Intip Spesifikasi Chip 5G dari Snapdragon 480 untuk Ponsel Murah

Photo: Snapdragon 480 chip 5G (Qualcomm)

Local-Hunter.com - Qualcomm umumkan jajaran chip series 4xx terbarunya untuk mendukung jaringan 5G dengan harga yang terjangkau. Ini adalah pertama kalinya Qualcomm meluncurkan Snapdragon 480 yang lebih dikhususkan untuk ponsel entry level. Tidak akan lama, chip ini siap digunakan oleh vendor perusahaan ponsel dunia seperti Xiaomi, OPPO, VIVO, Realme dan lain sebagainya.

Sebelumnya di acara IFA bulan November lalu, Qualcomm sudah menyebarkan informasi mengenai kemunculan chip 5G seri 4 yang ditargetkan untuk ponsel murah akan tetapi pengumumannya baru saja diterbitkan hari ini.

Kehadiran Snapdragon 480 bakal jadi pasar baru kemunculan ponsel dengan harga murah. Sebab pasaran ponsel yang menggunakan chip 5G masih tergolong mahal dan hanya dijumpai di kelas flagship. Untuk menutupi kekurangan ponsel kelas bawah, Qualcomm dengan Snapdragon 480 mencoba melakukan yang terbaik bagi pelanggan setianya. Kisaran harga ponsel yang menggunakan chip 5G Snapdragon 480 kemungkinan ditaksir mencapai $250 berdasarkan kurs dollar saat ini.

Snapdragon 480 dibangun atas proses fabrikasi 8nm yang dilengkapi modem Snapdragon X51 dengan dukungan jaringan 5G mmWave dan Sub-6 GHz.

Photo: Spesifikasi Snapdragon 5G (GSMArena)

Snapdragon 480 menjanjikan sudah melakukan peningkatan mulai dari sisi kecepatan, jaringan signal dan aspek lain serta performa jauh lebih baik dibanding generasi sebelumnya, yaitu Snapdragon 460. Peningkatan dilakukan untuk CPU yang menggunakan Kryo 460 berlandaskan Cortex-A76 dengan clock 2.0GHz bersamaan dengan dukungan core A55 agar perangkat menjadi lebih hemat daya.


Peningkatan lain ada pada GPU dengan Adreno 619, Qualcomm memberikan perfoma dua kali lipat jauh lebih cepat kinerja antara CPU dan GPU untuk keperluan AI lebih dari 70% berkat kombinasi Adreno 619, Kryo 460 dan Hexagon 686.

Meskipun chip ini lebih cocok digunakan untuk hp murah, spesifikasi yang dimuat tidak begitu buruh untuk dilakukannya pemasangan ke ponsel terbaru sekalipun. Chip ini menjadi yang pertama dengan dukungan teknologi Quick Charge 4 Plus ditambah dengan refresh-rate 120fps di resolusi layar FHD+ serta kelengkapan sensor kamera dengan resolusi 64MP yang mendukung triple camera ISP.

Munculnya chip 5G, ponsel pertama yang bakal menggunakan Snapdragon 480 diantara lain vendor Vivo, Xiaomi dan OPPO dengan kisaran penjualan harga ponsel 2 juta'an per unit.

Posting Komentar

0 Komentar