Bocoran Harga dan Spesifikasi OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro Terbaru

Bocoran-Harga-dan-Spesifikasi-OnePlus-9
Photo: OnePlus 9 Series (Vice/OnLeaks)

Local-Hunter.com - Kabar baik, OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro akan diluncurkan di pertengahan bulan Maret 2021 sebagai smartphone midrange terbaik yang bakal bersaing dengan kompetitor lain di pasaran.

Kabar lainnya juga kami terima bahwa OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro akan ditemani oleh OnePlus 9E seperti yang dikutip media Pocket-Lint.

Jika melihat kebelakang, OnePlus 7 dan OnePlus 7 Pro diluncurkan pada tanggal 14 Mei 2019 dan ditahun selanjutnya disusul oleh OnePlus 8 dan OnePlus 8 Pro dengan tanggal yang sama yaitu 14 April 2020. Kemungkinan besar OnePlus 9 akan siap diluncurkan lebih awal yakni pertengahan bulan Maret 2021. Pasalnya belum ada informasi detil mengenai kedatangan ponsel ini.

Harga OnePlus 9 Series

Belum ada rumor yang dapat dipercaya tentang harga OnePlus 9, tetapi kami dapat membuat perkiraan yang masuk akal berdasarkan harga perusahaan sebelumnya. OnePlus telah secara dramatis menaikkan harganya dalam beberapa tahun terakhir, banyak yang kecewa dari dari penggemar yang menyukai biaya terjangkau sebelumnya.

Kembali pada tahun 2018, OnePlus 6 memulai debutnya hanya dengan Rp7.421.870. Dua tahun kemudian, OnePlus 8 naik menjadi Rp9.806.000, dan OnePlus 8 Pro langsung masuk dengan pesaing kelas atas seperti Samsung dan Apple dengan harga Rp12.612.000. OnePlus 8T kemudian naik sedikit lebih tinggi dari OnePlus 8 dengan harga Rp10.508.000.

Mengingat penurunan harga Samsung yang besar tahun ini, akan mengejutkan jika OnePlus memilih untuk menaikkan harganya lagi, terutama lebih dari Rp700.000. Jika OnePlus 8 diberikan harga sekitar Rp9.806.000 dan Rp12.612.000 untuk OnePlus 9 Pro, itu kemungkinan akan memberikan keunggulan harga yang wajar dibandingkan Samsung. Itu adalah sesuatu yang dibutuhkan jika ingin terus meraih lebih banyak pangsa pasar. Rumor lainnya bahwa OnePlus 9 Lite juga dikabarkan dengan harga potensial sekitar Rp8.418.000, yang bisa menjadi pembuat perbedaan nyata.

Desain & Kamera

Rumor menyebutkan bahwa akan ada beberapa perubahan yang relatif signifikan pada desain di OnePlus 9, dibandingkan dengan OnePlus 8. Secara khusus, ponsel ini dikatakan akan mengadopsi layar datar di bagian depan, seperti OnePlus 8T. Pada bagian kamera depan tampak mirip seperti OnePlus 8T yakni menggunakan desain punch hole di kiri atas.

Ini juga mirip dengan kamera depan milik OnePlus Nord, bentukan besar dan persegi panjang seperti OnePlus 8T, ini telah ditunjukkan dalam bocoran baru-baru ini. Diklaim dua dari tiga lensa untuk OnePlus 9 akan lebih besar.

Informasi OnePlus 9 Pro juga telah bocor, meskipun rendernya dikatakan sebagai prototipe sehingga dapat berubah. Ini juga memiliki kamera utama persegi panjang di bagian belakang - yang dikatakan akan menggunakan kaca dan memiliki layar melengkung dengan kamera punch hole di kiri atas.

Ada juga pembicaraan tentang peringkat ketahanan air dan debu IP68, tetapi informasi ini masih disembunyikan dan tampaknya akan diterapkan pada produk OnePlus 9 Pro.

Dilansir dari 91mobiles, bahwasanya OnePlus 9 akan menggunakan lensa Sony IMX689 48MP yang solid untuk sensor wide-angle, ultra-wide 48MP dan ketiga sensor lainnya tidak teridentifikasi. Bocoran ini belum sepenuhnya dibenarkan karena hanya melihat dari prototypenya kemungkinan akan berubah.

Display

Beberapa orang mengatakan OnePlus 9 akan datang dengan layar lebih besar dari 8T, meskipun bocoran baru-baru ini menunjuk ke layar AMOLED 6,55 inci. Kecepatan refresh 120Hz telah diklaim yang sama dengan OnePlus 8T dan 8 Pro. Ini adalah sesuatu yang diinginkan bagi penggemar OnePlus untuk perangkat andalan.

Kemungkinan OnePlus 9 akan memiliki resolusi Full HD +, membuatnya sama dengan OnePlus 8. Jika ada 9 Pro, kami berharap untuk melihat resolusi Quad HD + di perangkat ini. OnePlus 9 Pro diklaim memiliki layar 6,7 inci. Seperti yang disebutkan sebelumnya, OnePlus 9 akan menggunakan layar datar standar sedangkan 9 Pro akan menawarkan layar melengkung.

Mengingat 8T memiliki kecerahan puncak 1.100nits dan dukungan untuk konten HDR10 +, kami berharap 9 dan 9 Pro juga menawarkan atribut ini.

Spesifikasi

Informasi yang beredar menyebutkan bahwa OnePlus 9 dan 9 Pro akan menampilkan prosesor Qualcomm terbaru yaitu Snapdragon 888.

OnePlus 9 dan 9 Pro juga akan mengikuti trend teknologi 5G dan rumor menunjukkan mereka akan memiliki pengisian daya cepat 65W, seperti OnePlus 8T. Ada juga pembicaraan tentang pengisian nirkabel 45W, 40W dan 30W tetapi belum jelas apakah ini akan disediakan untuk 9 Pro. Sementara kapasitas baterai yang diimpikan adalah 4500mAh pada ponsel OnePlus 9

Kami mengharapkan dua varian penyimpanan: 128GB dan 256GB, dengan yang sebelumnya menggunakan RAM 8GB dan yang terakhir menampilkan 12GB, meskipun sejauh ini hanya model RAM 8GB yang muncul dalam rumor benchmark.

OnePlus 9 dan 9 Pro kemungkinan akan diluncurkan dengan OxygenOS 11 di luar kotak, yang berarti mereka akan datang dengan Android 11.