Akankah Yuan Digital Mampu Bersaing dengan Dollar Amerika?


Local-Hunter.com - Saat ini China sedang melangsungkan percobaan Yuan Digital sebanyak 20 juta mata uang digital kepada penduduknya di distrik Longhua. Selain tempat itu, ada kota besar lain yang akan melakukan hal yang sama diantaranya adalah Shenzhen, Shanghai, Suzhou di Provinsi Jiangsu di Tiongkok Timur, Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan di Tiongkok Barat Daya, dan Area Baru Xiongan, Provinsi Hebei Tiongkok Utara, menurut situs GlobalTimes.

Karakteristik Yuan Digital

Sebagai mata uang berbasis token yang pada akhirnya dapat mencakup teknologi blockchain, yuan digital akan menawarkan modernisasi dan manfaat yang dicari oleh bisnis dan individu di seluruh dunia. Transaksi terjadi secara instan tanpa perlu bank atau perantara lainnya. Mereka diamankan dengan enkripsi yang kuat dan dilacak pada buku besar digital yang tak terhapuskan. Pendekatan ini lebih cepat, lebih murah, dan secara teoritis lebih aman daripada sistem SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication) saat ini, yang penyelesaian transaksi dapat memakan waktu berhari-hari dan yang baru-baru ini menjadi sasaran pencurian jutaan dollar.

Yuan digital akan didistribusikan dengan cara yang sebagian besar mempertahankan saluran kelembagaan distribusi uang tunai. Namun, selain grup bank komersial tertentu, PBOC (People Bank of China) akan menerbitkan dan menebus mata uang melalui asosiasi perbankan China Union Pay dan penyedia layanan pembayaran Ant Financial (AliPay) dan Tencent (TenPay / WeChat). Bank dan lembaga keuangan ini kemudian akan mendistribusikannya ke bisnis dan individu melalui dompet digital resmi PBOC. Pengguna akan dapat melakukan pembayaran atau mentransfer uang secara online atau offline melalui komunikasi lapangan dekat, dan tidak ada rekening bank yang diperlukan untuk menggunakan dompet digital atau memindahkan uang.

Yuan digital sangat kontras dengan lebih dari 1.600 cryptocurrency yang ada saat ini. Ini adalah mata uang fiat, dirancang untuk digunakan secara luas sebagai pengganti uang tunai. Setidaknya pada awalnya, lembaga keuangan akan diminta untuk mempertahankan rasio cadangan 100% pada mata uang tersebut. Persyaratan cadangan ini menghilangkan risiko penilaian versus yuan berbasis kertas dan mencegah mata uang digital diperdagangkan sebagai sekuritas, rentan terhadap spekulasi. Sesuai dengan peran awalnya sebagai uang tunai yang beredar, yuan digital tidak akan menghasilkan (atau membutuhkan) pembayaran bunga, dan tidak akan menggantikan bagian lain dari suplai uang, seperti deposito bank.

Yuan Digital Pengganti Dollar Amerika?

Upaya China untuk menetapkan yuan sebagai mata uang cadangan telah mencapai kemajuan yang stabil, tetapi terbatas. Pada tahun 2016, ini menjadi mata uang cadangan resmi yang dipegang oleh International Monetary Fund (IMF), dan sekarang menjadi mata uang cadangan terbesar kelima di dunia. Namun, pada akhir 2019, hanya $221,5 miliar yuan disimpan dalam cadangan devisa resmi (2%), dibandingkan dengan $6,8 triliun (62%) dalam dolar AS.

Para pengamat percaya bahwa yuan digital adalah upaya untuk secara substansial meningkatkan status internasional yuan, menjadikannya sebagai mata uang untuk transaksi sehari-hari di seluruh dunia. China memiliki banyak pengungkit yang dapat digunakan untuk memperbanyak penggunaan mata uangnya. Di dalam negeri, penggunaannya bisa diwajibkan untuk mengakses layanan publik, seperti perawatan kesehatan, transportasi umum, dan layanan utilitas. China juga mengisyaratkan bahwa ia ingin mata uang digital digunakan selama Olimpiade Beijing 2022; Banyaknya pengunjung asing memberikan kesempatan untuk mengembangkan penggunaan dompet digitalnya.

Pertanyaan sentral mengenai keberhasilan akhir dari digital yuan adalah apakah orang dan bisnis akan mempercayai pemerintah China sebagai penjaga kekayaan dan privasi mereka. Kepercayaan adalah salah satu aset yang telah menetapkan dollar AS sebagai mata uang internasional utama. Namun, pemerintah China memiliki banyak cara efektif untuk mendistribusikan mata uangnya baik di dalam negeri maupun di luar negeri untuk memastikan penggunaannya secara luas. Selain itu, yuan digital menawarkan fitur — seperti kecepatan, kesegeraan, biaya rendah, dan potensi internasional di mana-mana — yang dapat membuatnya menarik bagi pengguna di seluruh dunia. Seperti yang telah kita pelajari selama era digital, pengguna sering kali lebih dari bersedia untuk memperdagangkan privasi demi kenyamanan.