10 Fitur Android 12 yang Siap Rilis Versi Beta

Fitur-terbaru-Android-12

Beredar kabar Android 12 akan segera rilis dalam versi beta di pertengahan tahun ini. Sejumlah fitur juga akan dipersembahkan termasuk yang baru-baru ini terungkap.

Belum lama ini, bocoran tangkapan layar yang diduga adalah pembaruan dari panel notifikasi yang dibuat simple namun dengan warna yang solid. Selain itu, ada juga penambahan widget yang nanti akan tersedia di Android 12.

Tampilan Android 12

bocoran-tampilan-android-12
Photo: User Interface (XDA-Developers)

Tampilan UI yang dipersembahkan Google tidak lagi menggunakan warna transparan melainkan dengan latar belakang berwarna krem. Warna yang dihasilkan nantinya akan disesuaikan dengan tema yang sedang digunakan atau pada saat menggunakan tema dark mode. Google juga akan merombak tampilan notifikasi dari Quick Settings dari total sebelumnya enam buah dikurangi menjadi empat buah dan setiap icon akan terlihat lebih besar. Sementara itu, posisi tanggal dan jam juga ditukar ke bagian sisi kiri atas sedangkan indikator privasi akan dipindahkan ke bagian pojok atas kanan.

Ada satu hal yang unik dari penambahan yang akan dilakukan oleh Google yaitu widget "Percakapan" yang akan menampilkan informasi tentang pesan terbaru, panggilan tak terjawab atau status aktivitas. Menurut kami, perombakan ini akan memiliki kesamaan dengan sistem operasi iOS pada iPhone-nya. Namun, widget yang dimiliki Android 12 sepertinya akan terlihat kecil masing-masing menampilkan bilah pesan percakapan, panggilan telepon dan status aktivitas.

Berikut adalah fitur Android 12 yang dikabarkan akan dirilis pada versi beta:

1. Mode Privasi

    Photo: ExtremeTech

Bisa dipastikan Google akan menambahkan fitur terbaru di versi Android 12. Semua pengguna akan menerima informasi indikator jika ada aplikasi atau situs web yang mencoba mengakses kamera maupun mikrofon pada ponsel. 

Mode privasi lain yang dikabarkan akan siap hadir yaitu dapat menonaktifkan semua sensor pada perangkat hanya dengan menggunakan Quick Settings. Namun untuk menggunakan fitur ini, pengguna diharuskan mengaktifkan mode pengembang.

2. Mode Hibernasi

    Photo: Systweak

Kami menemukan beberapa potongan kode yang diduga ini akan diluncurkan pada versi beta Android 12, yaitu mode hibernasi pada aplikasi. Pengajuan fitur hibernasi pertama kali dilontarkan oleh Kevin Han. Subject proyek tersebut dinamakan sebagai "Add app hibernation service stubs" dan saat ini sedang di review oleh tim Google lainnya yang bernama Amith Yamasani, Narayan Kamath, Rajeev Kumar dan beberapa reviewers lainnya.

"Kita harus mempertimbangkan untuk menambahkan pengujian unit untuk kelas yang kita tambahkan untuk fitur hibernasi aplikasi." kata  Rajeev Kumar. dan Kevin Han membalasnya dengan mengatakan: "Sepakat. Ketika sebenarnya ada sedikit lebih banyak substansi untuk diuji, saya akan menambahkan file pengujian unit.."

    Photo: LocalHunter

Kami tidak bisa mengidentifikasi lebih lanjut karena beberapa potongan kode itu masih dalam pengembangan dan pengujian oleh tim terkait dan mungkin saja akan ada perubahan setiap saat. Namun kami menduga, fitur hibernasi akan secara otomatis bekerja ketika ponsel dihidupkan pertama kali.

3. Mode Jaringan Terbatas

    Photo: 9To5Google

Kami juga menemukan barisan kode lain yang diberi nama "mode jaringan terbatas" namun kami tidak melihat adanya firewall yang dapat dikonfigurasi oleh tiap pengguna. Laporan ini pertama kali dikirimkan oleh Patrick Rohr pada tanggal 3 Desember 2020 dengan subject "Add Restricted Mode Firewall Chain."

   Photo: LocalHunter

Menurut pantauan kami, fitur ini akan aktif jika salah satu aplikasi yang terpasang di ponsel memiliki izin CONNECTIVITY_USE_RESTRICTED_NETWORKS untuk menggunakan jaringan sepenuhnya. Jika aplikasi mempunyai izin akses itu, maka akses seluruh jaringan pada ponsel akan diblokir. Namun, belum dipastikan apakah Google akan membuat daftar izin / blokir aplikasi yang terinstall pada ponsel pengguna.

