncurkan iPad dan MackBook bermodel layar OLED tampaknya telah terbit di berbagai sumber. Perkiraan awal rancangan model OLED baru akan keluar pada tahun 2022 sebagaimana sumber pertama dari DigiTimes.

Akan tetapi sumber tersebut tidak menjelaskan secara lengkap tanggal berapakah perilisan hingga pemasarannya untuk global. Informasi tersebut dibagikan dan diletakkan pada bagian "Latest DigiTimes News" yang kemungkinan esok hari akan diulas kembali oleh penulis DigiTimes.

Jika Apple membenarkan akan mengembangkan layar OLED iPad dan MacBook di tahun 2022, tentu terdengar sangat cepat untuk meluncurkan produk tersebut. Pasalnya Apple juga memfokuskan perluasannya pada iPad dan MacBook bermodel layar LCD dengan layar mini-LED di tahun ini dan ini menjadikan perusahaan Apple salah satu yang paling duluan dalam beralih teknologi terbaru.

Keuntungan layar LCD dengan mini-LED memiliki kelebihan yang sama persis dengan layar OLED, terutama pada kecerahan layar dan kontras yang tinggi. Namun, poin utamanya adalah Apple akan menentukan ini semua berdasarkan nilai jual masing-masing model iPad dan MacBook. 

Layar OLED benar-benar akan terlihat dalam dua tahun kedepan dan mungkin saja tidak hanya Apple melainkan perusahaan sejenis juga pasti akan meluncurkan teknologi yang serupa. Apple juga tidak ingin terlambat dalam hal teknologi dan oleh karena itu, mereka bersiap-siapnya dari sekarang.

Sebelumnya, Apple telah mengembangkan layar OLED pada tahun 2015 yang pada saat itu digunakan oleh produk Apple Watch dan dua tahun kemudian disusul oleh smartphone iPhone X sebagai smartphone pertama dari Apple yang menggunakan layar OLED dan kini jajaran smartphone kelas atas iPhone telah menggunakannya.

Menurut analisis Barclays, bahwa iPad dengan layar OLED tampaknya tidak akan dibocorkan lebih lanjut terutama tanggal perilisan di tahun ini. Dalam laporan terbarunya yang dibagikan kepada MacRumors, mereka menambahkan bahwasanya iPad dan MacBook OLED juga tidak secepat dugaan yang dibocorkan di internet.

Barclays menganggap bahwa Apple tidak akan menyelesaikan tugas pengembangan layar OLED iPad dan MacBook dalam waktu yang cepat, karena dari kabar yang beredar Apple juga merencanakan satu model iPad Pro yang kabarnya akan dikeluarkan pada paruh pertama tahun 2021 namun ini benar-benar belum dipastikan lebih lanjut.

Apple terakhir memperbarui iPad Pro pada bulan Maret, tetapi itu adalah pembaruan yang relatif kecil dengan fitur-fitur baru termasuk chip A12Z Bionic, yang pada dasarnya merupakan chip A12X dengan inti GPU tambahan yang diaktifkan, pemindai LiDAR kamera ultra lebar, dan mikrofon suara yang lebih baik. Sebelumnya, iPad Pro didesain ulang secara fundamental pada Oktober 2018 dan sebagai pengganti konektor Lightning menerima bingkai yang lebih ramping, pengenalan wajah, dan konektor USB-C.

Posting Komentar

0 Komentar