Pasar Kripto Bitcoin, Litecoin dan Ethereum Merosot Jauh Mencapai $70 Miliar

Teknikal-analisis-harga-bitcoin-28

Minggu ini, beberapa mata uang kripto telah dihempas badai tren bearish atau menurun terutama pada Bitcoin, Litecoin dan Ethereum yang mana ketiganya menjadi patokan utama di pasar kripto. Akibat tren penurunan yang sangat drastis, banyak investor yang cepat-cepat menjual assetnya untuk mencegah kerugian yang lebih banyak lagi.

Volatilitas yang berlaku di pasar kripto menyebabkan kerugian besar dari dana investor global sekitar $70 miliar dalam satu hari. Ini adalah salah satu penurunan yang hebat di awal tahun 2021 dan kemungkinan besar tren bearish ini akan terus berlanjut.


Penurunan yang paling besar ada pada mata uang kripto Bitcoin yang semula berada di posisi Rp 800 jutaan dan harga Bitcoin sekarang menjadi Rp648 juta pada saat artikel ini ditulis. Sebelumnya, tren bullish Bitcoin menjadikan koin termahal di dunia dengan peningkatan paling cepat di antara koin kripto lainnya.

Penyebab tren meningkat dari Bitcoin juga dibantu dengan investasi besar-besaran dari perusahaan Tesla milik Elon Musk yang mulai memberanikan diri untuk menginvestasikan dananya melalui BTC. Kejadian awal penurunan ini tercatat pada hari Jum'at ke posisi terendah yaitu $44.500 atau sekitar Rp637 juta. Aset lain seperti Ethereum dan Litecoin juga mengalami penurunan sekitar 8%.

Penting untuk diperhatikan bahwa sebagian besar aset kripto sering kali tidak stabil karena penggunaannya yang tinggi untuk keuntungan finansial dan keuntungan berspekulasi yang digunakan oleh investor global dan pedagang kripto.

Dengan demikian, kegiatan jual beli Bitcoin ataupun aset kripto lain yang mereka lakukan tidak dibatasi dengan aturan layaknya investasi di saham dan obligasi. Di samping itu, menginvestasikan dana di kripto mampu menghasilkan profit yang sangat tinggi dalam seminggu ataupun sehari seperti yang terjadi pada Bitcoin minggu lalu dan begitu pun sebaliknya, risiko kerugian juga sangat besar jika dana yang di investasikan di tempatkan pada 1 mata uang kripto saja.

Dalam dua hari ini, pasar kripto mengalami penurunan yang mengakibatkan ke khawatiran investor ataupun individu yang menyebabkan kerugian cukup besar sekitar $2 miliar dan jika tren menurun ini terus melanjut bakal melanjutkan kerugian yang besar.
  • Pasar kapitalisasi crypto global adalah $1,37 Triliun, penurunan 5,66% selama hari terakhir.
  • Total volume pasar crypto selama 24 jam terakhir adalah $127,95 Miliar, yang membuat penurunan 19,38%.
  • Total volume di DeFi saat ini $9,80 Miliar, 7,66% dari total volume pasar crypto 24 jam.
  • Volume semua koin stabil sekarang $105,38 Miliar, yang merupakan 82,36% dari total volume pasar kripto 24 jam.
Pada saat pelaporan ini, Bitcoin diperdagangkan pada harga Rp645 juta dengan volume perdagangan harian mencapai $46,8 miliar dan presentasi perdagangan menurun mencapai 5,37%.

Pada dasarnya mata uang kripto mempunyai harga yang fluktuatif dan tidak bisa ditebak sebab harga jual belinya begitu cepat dalam perubahannya. Kamu bisa mendapatkan profit ratusan persen dari kripto tergantung dari tren naik dari mata uang kripto yang dipilih akan tetapi bisa juga mengalami kerugian yang besar jika kamu menaruh aset hanya di satu koin saja. Beda halnya dengan saham, yang mungkin perlu tahunan untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan (jangka panjang).

Namun jika kamu tertarik dengan kripto ada baiknya perlu dipikirkan kembali dan jangan sesekali melakukan investasi uang dalam jumlah banyak guna mencegah kerugian yang besar pada saat tren menurun terjadi seperti sekarang ini. Untuk mendapatkan informasi seputar cryptocurrency, LocalHunter adalah jawabannya.

Posting Komentar

0 Komentar