4. Penghapusan PIN Home Screen

    Photo: ExtremeTech

Salah satu fitur yang mengganggu dan jarang digunakan adalah adanya konfirmasi PIN setiap kali ingin membuka kunci ponsel di layar beranda. Pada dasarnya, Android sudah memiliki fitur keamanan PIN yang terletak di menu Pengaturan yang berdampingan dengan keamanan lain seperti buka layar menggunakan sidik jari dan kata sandi.

Android 12 seharusnya tidak perlu memasangkan fitur keamanan PIN untuk mengkonfirmasi pembukaan layar ponsel dan kami mengharapkan hanya dijadikan opsi standar membuka layar ketika fitur ini benar-benar diaktifkan melalui menu Pengaturan.

5. Bayangan Notifikasi

    Photo: 9To5Google

Kekurangan yang ada di Android 10 adalah tata letak dan batasan notifikasi yang belum dibenahi sehingga banyak menimbulkan keluhan dengan berbagai macam alasan. Ini adalah keluhan yang wajar dan bukan masalah besar, namun Google akan menyelesaikan masalah ini pada versi Android 12 dengan menyesuaikan baris dan kolom sebaik mungkin.

Kami pikir Google akan mendapatkan ide dari vendor perusahaan ponsel terutama yang menjalankan OxygenOS. Fitur ini akan menampilkan indikator di bilah notifikasi secara visual dan sebenarnya ini adalah salah satu fitur yang dimiliki ponsel OnePlus.

6. Kontrol Media

    Photo: 9To5Google

Fitur ini adalah lanjutan dari Android 11 namun diperbarui kembali dengan menambahkan panel Quick Settings untuk memutar media yang solid dibandingkan versi sebelumnya. Pada Android 11, ia tidak memiliki kontrol dasar ketika pengguna memutar media tertentu. Oleh karena itu, kami mengharapkan adanya sentuhan yang lebih baik di versi Android 12 dan dapat mentrasmisikan ke perangkat keras berkemampuan Chromecast.

7. Widget Google Discover

Photo: GSMArena

Penyempurnaan datang pada menu widget Google Discover yang akan segera hadir di Android 12 sebagai tempat untuk mendapatkan berita terkini secara rutin di layar utama ponsel kalian. Mungkin juga Google akan menambahkan informasi yang mirip dengan iOS seperti info cuaca, harga saham dan petunjuk arah dan nantinya akan ditampilkan di layar beranda ponsel.

8. Scrolling Screenshot

    Photo: MakeUseOf

Penting untuk diperhatikan bahwa fitur tersebut tampaknya sedang dalam tahap pengujian internal karena tidak tersedia pada versi publik aplikasi Chrome Android mana pun. Selain itu, meskipun mungkin tidak tepat bahwa fitur "Long Screenshot" ini mungkin hanya datang ke aplikasi Chrome, tampaknya masuk akal mengingat bahwa fitur tangkapan layar bergulir sebagian besar akan digunakan untuk menangkap laman web yang panjang.

Di sisi lain, ini adalah pertanyaan yang membingungkan tentang mengapa Google akan mengerjakan fitur yang telah lama ditunggu ini secara terpisah untuk aplikasi Chrome sementara mereka juga secara aktif berupaya menambahkannya sebagai fitur Android 12 asli.

Namun, jika kamu pengguna ponsel Samsung atau OnePlus fitur ini sudah tersedia sejak lama dan masih bisa digunakan hingga saat ini.

9. Berbagi WiFi

    Photo: CNET

Perilisan Android 12 dikabarkan akan meluncurkan fitur baru yang dinamakan sebagai "Berbagi WiFi di Sekitar" yang memungkinkan pengguna untuk membagikan kode QR yang dihasilkan oleh orang lain melalui tangkapan layar dari laman "Bagikan WiFi" lalu mengirimkannya kepada pengguna lainnya yang berdekatan dengan lokasi pemberi WiFi tersebut.

Menariknya, fitur ini tidak memerlukan kontak fisik ponsel atau memindai kode QR, artinya siapapun pengguna Android dapat membagikan kata sandi WiFi mereka dari seluruh tempat namun tetap pada lokasi yang berdekatan sebab WiFi pada ponsel tidak bisa menjangkau secara luas.

10. Coloring Tema

    Photo: Github

Selanjutnya ada yang menarik dari menu Quick Settings di Android 12, yaitu akan tersedia banyak warna yang bisa dipilih untuk mengganti warna latar belakang pemberitahuan. Sistem tema yang akan disediakan oleh Google dalam pembaruannya kemungkinan bisa diakses oleh pengembang aplikasi Android. Artinya, pengembang tersebut dapat memikirkan pilihan warna yang cocok dengan tema yang dipilih untuk dipasangkan ke ponsel pengguna.

Karena Android masih dalam proses pengembangan dan pengujian kami belum memastikan semua fitur ini akan dipasangkan ke Android 12 dan kemungkinan besar akan ada pembaruan lain yang tidak kami duga.

Posting Komentar

0 Komentar