Bocoran AMD Ryzen 5000G PRO Cezanne Gunakan Zen 3 8-core 16-thread

    Photo: Wccftech

Informasi Desktop AMD Ryzen 5000G PRO Cezanne belakangan ini bocor di internet yang menampilkan arsitektur terbaru yakni Zen 3. Karena ini adalah varian PRO dari keluaran Ryzen 500G maka seharusnya ini lebih baik daripada CPU Ryzen 7 5800X Vermeer terutama dari segi kinerja dan kecepatan clock seperti yang ditampilkan leaker.

Tangkapan layar yang beredar dari CPU-Z mengkonfirmasi bahwa seri AMD Ryzen 500G saat ini lagi menjalankan debutnya dengan moniker PRO. Seorang yang mendapatkan informasi tersebut mengatakan bahwa ada kemungkinan seri Cezanne AM4 PRO tidak akan dijual secara eceran kepada siapapun.


Seperti halnya dengan keluarga Ryzen 4000G (Renoir) dan Ryzen 3000 (Matisse), ada beberapa kelebihan yang terlihat pada AMD Ryzen 5000G Cezanne dibanding keluarga chipset Ryzen 5000 Vermeer. Namun dari bocoran informasi yang kami terima, tangkapan layar CPU-Z dari sample AMD Ryzen 500G bahwasanya spesifikasi awal yang akan datang tampak serupa dengan sample yang bocor minggu lalu.


Seperti contoh yang baru-baru ini disebarkan oleh Chiphell yang menampilkan informasi CPU-Z seri Cezanne AM4 dengan CPU 8-core dan 16-thread. Gambaran tersebut kemungkinan akan menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 PRO 5750G, ini dikarenakan Ryzen 5 5650G setidaknya harus memiliki 6-core dan 12-thread yang tidak boleh melebihi jumlah inti dari seri Renoir AM4.

Menurut informasi dari Chiphell, sepertinya APU tidak kompatibel dengan antarmuka PCI Gen4 yang tidak menampilkan grafis integrasi dengan Navi, ini berbeda halnya dengan seri Desktop Ryzen 5000 yang di desain dengan chiplet serta pengurangan cache L3. Tampaknya seri Desktop Cezanne dirancang untuk laptop kelas atas yang menggunakan varian soket AM4 dan FP6 berdasarkan dari silikon yang sama.


Akan tetapi, BIOS yang saat ini digunakan yaitu ASUS Crosshair VIII Hero belum sepenuhnya mendukung prosesor Ryzen 5000G dan firmware AGESA 1.2.0.0 yang mem-boot CPU juga terlihat berbeda daripada sebelumnya. Sample The Infinity Fabric Clock (FLCK) yang disetel di kisaran 2300MHz kini telah ditingkatkan menjadi 2500MHz dan kecepatan clock yang sebelumnya hanya mampu di angka 4,05GHz juga ditingkatkan hingga 4,75GHz.

Chiphell, selaku leaker mengklaim bahwa CPU Ryzen 7 5750G PRO seharusnya dihargai lebih murah dibandingkan seri CPU keluarga Vermeer. Selain itu, ia juga berspekulasi bahwa CPU ini tidak akan dijual kembali dalam periode tertentu dan dilain hal pihak AMD belum memiliki rencana untuk membuat seri Ryzen 5000G non-PRO.

Posting Komentar

0 Komentar