Beli Mobil Pake Bitcoin? Cuman Tesla yang Bisa!

Beli-mobil-pake-Bitcoin
    Photo: Tesla (Barrons)

Perusahaan Tesla kini mendukung pembayaran sebuah mobil listrik menggunakan Bitcoin di waktu dekat. Pengumuman ini disampaikan pada Senin pagi, sebuah langkah yang dapat memperluas bagaimana cryptocurrency paling populer dapat digunakan untuk transaksi di dunia nyata.

Meskipun sebelumnya Bitcoin tidak ada yang mengenalinya dalam beberapa tahun terakhir. Akan tetapi, kini perkembangan makin pesat dan menjadi salah satu alat investasi terbaik untuk jangka pendek ataupun jangka panjang. Sekaligus beberapa perusahaan ternama lainnya juga menerima pembayaran Bitcoin untuk melakukan transaksi di marketplacenya.

Beberapa merk arus utama telah mengizinkan pelanggan untuk melakukan pembelian mobil dengan Bitcoin melalui pihak ketiga, tetapi Tesla menyarankan pelanggan untuk membayar Bitcoin secara langsung sebagai bagian dari rencana yang lebih luas untuk memasukkan cryptocurrency ke dalam portofolio investasinya.


Pengungkapan tentang Tesla yang melakukan investasi sebesar $1,5 miliar tercatat di Securities and Exchange Commission (SEC). Jika pelanggan membeli Tesla dengan Bitcoin, perusahaan mungkin tidak langsung melikuidasi pembayaran tersebut dan tidak menjualnya secara otomatis.

Terkait bagaimana cara melakukan pembayaran dengan Bitcoin, perwakilan dari perusahaan Tesla satupun belum ada yang mengungkapkan lebih jelas masalah ini.

Jika Tesla menerima pembayaran dengan Bitcoin seperti perusahaan raksasa lainnya, pelanggan akan mentransfer Bitcoin dari dompet digital mereka ke entitas lain yang mengubah menjadi dollar lalu mengirimkan jumlahnya ke Tesla.


Misalnya, seperti perusahaan AT&T dan Microsoft Corp yang telah menerima pembayaran Bitcoin melalui BitPay, pemroses pembayaran mata uang kripto. BitPay memfasilitasi pembayaran untuk dealer mobil mewah.

Pembeli juga dapat membeli barang dari pedagang yang tidak pernah secara resmi menerima Bitcoin dengan menggunakan kartu pembayaran yang mengubah mata uang kripto menjadi dollar sebelum melakukan transaksi lebih lanjut.

Salah satu penggemar mata uang digital, Mason Borda, mengatakan kepada Reuters bahwa dia membeli Tesla Model 3 pada tahun 2016 menggunakan Bitcoin melalui perusahaan pihak ketiga bernama ShakePay. Itu memungkinkan dia untuk membuat kartu kredit sekali pakai dengan Bitcoin-nya, sedangkan Tesla menerima pembayaran tunai waktu itu.

Borda, kepala eksekutif dari perusahaan TokenSoft, mengatakan dia menyesali pembelian tersebut, karena bagaimana nilai Bitcoin telah melonjak. Ketika Borda membeli mobil itu, setiap Bitcoin bernilai sekitar $400. Namun pada hari Senin, nilai lebih dari $44.500 atau sekitar Rp622 juta dan kini harga Bitcoin berada di posisi Rp649 juta. Itu berarti dia menghabiskan uang sekitar $130.000 untuk membeli sebuah mobil, tetapi jika ia membelinya sekarang mungkin akan mencapai $14 juta mata uang dalam bentuk Bitcoin.

"Saya merekomendasikan untuk tidak membeli item tiket besar dengan Bitcoin," kata Borda. Hal baru dari melakukan itu adalah cepat memudar jika harga Bitcoin naik secara dramatis.

Menurut para ahli, Tesla mampu menciptakan teknologi untuk menghilangkan perantara dan membuat sistem pemrosesannya sendiri yang dapat digunakan untuk menerima Bitcoin dan melikuidasi pembayaran kapan pun manajemen memilihnya.

Itu menjadi langkah yang tidak biasa, karena Bitcoin sangat fluktuatif bahkan raksasa pembayaran PayPal mengharapkan untuk mengizinkan cryptocurrency di jaringannya pada pertengahan tahun 2021 dan akan menyelesaikan transaksi melalui Paxos Trust. Artinya, baik pedagang ataupun PayPal tidak perlu memegang koin virtual tersebut.

Pendiri dan CEO Tesla Elon Musk, yang juga membantu meluncurkan PayPal, telah menyatakan antusiasme tentang cryptocurrency online dan sumber industri mengatakan dia memiliki keahlian teknologi untuk membangun infrastruktur yang dibutuhkan.

"Jika Tesla benar-benar menempuh rute itu, pelanggan akan mentransfer Bitcoin ke sistem pembuat mobil itu sendiri dan perusahaan harus menetapkan nilai tukar untuk waktu yang sangat singkat," kata ketua CoinShares Danny Masters.

"Mereka kemungkinan akan terus memberi harga Tesla dalam dolar dan kemudian berkata, 'Kirimi kami dolar atau kirim bitcoin kepada kami dan jika Anda mengirimi kami bitcoin, harganya bagus untuk lima menit," katanya.