Xiaomi Sedang Kembangkan Fast Charging Hingga 200W

Xiaomi-kembangkan-fast-charging-200W
    Photo: Gizchina

Xiaomi akan mempersembahkan fast charging hingga 200W pada peluncuran hp flagship selanjutnya. Ini adalah salah satu ide gila lain yang dirancang oleh perusahan ponsel asal China. Selain menawarkan harga yang murah meriah ternyata mereka cukup serius dalam memberikan kepuasan kepada pelanggannya.

Kecepatan pengisian daya belakangan ini dirancang untuk melengkapi kelemahan pada beberapa ponsel yang memiliki kapasitas baterai tidak terlalu besar terutama pada ponsel flagship. Ya, smartphone kelas atas pada umumnya menawarkan kapasitas baterai hanya 4000 - 4850 mAh. Jadi, untuk menyelesaikan masalah ini, Xiaomi kabarnya akan merancang pengisian daya berkecepatan tinggi.


Secara history, kecepatan pengisian daya di tahun 2018 hanya mampu mencapai 30W dan 40W. Kurun waktu 12 bulan, semua itu berubah drastis dan kecepatan daya saat ini sudah ada yang mencapai 65W dan 120W. Ini artinya, ketika kamu melakukan pengisian daya pada ponsel hanya membutuhkan waktu sekitar kurang dari 30 menit.

Dua smartphone yang berhasil merancang pengisian daya hingga 120W adalah VIVO iQOO7 dan Xiaomi Mi 10 Ultra. Namun jika dibandingkan antara keduanya, pemenang sesungguhnya ialah Xiaomi Mi 10 Ultra, ini berkat adanya fast charging wireless 50W dan reverse wireless charging 10W.

Berdasarkan spesifikasi Xiaomi Mi 10 Ultra, ponsel ini mengadopsi fast charging 120W yang sudah memperlihatkan hasil begitu cepat pada saat pengisian daya dengan kapasitas baterai 4,500mAh. Dengan begitu, pengisian daya baterai hanya membutuhkan waktu 24 menit. Kabarnya OPPO juga ingin merancang fast charging 125W namun informasi yang beredar tidak menjelaskan secara spesifik.


Sebenarnya kamu juga tidak perlu menunggu ponsel flagship yang menggunakan fast charging 200W, sebab Xiaomi telah meluncurkan produk lain yang mana telah memiliki kecepatan pengisian daya hingga 185W dari total keseluruhan mulai dari pengisian daya nirkabel 55W, pengisian kabel 120W hinga reverse charging 10W dan produk itu adalah Xiaomi 10 Extreme Commemorative Edition.



Bocoran informasi ini sebenarnya sudah beredar di tahun lalu, namun melambung kembali setelah salah satu leakers populer di China yaitu Digital Chat Station yang memberitahu kepada pengguna di platform sosial media Weiboo bahwasanya Xiaomi nanti akan merilis hp flagship terbarunya dan akan menggunakan fast charging 200W.

Hingga saat ini, belum ada informasi lanjutan mengenai edaran bocoran tersebut, pasalnya Xiaomi Mi 11 Pro juga akan diluncurkan pada tahun ini. Kami berharap Xiaomi dapat mengkonfirmasi hal ini secepat mungkin kepada publik