Era Baru! AMD Zen 4 Diklaim 40% Lebih Cepat Dibanding Zen 3

Era-baru-Zen-4
    Photo: Christian Wiediger (Shutterstock)

Arsitektur Zen 4 yang akan dibawakan AMD Ryzen dan EPYC akan bersiap memiliki performa jauh lebih baik daripada Zen 3. Zen 2 dan Zen 3 sebelumnya berhasil meningkatkan kinerja yang mewakili perolehan IPC sebesar 15% dan 19% namun CPU AMD yang akan datang akan melebihi nilai itu.

Rumor terbaru yang diposting oleh ChipsandCheese menyatakan bahwa generasi selanjutnya dari AMD akan menjadi sangat cepat dibandingkan penwawaran AMD EPYC yang ada saat ini. Sumber tersebut juga membahas arsitektur Zen 3+ yang menurutnya memiliki CPU AM5 pertama di dekstop.

Sesuai informasi yang dikabarkan, arsitektur AMD Zen 4 akan menjadi sebuah loncatan yang besar di IPC. ChipsandCheese juga melaporkan bahwa sampel rekayasa Genoa yang ada dengan jumlah core dan clock yang sama dengan CPU Milan lebih cepat hingga 29%. Menurut postingan yang disampaikan, Zen 4 proses akan dibuat pada node proses 5nm TSMC yang diharapkan akan segera rilis pada tahun 2022.

"Zen 4 adalah yang ditunggu-tunggu banyak orang, dan, jika info yang saya miliki akurat, penantian itu akan terbukti lebih berharga. Penting untuk dicatat bahwa satu benang merah dalam semua obrolan Zen 4 yang saya dengar adalah positif. Dari IPC memperoleh lebih dari 25%, total peningkatan kinerja 40%, dan bahkan mungkin (akhirnya) 5GHz all-core berkat fabrikasi N5 (node penuh) baru di TSMC!" tulis ChipsandCheese melalui postingan blognya.

"Sekarang, saya tidak bisa mengatakan apa yang benar dan apa yang terlalu dibesar-besarkan, namun saya diberitahu dari sumber tepercaya bahwa sampel teknik Genoa (chip server Zen 4) 29% lebih cepat daripada chip Milan (Zen 3) dengan konfigurasi inti yang sama pada jam yang sama. Faktorkan ini dengan apa yang telah saya dengar tentang kemungkinan peningkatan jam yang akan diaktifkan N5 melalui N7 dan Zen 4 terdengar seperti itu akan menjadi monster CPU." kutip ChipsandCheese.

Keseluruhan peningkatan kinerja dari CPU Genoa bisa jadi sekitar 40% dari arsitektur ini. Selain itu, akan ada peningkatan clock speed dan peningkatan pada IMC bersama dengan dukungan DIMM DDR5 yang lebih cepat dan peningkatan jalinan interkoneksi dengan beberapa core. Sebelumnya, CEO AMD, Dr. Lisa Su menginformasikan bahwa CPU Genoa EPYC Gen-4 diharapkan memiliki fitur hingga 96 core dan mungkin saja mendapatkan angka yang lebih tinggi lagi.

Ada juga detail mengenai Zen 3+ yang akan bertindak sebagai solusi perantara dan jajaran chip pertama yang didukung oleh platform AM5 baru. Zen 3+ akan bertindak sebagai penyegar dan secara internal dikenal sebagai Warhol. Ini diharapkan dibuat pada proses N7 TSMC yang merupakan varian N7 tetapi menggunakan 5 lapisan EUV. Jadi meskipun secara teknis bukan node baru, ini akan menawarkan berbagai peningkatan, dan sumber melaporkan bahwa keuntungan IPC nominal 4-7% dan itu saja lebih baik daripada 3% perolehan IPC  Zen +.