Apa Itu Qualcomm Snapdragon Sound?

Qualcomm-perkenalkan-snapdragon-sound

Qualcomm perkenalkan teknologi terbarunya yang disebut sebagai Snapdragon Sound. Ini adalah inovasi canggih untuk menyatukan audio, konektivitas dan seluler yang dirancang agar dapat mendengarkan musik dengan resolusi tinggi serta panggilan telepon yang jernih tanpa hambatan.

"Rangkaian inovasi dan perangkat lunak audio yang bekerja sama untuk meningkatkan kualitas audio secara signifikan saat mendengarkan musik melalui headphone nirkabel, earbuds dan perangkat lainnya. Sasarannya adalah untuk memberikan resolusi tinggi, audio berkualitas kabel namun tanpa kabel." kata James Chapman, Wakil Presiden Qualcomm.

"Telinga manusia sangat sensitif terhadap gangguan, latensi dan yang biasanya terjadi yaitu pada saat streaming musik, panggilan video, atau bermain game menggunakan koneksi nirkabel. Dengan memfokuskan koneksi end-to-end, kami berupaya menghadirkan inovasi untuk mengatasi masalah umum konsumen di hampir semua titik interaksi audio." ungkap James Chapman.

Menurut informasi yang beredar, perangkat smartphone Xiaomi yang nantinya akan mencoba teknologi Snapdragon Sound yang diharapkan akan hadir di akhir tahun ini. Tidak hanya smartphone, Qualcomm juga menjelaskan bahwa Snapdragon Sound akan mengikuti alur audio dari perangkat komputer, smartwatches, kacamata XR untuk Virtual Reality dan Augmented Reality.

"Xiaomi akan menjadi pabrikan ponsel pertama yang menghadirkan Snapdragon Sound ke perangkat. Snapdragon Sound akan menghadirkan pengalaman audio baru berkualitas tinggi, jernih dan berlatensi rendah kepada pelanggan kami di mana saja dan memberikan suara yang lebih baik saat terlibat dalam panggilan suara, konferensi video, bermain game atau mendengarkan musik." kata Lei Zhang, Wakil Presiden Mi Smartphone dan Hardware R&D Xiaomi.

Dengan Snapdragon Sound, kamu dapat memutar musik sekeras mungkin tanpa merusak speaker pada smartphone karena ini sudah dilengkapi dengan Qualcomm Aqstic, Adaptive Qualcomm aptX dan Qualcomm aptX Voice untuk menyesuaikan audio secara dinamis dengan peningkatan hingga 24-bit dan maksimal kualitasnya mencapai 96 kHz.

Dibandingkan kualitas audio yang menggunakan SBC audio codec, standar yang digunakan oleh Bluetooth A2DP yang hanya mampu memberikan kualitas maksimalnya dengan 16-bit 44.1 kHz untuk mendengarkan streaming musik.

Tidak semua perangkat smartphone dapat mencoba Qualcomm Snapdragon Sound melainkan hanya perangkat tertentu yang menggunakan chipset kelas atas termasuk seri Qualcomm Snapdragon 8xx. Sedangkan untuk chip nirkabel headphone adalah Qualcomm QCC514X, QCC515X dan QCC3056.

Dalam laman posting blognya, Qualcomm mengklaim bahwa latensi Bluetooth bisa serendah 89ms dengan persentase 45% lebih rendah dari pesaingnya. Dukungan ini berkat adanya Qualcomm Aqstic Digital Analog sebagai strandarisasi yang digunakan banyak smartphone saat ini terutama yang mendukung converter mencapai 192-kHz/24-bit.

Pada dasarnya, Qualcomm Aqstic DAC merubah sinyal analog untuk pengalaman pengguna headphone dan nantinya akan ditangkap oleh angka SNR dan THD+N (Total Harmonic Distortion Plus Noise) yang menjangkau kemurnian sinyal dinamis.

Berikut adalah komponen teknologi yang digunakan Snapdragon Sound:
  • Qualcomm Snapdragon 9-series
  • Qualcomm FastConnect 6900
  • Qualcomm QCC514X, QCC515X dan QCC3056 Bluetooth Audio Soc
  • Qualcomm Active Noise Cancelling (ANC) Technology
  • Qualcomm aptX Adaptive (24-bit / 96 kHz)
  • Qualcomm aptX Voice
  • Qualcomm Aqstic Audio Codec WCD938X dan WSA883X
  • Qualcomm Audio and Voice Communication Suite
Mungkin salah satu alasan terbesar Qualcomm merilis Snapdragon Sound adalah untuk memaksimalkan kualitas audio di seluruh aplikasi mobile yang mengharuskan pengguna untuk mendengarkan sesuatu pada perangkat dan khususnya layanan streaming musik ternama seperti Spotify, Apple Music, Amazon Music dan Pandora. Kabar lain juga bahwasanya Spotify meluncurkan tingkat premium HiFi Lossless untuk mendengarkan audio musik yang lebih baik.

"Dengan Amazon Music HD, kami ingin memudahkan penggemar musik untuk streaming musik favorit mereka seperti aslinya direkam," kata Andre Stapleton, Kepala Global Artis dan Hubungan Label di Amazon Music. 

"Kami yakin mendengarkan audio berkualitas tinggi membantu pelanggan jatuh cinta lagi dengan musik dan artis favorit mereka, jadi kami selalu senang melihat perkembangan baru yang akan mempermudah pengalaman audio HD dan Ultra HD. Kami sangat senang bekerja dengan Qualcomm Technologies dan menyajikan daftar putar Snapdragon Sound, yang mencakup Amazon Original baru yang cantik oleh St Panther, yang akan dapat didengar dalam Ultra HD pada perangkat yang dioptimalkan untuk Snapdragon Sound." tambahnya.

Pada saat yang sama, Snapdragon Sound juga sangat membantu bagi pekerja yang sedang WFH serta para pelajar yang setiap harinya harus bertatap muka dan mendengarkan guru secara daring.

Posting Komentar

0 Komentar