12 Fitur Terbaru yang Tersembunyi di Pengaturan iOS 14, Buruan Update!

Fitur-terbaru-yang-tersembunyi-di-iOS-14

Fitur terbaik dan terbaru yang dimiliki iOS 14 saat ini sudah bisa digunakan dan dipastikan tidak ada kendala selama pemakaian sehari-hari. Dalam pembaruan ini, Apple sudah memastikan iOS 14 sudah aman digunakan karena beberapa bug berbahaya sudah diperbaiki. Sebelum masuk ke pembahasan fitur tersembunyi, yu mari kita intip sejenak perbaikan apa yang dilakukan oleh Apple.

Perbaikan iOS 14.2 dan iPadOS 14.2:
  • CVE-2020-27910: memperbaiki bug yang ditemukan oleh JunDong Xie and XingWei Lin of Ant Security Light-Year Lab yang dapat memproses file audio yang rusak serta mampu mengeksekusi kode artbitrer.
  • CVE-2020-27925: bug ini ditemukan oleh peneliti keamanan bernama Nick Tangri, yang mana seorang pengguna dapat menjawab dua panggilan secara bersamaan tanpa indikasi bahwa mereka menjawabnya.
  • CVE-2020-27930: memproses font bermuatan kode jahat yang dapat melakukan tindakan berbahaya ke sebuah perangkat. Laporan ini disampaikan oleh tim Google Project Zero.
  • CVE-2020-27912: memproses gambar rusak yang berisikan kode jahat untuk melakukan tindakan eksekusi kode arbitrer. Temuan ini dilaporkan oleh peneliti keamanan siber dari Xingwei Lin of Ant Security Light-Year Lab.
  • CVE-2020-27905: memungkinkan hacker menciptakan aplikasi palsu yang berbahaya untuk melakukan eksekusi kode arbitrer. Laporan temuan ini disampaikan oleh bug hunter Mohamed Ghannam.
  • CVE-2020-27902: seseorang yang mengakses fisik ke perangkat iOS dapat melihat kata sandi yang tersimpan tanpa otentikasi. Laporan kerentanan ini disampaikan oleh Connor Ford.
Perbaikan iOS 14.4 dan iPadOS 14.4:
  • CVE-2021-1761: seorang penyerang yang berniat jahat mampu melakukan serangan DoS dari jarak jauh. Dilaporkan oleh Cees Elzinga.
  • CVE-2021-1797: pengguna lokal secara bebas dapat mengakses file arbitrer. Temuan ini dilaporkan oleh Thomas Tempelmann.
  • CVE-2021-1794: seorang penyerang dapat melakukan serangan jarak jauh menggunakan eksekusi kode arbitrer.
  • CVE-2021-1780: penyerang mampu meluncurkan serangan berbasis DoS menggunakan hak istimewa melalui kerentanan pada Bluetooth.
  • CVE-2021-1760: aplikasi yang berisi kode berbahaya mampu mencuri informasi pengguna.
  • CVE-2021-1786: pengguna iOS dapat memodifikasi file sistem melalui Reported Crash.
  • CVE-2021-1818: penyerang mampu meluncurkan serangan dari jarak jauh yang mengakibatkan aplikasi berhenti secara tiba-tiba
Itulah daftar singkat dari update iOS 14 guna menutup bug yang berbahaya. Lalu, apa saja fitur terbaik yang diberikan Apple kepada penggunanya terutama yang memiliki iPhone. Menurut informasi yang beredar, iOS 14.5 sedang dipersiapkan yang nantinya akan memiliki pembuka kunci iPhone melalui pendeteksian wajah meskipun pengguna tersebut menggunakan masker.

Sembari menunggu update iOS 14.5 versi stabilnya, ada banyak fitur yang masih dapat digunakan di iOS 14.4 terutama di sisi keamanan serta kemampuan menambahkan widget dan opsi membuat icon aplikasi sendiri.

Berikut fitur terbaru yang ada di iOS 14 selama pembaruan dari bulan November hingga Januari 2021:

1. Setelan Default Email atau Web Browser

Fitur pertama yang dapat kamu jumpai ialah penetapan email atau web browser apa yang ingin digunakan secara default. Fitur ini berfungsi di iOS 14 yang mana pengguna bebas memilih layanan baik itu dari Google, Microsoft dan aplikasi email atau web browser yang sudah terinstall.

