Perhatian! Browser Chrome Tak Akan Dukung Prosessor Lama

Chrome-89
    Photo: BigTunaOnline / Shutterstock

Tim pengembangan Chromium mengumumkan melalui dokumen yang dipublikasikan secara publik bahwa dukungan akan dihentikan untuk CPU x86 versi lama yang tidak memenuhi minimal dukungan SSE3 (Streaming SIMD Extension 3) dimulai dari Chrome 89.

Dampak yang akan terlihat dari pengumuman tentang kebijakan penggunaan Chrome tidak begitu besar, mengingat perangkat yang terpengaruh sebagian besar akan menjalankan prosesor pra-Intel Core 2 Duo. Karena pada dasarnya sebagian besar prosesor diatas 2005 sudah mendukung SSE3. Minimal perangkat yang masih bisa menggunakan browser Google Chrome berusia 15 tahun.

Windows akan menjadi satu-satunya sistem operasi yang terpengaruh oleh kebijakan ini. Sementara, macOS, Android dan Chrome OS sudah mendukung SSE3 untuk beroperasi secara default. Kemungkinan besar Microsoft Edge juga terpengaruh sebab browser ini adalah berbasis Chromium.


 Belum ada konfirmasi resmi mengapa dukungan dihapus untuk CPU yang berusia lampau, tetapi mengingat rendahnya jumlah perkiraan pengguna yang akan terpengaruh oleh pembaruan ini cukup masuk akal karena untuk saat ini semua orang sudah memiliki perangkat keras yang lebih modern dengan kinerja yang lebih baik.

Dukungan tak akan tersedia di mulai dari Chrome versi 89, perangkat apapun yang memiliki prosessor tua tidak akan bisa lagi memasang browser Chrome bahkan melakukan pembaruan sekalipun. Akan tetapi, jika tetap memaksakan untuk menjalankannya, maka browser tersebut akan crash. Peringatan akan muncul pada Chrome 87 untuk mengingatkan kepada pengguna untuk mengakhiri penggunaannya.

Untuk membaca informasi lengkap dari kebijakan persyaratan yang dipublikasikan oleh Google, kamu bisa membacanya melalui tautan ini.

Posting Komentar

0 Komentar