Apple Tengah Persiapkan Headset Berteknologi Virtual Reality Seharga Rp42 Juta

Headset-VR-Apple-2021
Photo: Apple VR (affinityvr)

Perusahaan raksasa Apple kini sedang fokus mengerjakan project terbarunya yang diberi nama Apple VR (Virtual Reality) yang disebut-sebut dibanderol dengan harga Rp 42 juta per unit. Kabar ini bocor pertama kali oleh situs The Information serta dikonfirmasi juga dari pihak lain yang tidak mau disebutkan namanya.

Harga yang ditawarkan Apple memang begitu gila dan fantastis, akan tetapi ia akan melengkapi dengan teknologi super canggih dan mungkin belum ada yang membuatnya. Laporan lain mengatakan bahwa Apple VR akan membawakan layar 8K beresolusi tinggi.

Dilansir dari The Information bahwa Headset VR campuran dengan AR saat ini sedang dikembangkan oleh perusahaan Apple. Selain itu, akan dilengkapi dengan adanya pelacakan gerakan tangan dan menampilkan video dunia nyata kepada orang yang memakainya. Tidak hanya itu, teknologi lainnya adalah melacak penglihatan mata.

Apple VR akan memasukkan dua layar beresolusi 8K dengan kualitas gambar super jernih dan tidak ada yang menyainginya bahkan televisi kelas atas yang di produksi di Amerika yang juga memiliki resolusi 8K dikabarkan akan dikalahkan oleh produk Apple yang satu ini.

Apple VR merupakan salah satu headset terbaru yang paling mahal di antara merk lain. Misalnya, headset VR Oculus yang dikembangkan oleh Facebook yang dibanderol sekitar $300 - $1,000 per unit. Bahkan harga yang ditawarkan perusahaan Apple ini melebihi laptop gaming kelas atas seperti ASUS ROG, Asus Zepyhrus, Alienware, MSI, Acer Predator dan lainnya.

The Information juga menambahkan bahwa produk Apple VR hanya akan tersedia sekitar 250.000 per unit dan segera dirilis pada tahun 2022.