Bitdefender Rilis Tools Decryptor Ransomware DarkSide Bagi Korban yang Terinfeksi

Tool-Decryptor-Ransomware

Local-Hunter.com - Perusahaan keamanan siber sekaligus pengembang perangkat lunak antivirus, Bitdefender baru saja merilis tool decryptor ransomware DarkSide secara gratis bagi korban maupun perusahaan yang terkena serangan. Decryptor ini dapat memulihkan file yang terenkripsi tanpa harus membayar uang sepeserpun.

Tool decryptor ransomware dipublikasikan secara publik pada Senin kemarin dan tersedia secara bebas tanpa adanya biaya sama sekali bagi siapapun yang terinfeksi oleh ransomware DarkSide. Tool ini secara otomatis akan mendeteksi file yang sudah terinfeksi dan secara cepat akan melakukan dekripsi dengan sendirinya.

Latar Belakang Kelompok DarkSide

Kelompok peretas ini diketahui sudah aktif sejak Agustus 2020 dan masih beroperasi hingga kini. Salah satu forum ternama memosting terkait kelompok ini yang kerap kali melakukan serangan-serangan untuk menginfeksi sejumlah korban terutama dari sektor industri perbankan dan perusahaan besar lainnya.

Kelompok ini menggunakan model Ransomware-as-a-Service (RaaS) yang sudah ditingkatkan untuk bergabung ke dalam lingkungan peretas lainnya.

Sama seperti operator ransomware lain, DarkSide pertama-tama melakukan serangan dengan metode pilihan mereka sendiri, menginstall ransomware dan memaksa korban untuk membayar tebusan, biasanya biaya tebusan yang ia minta dalam lingkup ratusan ribu hingga jutaan dollar AS.

Serangan ransomware utamanya adalah menargetkan perusahaan besar demi meraup keuntungan yang besar juga. Namun, tidak sedikit dari kelompok peretas menyerang pengguna rumahan dengan meminta tebusan yang tidak begitu besar.

Jika para korban tidak ingin membayar uang tebusan, DarkSide mengancam akan membocorkan dokumen sensitif milik perusahaan di jaringan privat milik mereka. Ini adalah sebagai hukuman dan memberi peringatan kepada korban lain agar mereka membayarnya.

Meskipun belum ada kabar mengenai korban terbaru, DarkSide diyakini masih aktif dan terus mencari perusahaan besar untuk melakukan serangan dan menginstall ransomware di sistem internal.

Untuk meminimalisir terjadinya serangan ransomware kembali, Bitdefender memberikan tool decryptor ransomware gratis untuk semua pengguna bahkan yang bukan termasuk korban terinfeksi juga bisa mengunduhnya demi menjaga diri dari serangan brutal itu. Informasi tautan unduhan decryptor ransomware DarkSide sudah disediakan di bawah ini.

Exe DarkSide Decryptor.exe Download

Posting Komentar

0 Komentar