Microsoft Umumkan Konfigurasi Cloud Terbaru di Windows 10, Begini Caranya!

Cara-konfigurasi-cloud-di-Windows-10

Local-Hunter.com - Kemarin, Microsoft mengumumkan Windows 10 Cloud Configuration. Cloud config menawarkan cara mudah untuk menerapkan serangkaian konfigurasi seragam ke perangkat Windows 10 yang mengubahnya menjadi titik akhir yang efisien dan mudah dikelola. Agar jelas, konfigurasi Cloud bukanlah versi, edisi, atau mode baru Windows. Ini hanyalah konfigurasi perangkat yang direkomendasikan Microsoft untuk Windows 10, dioptimalkan untuk cloud untuk pengguna dengan kebutuhan alur kerja tertentu.

Dengan konfigurasi cloud Windows 10, pengguna dapat menikmati antarmuka dan aplikasi Windows yang sudah tidak asing lagi, sementara admin TI akan mendapatkan pengalaman manajemen yang familiar. Jika kamu memiliki Windows 10 Pro atau Enterprise PC dan Endpoint Manager, maka dapat menerapkan aplikasi dan pengaturan konfigurasi cloud. Selain Microsoft Teams, Microsoft Edge, dan OneDrive Business, konfigurasi cloud memberi kamu fleksibilitas untuk menyebarkan secara aman aplikasi Win32 dan lini bisnis (LOB) penting baik langsung ke perangkat atau melalui virtualisasi.

Kelebihan pada konfigurasi cloud Windows 10 :
  • Pra-konfigurasi perangkat Windows 10 baru sehingga siap digunakan untuk pertama kali, atau gunakan kembali perangkat keras Windows 10 yang ada untuk memperpanjang masa pakainya.
  • Konfigurasi standar mengurangi overhead administrasi TI dan membantu menghemat waktu dalam menerapkan dan mengelola titik akhir melalui Microsoft Endpoint Manager.
  • Windows 10 dirancang agar aman dan pengaturan keamanan titik akhir Windows 10 menambahkan lapisan perlindungan dan pemantauan.
  • Hadirkan pengalaman Windows yang sudah dikenal bersama dengan kolaborasi, penjelajahan, dan fleksibilitas untuk menambahkan produktivitas dan lini penting aplikasi bisnis lainnya.
  • Pengguna bisa mendaftar dengan akun Azure Active Directory dan perangkat tetap terlindungi dan sesuai dengan pengaturan keamanan yang direkomendasikan Microsoft. Data pengguna dialihkan ke penyimpanan yang sesuai di OneDrive.
  • Perangkat dikonfigurasi dengan pengaturan keamanan titik akhir Windows 10 dan secara otomatis diperbarui melalui Pembaruan Windows untuk Bisnis.
Sebelum melakukan konfigurasi cloud pada Windows 10, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi yakni memerlukan licensi yang mencakup:
  • Azure Active Directory Premium P1
  • Microsoft Intune
  • Microsoft Teams
  • OneDrive Business
  • Windows 10 Pro
Berikut cara melakukan konfigurasi cloud menggunakan Microsoft Endpoint Manager:
  1. Buat grup Azure AD
  2. Konfigurasi pendaftaran perangkat
  3. Terapkan skrip untuk mengonfigurasi pemindahan folder yang dikenal dan menghapus aplikasi bawaan
  4. Terapkan aplikasi dan terapkan setelan keamanan endpoint
  5. Konfigurasikan pengaturan Windows Update
  6. Terapkan kebijakan kepatuhan Windows 10
  7. Tambahkan opsional konfigurasi cloud
Informasi selengkapnya: Windows 10 Cloud Configuration

Versi sistem operasi yang siap pakai adalah Windows 10 Pro, Windows 10 Enterprise, atau Windows 10 Education yang didukung dapat digunakan untuk konfigurasi Cloud.

Baca artikel lain melalui : Google News LocalHunter