Mastercard Ikut Dukung Mata Uang Kripto Akhir Tahun Nanti

    Photo: Getty Images

Setelah Visa, perusahaan Mastercard dikabarkan akan bergabung mendukung mata uang kripto sebagai layanan pembayaran yang sah. Perusahaan jasa keuangan ini mengatakan bahwa dengan 89 paten blockchain yang diberikan secara global dan dengan 285 aplikasi blockchain saat ini sedang menunggu keputusan untuk diluncurkan di seluruh dunia.

Melihat lonjakan yang amat drastis untuk mata uang kripto, Mastercard tidak ingin terburu-buru meluncurkan pembayaran yang mendukung crypto. Berdasarkan aturan, mereka ingin menciptakan mata uang pilihannya yang memiliki kriteria aman, cepat dan andal. Secara efektif, mata uang kripto ini nantinya tidak akan memangkas biaya potongan pertama dan memungkinkan pengguna di seluruh dunia dapat menggunakan crypto sebagai bentuk pembayaran.

Metrik utama yang akan dinilai oleh Mastercard adalah perlindungan yang ketat terhadap privasi pengguna terutama pada pengawasan kartu kredit milik pelanggannya.

Karena mereka menggunakan cryptocurrency sebagai alat pembayaran, maka perlu adanya tambahan keamanan yang ketat khususnya melakukan verifikasi atau lebih dikenal dengan KYC (Know Your Customer) sebagai bentuk mematuhi undang-undang dan peraturan setempat. Tetapi cryptocurrency yang akan digunakan oleh Mastercard hanya diperbolehkan melakukan transaksi bukan untuk peluang investasi.

Keputusan Mastercard untuk sepenuhnya merangkul crypto mengikuti jejak sesama perusahaan pembayaran PayPal - yang mulai memungkinkan pengguna AS untuk membeli, menjual, dan menyimpan mata uang virtual pada bulan November. 

Tesla juga baru-baru ini membeli $1,5 miliar dalam bentuk Bitcoin dan mengatakan akan segera mulai menerimanya sebagai pembayaran.Keputusan Mastercard untuk sepenuhnya merangkul crypto mengikuti jejak sesama perusahaan pembayaran PayPal - yang mulai memungkinkan pengguna AS untuk membeli, menjual, dan menyimpan mata uang virtual pada bulan November. Tesla juga baru-baru ini membeli $1,5 miliar dalam bentuk Bitcoin dan mengatakan akan segera mulai menerimanya sebagai pembayaran.

"Kami bekerja sama dengan Wirex dan BitPay tahun lalu untuk membuat kartu crypto yang memungkinkan orang bertransaksi menggunakan cryptocurrency mereka. Kami menambahkan kemitraan tersebut tahun ini dengan bergabung dengan LVL, pertukaran mata uang kripto yang sedang naik daun. Hubungan ini - dengan lebih banyak lagi yang sedang direncanakan - dibangun di atas kolaborasi kripto kami selama bertahun-tahun." kata Raj Dhamodharan, Wakil Presiden Eksekutif Digital Asset & Blockchain Produk & Partnership.

"Kami di sini untuk memungkinkan pelanggan, pedagang, dan bisnis untuk memindahkan nilai digital - tradisional atau kripto - sesuka mereka. Itu harus menjadi pilihan Anda, itu uang Anda." kutip Raj Dhamodharan dilansir dari situs resmi Mastercard.