Cara mengaktifkan default email dan web browser pada iOS 14 yaitu:
  • Buka menu Pengaturan
  • Kemudian, klik menu aplikasi yang sudah di install
  • Selanjutnya, temukan dan pilih salah satu aplikasi email atau web browser
  • Lalu, ketuk menu bertuliskan Default Mail App bagi yang ingin menyetel aplikasi email
  • Setelah itu klik aplikasi email yang terpasang dan otomatis akan memiliki simbol centang
  • Selesai

2. Laporan Pelacak

Beberapa situs web biasanya memanfaatkan pelacakan iklan guna meningkatkan pelayanan berdasarkan minat tertentu agar iklan yang disajikan lebih relevan setiap kali mengunjungi situs tersebut. Namun, sebagian orang mungkin akan terganggu dengan pelacakan seperti ini, untuk itu mari kita nonaktifkan mode pelacakan iklan di iPhone.
  • Buka web browser, contoh kali ini Safari
  • Klik tombol bertuliskan Aa di bagian atas layar browser
  • Kemudian di bagian bawah ada opsi Laporan Privasi dan pilih menu tersebut
  • Selanjutnya geser ke bawah dan terlihat dua panel yaitu Websites dan Trackers / Pelacak
  • Setelah itu pilih website yang ingin di blokir
  • Selesai

3. Menyembunyikan Aplikasi

Banyaknya panel home screen terkesan merepotkan terlebih lagi jika beberapa aplikasi jarang digunakan yang menyebabkan tampilan layar menjadi penuh dan sesak. Dengan fitur iOS 14 terbaru, kamu bisa melakukan penyetelan untuk memilih panel mana yang masih digunakan dan mana yang tidak. Ini bertujuan untuk menghemat penempatan di layar beranda iPhone. Berikut cara menyembunyikan aplikasi yang ada di home screen iPhone.
  • Tekan yang lama pada area kosong di layar beranda hingga muncul edit
  • Selanjutnya, ketuk indikator halaman dan klik centang di setiap bagian panel yang ingin disembunyikan
  • Klik tombol Selesai. Nantinya aplikasi tersebut akan dipindahkan ke perpustakaan aplikasi iPhone

4. Menghapus Aplikasi dari App Library

Selain menyembunyikan aplikasi di home screen, fitur terbaik dari iOS 14 adalah dapat menghapus aplikasi yang jarang digunakan melalui App Library. Jika kamu tidak menyukai aplikasi yang memiliki kapasitas besar dan tidak terlalu berguna, maka cara ini bisa membantu untuk menghapusnya dari iPhone. Berikut langkah-langkahnya.
  • Buka menu Pengaturan
  • Kemudian pilih menu Home Screen
  • Dilanjutnkan dengan memilih App Library Only di bagian atas
  • Cari dan temukan aplikasi apa yang ingin dihapus
  • Selesai

5. Format Gambar

Fitur terbaru yang disediakan di iOS 14 adalah Mirror Front Camera dan menambahkan format gambar ProRaw untuk pengguna iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Kelebihan dari kedua fitur ini bisa membalikkan gambar sesuai dengan aslinya serta meningkatkan tampilan keseluruh gambar di aplikasi editor foto. Untuk melakukan penyetelan format gambar di iPhone, berikut ini cara yang harus kamu lakukan.
  • Buka Pengaturan
  • Kemudian pilih menu Kamera dan dilanjutkan dengan memilih Format
  • Setelah itu geser Apple ProRaw ke posisi nyala
  • Nanti akan muncul label bertuliskan RAW pada kamera iPhone bagian atas
  • Selesai

6. Emoji Keyboard

Fitur emoji di keyboard iPhone mungkin baru dikatakan sempurna untuk saat ini karena baru saja ditambahkan oleh Apple dalam pembaruan iOS 14. Beragam pilihan emoji yang unik dan lucu bisa kamu temukan melalui bilah pencarian di bagian atas keyboard.

