Keyboard Gaming Razer Huntsman V2 Analog Dibanderol Rp4,2 Juta

Keyboard-Gaming-Razer-Huntsman-V2-Analog

Keyboard gaming Razer Huntsman V2 Analog baru saja diluncurkan dengan membawa teknologi yang cukup luar biasa untuk memenuhi kebutuhan para gamer profesional. Keyboard ini dilengkapi dengan adanya Optical Switch yang menjadi keunggulan dari Razer.

Keyboard gaming Razer yang terbaru ini sedikit berbeda dari generasi sebelumnya, switch yang digunakan akan lebih terasa empuk ketika ditekan dan terlebih lagi warna RGB yang bagus ketika bermain di malam hari. Lalu, apa saja fitur canggih yang ada di Razer Huntsman V2 Analog ini? Ikuti selengkapnya.

Razer Huntsman V2 Analog menggunakan input analog yang memiliki full-range directional motion pada PC gaming tanpa kontroler tambahan. Para gamer kini dapat mengontrol lebih baik karena sakelar Optic Analog milik Razer tidak dibatasi dengan gerakan tombol WASD 8 arah, sebaliknya Huntsman V2 mampu menikmati putaran halus hingga 360 derajat. Selain itu, masing-masing tekanan tuts keyboard dirancang hingga satuan milimeter.

Keyboard gaming Razer terbaru ini memperkenalkan Analog Optical Switch terbaiknya dengan mengkombinasikan tiga komponen antara lain yaitu analog input, dual-step actuation serta adjustable actuation. Berikut penjelasan dari ketiga komponen tersebut.
  • Analog Input: keyboard ini memiliki kesamaan terhadap joystick dan thumbstick yang memberikan gerakan 360 derajat secara mulus. Akan tetapi, Huntsman V2 memberikan inovasi lebih lanjut yang menghilangkan keterbatasan  menggerakan 8 arah. Alhasil kontroller pada keyboard akan semakin leluasa dan sangat cocok sekali digunakan untuk bermain game racing, shooters, atau bahkan hanya sekedar mengetik sehari-hari.
  • Dual-step Actuation: kelebihan lain yang ada di Razer Huntsman V2 adalah setiap tekanan tuts tombol keyboard akan menghasilkan dua poin aktuasi berbeda, sehingga rotasi dari atas ke bawah menghasilkan efisiensi tersendiri. Komponen ini sangat berguna ketika bermain game seperti PUBG, Call of Duty, PointBlank, Valorant yang berbasis game PC.
  • Adjustable Actuation: komponen utama yang dirancang oleh Razer yaitu tuts keyboard dengan aktuasi terendah hingga 1,5mm dengan tingkat responsive yang sangat halus dan aktuasi penuh 3,6mm sebagai penekanan tombol yang slow. dan lebih hati-hati.
Berikut spesifikasi keyboard gaming Razer Huntsman V2 Analog:
  • Tipe switch Optical Switch
  • Ukuran penuh
  • Lighting Razer Chroma™ RGB customizable backlighting with 16.8 million color
  • Kelengkapan Wrist Rest
  • Hybrid onboard storage – up to 5 keybinding profiles
  • USB 3.0 Passthrough
  • Wired - USB-C & Wired - USB-A 3.0 (via adapter)
  • Razer Doubleshot PBT Keycaps
  • 100 million keystroke lifespan
  • Underglow lighting
  • Magnetic plush leatherette wrist rest
  • Multi-functional digital dial with 4 media keys
  • N-key roll-over
  • Gaming mode
  • Braided Fiber Cable
  • 1000 Hz Ultrapolling
  • Aluminum matte top plate
Seperti yang dikatakan Alvin Cheung, Divisi Peripheral dari Razer bahwa perusahaan mendesain keyboard berinovasi di garis terdepan yang menggunakan teknologi Optical Switch yang diriset secara berulang-ulang untuk memastikan kualitas dan pengalaman baru saat bermain game maupun penggunaan sehari-hari.

Alvin Cheung juga menambahkan bahwasanya Optical Switch yang ada di Razer Huntsman V2 sedikit lebih berbeda daripada yang lainnya, ini karena tiga komponen diatas menjadi kelebihan utamanya. Jadi, potensi bermain game semakin lebih leluasa dan menyenangkan.

Pada dasarnya, Razer Huntsman V2 dirancang menggunakan Optical Switch yang lebih halus dan memanfaatkan kecepatan cahaya ketika kamu sembari menekan tombol keyboard satu per satu. Cahaya warna yang dikeluarkan akan terlihat ketika kamu menekannya secara perlahan-lahan.

Berbeda halnya dengan keyboard mechanical yang menggunakan switch tradisional serta tidak dilengkapi adanya kontak logam di dalam tuts keyboard sehingga switch akan bertahan hanya dalam 100 juta tekanan keyboard.

Desain Razer Huntsman V2

Jajaran keyboard Razer terbilang cukup unik dan mahal, Huntsman V2 ini adalah hasil dari perkembangan dari Huntsman Elite yang memiliki kemiripan terhadap desain sebagai keyboard paling mahal yang mereka buat. Itu termasuk tombol keyboard dengan warna RGB yang mewah dan terdapat sandaran tangan guna memberikan kenyamanan kepada para gamer khususnya.

Perbedaan yang terlihat antara keyboard gaming Razer Huntsman Elite dan Razer Huntsman V2 Analog adalah warna RGB yang keluar adalah murni dari teknologi yang mereka buat tanpa mencolokkan kabel tambahan untuk menyalakan pencahayaan.

Pencahayaan RGB dari Razer Huntsman V2 memiliki tingkat cerah yang luar biasa hingga 40%, sehingga warna yang dipantulkan dari meja akan semakin terlihat bahkan di dalam ruangan yang memiliki pencahayaan cukup. Kamu juga dapat mengatur efek warna di setiap tombol keyboard dengan total 40 zona pencahayaan.

Kelengkapan Keyboard

Razer Huntsman V2 Analog dilengkapi dengan dua kabel USB yang tidak dapat dilepas. Kedua port terpasang di sisi kiri dek clacker yang berfungsi untuk port USB 3.0. Tambahan lainnya yaitu pengguna dapat memilih apakah ingin memasangkan USB-A atau USB-C yang sudah disediakan di dalam kotak.

Sentuhan desain premium hadir dalam bentuk pelat aluminium yang diletakkan di atas bagian bawah plastik dan keycaps PBT doublehot yang terlihat bagus. Jika kamu melihatnya lebih dekat, ada lapisan halus pada pelat atas yang memberikan kilau lembut yang sesuai dengan efek yang ditimbulkan oleh tekstur tombol yang terlihat. Lapisan keyboard secara keseluruhan bersih tapi tidak anti sidik jari.

Razer memilih opsi plastik PBT yang lebih mahal. PBT doubleshot dibuat dengan dua lapis cetakan injeksi plastik, memastikan daya tahan dan tulisan tidak pernah pudar. Tulisannya kurang mencolok dibandingkan keyboard gaming lainnya dengan font yang kuat, meskipun huruf kecil pada beberapa tombol menambah pengalaman berbeda.

Kecepatan Tombol

Seperti pada umumnya keyboard gaming Razer Huntsman V2 Analog menggunakan tombol keycaps PBT doubleshot yang akan mengeluarkan suara ketika ditekan serta suara SPACE yang sedikit berbeda, yakni bersuara agak tinggi. Adapun tombol navigasi dan baris FN yang memiliki ukuran 1,5mm yang cukup ringan ketika ditekan.

Menurut review yang dilakukan oleh Tom's Hardware, pengetikan huruf di situs 10fastfingers.com yang disetel  dengan titik aktuasi 1,5mm terendah mendapatkan nilai 126 kata per menit, sementara dengan akurasi 3,6mm penuh juga mendapatkan nilai yang sama yaitu 126 kata per menit. Akan tetapi, penurunan akurasi kurang dari 1%.

Pencahayaan RGB

Razer Huntsman V2 Analog terlihat familier bagi siapa saja yang telah mengikuti keyboard Razer selama beberapa tahun terakhir. Huntsman V2 Analog adalah keyboard ukuran penuh dan hampir identik dengan Razer BlackWidow V3 Pro tahun lalu, dan juga sangat mirip dengan Razer Huntsman Elite yang diluncurkan pada tahun 2018. Ini memiliki dial multi-fungsi yang sangat baik dan kontrol media di atas numerik keypad, dan deshfrance hitam matte ramping yang sama yang diadopsi semua orang dan yang utama keyboard ini berkemampuan Chroma.

Razer Huntsman V2 Analog menggunakan LED individu di bawah setiap tombol, serta di bawah tombol multi-fungsi dan tombol media. Lebih menariknya lagi, ini membawa kembali RGB dari Huntsman Elite, dan termasuk sandaran tangan. Menggunakan serangkaian pin POGO di bagian bawah papan, keyboard mampu memberi daya pada sandaran tangan dan menyinkronkan efek pencahayaan di bawah cahaya. Semua ini mudah dipersonalisasi di Synapse atau dengan memilih preset atau menyesuaikan efek warna sendiri.

Kesimpulan

Razer Huntsman V2 Analog akan tersedia dalam berbagai tata letak regional, termasuk Inggris, Jerman, Prancis, Nordik, Rusia, Spanyol, dan Jepang. Perangkat keyboard gaming ini juga kompatibel dengan setlan peningkatan keycaps PBT Razer jika ingin mengganti warna. Jika kamu sudah yakin dan tidak ingin menunggu, sekarang tersedia di situs web Razer, dan akan datang ke tersedia secara global pada 9 Februari 2021 dengan penawaran harga Rp4.2 juta untuk penggemar Razer di Indonesia.

Posting Komentar

0 Komentar