7. Pengumpulan Data

Belakangan ini banyak masalah yang terjadi termasuk permasalah pengumpulan data pengguna yang banyak sekali digunakan oleh situs web maupun aplikasi tertentu. Data yang dikumpulkan biasanya ditujukan untuk media periklanan agar sesuai dengan minat pencarian kamu selama ini. Kamu dapat mengetahui seberapa banyak data yang dikumpulkan oleh aplikasi tersebut hanya dengan menggunakan ponsel iPhone iOS 14. Bagaimana caranya? buka menu Pengaturan > App Privacy > Pilih Aplikasi > Lihat Details.

8. Menyembunyikan Foto

Masalah besar terjadi, foto yang sudah disembunyikan ternyata malah disimpan di Album Tersembunyi, padahal tujuannya agar tidak terlihat oleh orang lain ketika mereka meminjam ponsel lalu ingin mencoba mencari sesuatu. Dengan iOS 14, semua itu terselesaikan karena foto yang sudah disembunyikan benar-benar tidak akan terlihat lagi oleh siapapun. Caranya cukup mudah, yaitu membuka menu Pengaturan > Foto > Nonaktif Album Tersembunyi. Foto yang disembunyikan akan disimpan di iCloud.

9. YouTube Mode Picture in Picture

IPhone sekarang memiliki salah satu fitur terbaru yang disebut mode Picture in Picture (PiP) untuk menonton video namun tidak harus berada di halaman YouTube bahkan bisa menonton video disaat ada panggilan telepon. Caranya cukup mudah, kamu dapat menggesek layar dari bawah ke atas untuk keluar dari aplikasi dan video secara otomatis akan menyusut ke jendela mengambang. Selain itu, kamu juga dapat memindahkan video thumbnail ini, atau bahkan menyembunyikannya dari tepi layar jika hanya ingin mendengarkan audionya. 

10. FaceTime

Fitur kontak mata FaceTime muncul di iOS 13 versi beta tahun lalu, tetapi tidak pernah dirilis. Ya, ini kembali ke iOS 14. Pada dasarnya iPhone atau iPad akan membuat mata kamu seolah-olah sedang melihat langsung ke kamera, namun sebenarnya mata kamu hanya terfokus pada layar bukan kamera.
Jadi, lawan bicara tidak akan mengetahui apakah kamu memerhatikannya atau tidak. Aktifkan dengan cara, buka menu Pengaturan > FaceTime > Eye Contact.

11. Tripe BackTap

Fitur aksesibilitas baru yang disebut Back Tap memungkinkan untuk memicu fitur sistem, seperti multitasking atau Pusat Kontrol, atau meluncurkan Pintasan hanya dengan mengetuk bagian belakang iPhone Anda dua atau tiga kali.

Temukan fitur di Pengaturan> Aksesibilitas> Touch > Pilih jenis kecepatan Fast atau Slow > Selesai. Maka selanjutnya kamu dapat mengetuk tiga kali di bagian belakang ponsel Anda untuk mengambil tangkapan layar.

12. Apple Pencil

IPad memiliki fitur baru yang disebut Scribble. Ini pada dasarnya mengubah bidang teks apa pun menjadi kotak yang dapat ditulis menggunakan Apple Pencil, dan iPad akan mengubah tulisan tangan menjadi teks yang diketik secara otomatis.

Jika kamu sedang menulis catatan dan mendapatkan iMessage baru, kamu dapat menurunkan peringatan dan menggunakan kolom balasan cepat untuk menuliskan tanggapan dan kembali menulis catatan.

Ada lebih banyak lagi dari sistem operasi yang diperbarui ini. iOS 14 dan iPadOS 14 tersedia sebagai pembaruan gratis dan tidak butuh waktu lama untuk menginstal. Pastikan untuk melakukan pembersihan pada perangkat sebelum menginstal untuk memastikan proses berjalan lancar.

Kesimpulan

Daftar diatas hanyalah segilintir dari banyaknya pembaruan yang ada di iOS 14 khususnya perbaikan menutup celah keamanan guna melindungi pengguna dari kejahatan siber. Anyways, kamu bisa mendapatkan informasi seputar cybernews terkini dan berita lainnya melalui saluran Google News. Jadi, jangan lewatkan informasi bermanfaat lainnya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar