Cegah Peretasan Pada Akun, Periksa Data Pribadi Kamu yang Bocor Disini!

Periksa-Data-Pribadi

Local-Hunter.com - Keamanan data pribadi memang sangat penting untuk dijaga agar tidak bocor di internet, karena maraknya kejatahan siber yang menggunakan informasi sensitif dengan tujuan tindakan illegal dan melanggar hukum.

Ancaman serangan siber umumnya dilakukan secara tertarget, artinya pelaku mengincar individu maupun kelompok tertentu yang sudah ia pegang kendali, khususnya berkaitan dengan data sensitif dari keduanya. Informasi sensitif yang dimaksud adalah berupa email, password, nama lengkap, hingga nomor telepon.

Kebocoran data disebabkan oleh peretasan-peretasan yang sering terjadi melalui serangan dengan teknik zero-day exploit, maupun perangkat lunak yang sudah usang lalu dipasangi sebuah malware berbahaya. Dengan ini, pelaku akan mengeksploitasi lebih lanjut dan sampai akhirnya mengancam korban untuk membayar tebusan jika ingin data-data penting aman dan tidak dibocorkan di forum darkweb.

Banyak masyarakat yang belum mengetahui apakah data pribadi miliknya telah bocor di internet atau tidak, korban hanya baru menyadari datanya telah diambil alih oleh pelaku ketika dirinya mendengar bahwa layanan situs web yang sering dikunjungi baru saja diretas. Sebelum pelaku berbuat banyak atas data pribadi yang kamu miliki, silahkan kunjungi situs web yang ada di bawah ini untuk memeriksa data apa saja yang bocor di internet.

Berikut 8 situs periksa data yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa data yang bocor di internet:

1. Periksa Data

Periksa data merupakan situs web yang dapat mendeteksi ada atau tidak insiden kebocoran data pribadi milik individu yang berupa informasi sensitif seperti alamat email. Situs ini dibangun oleh pendiri komunitas Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto.

Maraknya kebocoran data yang terjadi di Indonesia, Ethical Hacker Indonesia berupaya membantu masyarakat Indonesia untuk selalu mengingatkan atas insiden kejahatan siber terutama dalam kasus memeriksa data pribadi.

Oleh karena itu, sadar atau tidaknya akun kita telah bocor sebaiknya periksa melalui situs periksadata.com guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, misalnya pengambil alihan akun hingga reset pabrik yang menyebabkan data akan hilang total.

Untuk memeriksa data melalui situs https://periksadata.com kamu hanya perlu email dan masukkan ke laman website tersebut dan secara otomatis akan mendeteksi situs apa yang telah diretas sebelumnya yang pada akhirnya membocorkan data kamu di berbagai tempat.

2. DeHashed

Situs periksa data selanjutnya adalah DeHashed. Ya, situs ini tidak hanya memeriksa data kamu yang bocor melainkan memberikan informasi seputar kebocoran data dari situs yang pernah diretas sebelumnya. Untuk melihat informasi situs web yang bocor kemudian tinggal pilih menu Data Wells. Kami pun melihat situs Tokopedia dan Kreditplus yang menjadi korban peretasan berujung kebocoran data.

Kamu dapat memeriksa data yang bocor mulai dari email, username, alamat IP, nama, alamat, nomor telepon, dan scan domain. Karena situs ini menampilkan informasi yang lengkap, kamu diharuskan untuk berlangganan jika ingin mencari data bocor secara unlimited tanpa batas. Silahkan periksa data di https://dehashed.com/.

3. Have I Been Pwned

Situs periksa data yang paling populer yaitu dari Have I Been Pwned. Situs ini secara real-time memberikan informasi terbaru seputar kebocoran data dari website perusahaan terbesar yang ada di dunia, mereka mendapatkan data yang bocor melalui postingan-postingan peretas di forum darkweb. Oleh karena itu, ketika memeriksa di situs ini kemungkinan data bocor yang ditampilkan adalah valid.

Setidaknya sudah ada 496 website dan 10 juta akun yang berhasil di identifikasi oleh HIBP. Untuk memeriksa data pribadi yang bocor silahkan kunjungi https://haveibeenpwned.com lalu masukkan alamat email di kolom yang sudah disediakan. Selain periksa email, kamu juga dapat memeriksa password apakah dikategorikan mudah diserang menggunakan teknik brute-force atau tidak.

4. MyPwd

MyPwd dikembangkan langsung oleh perusahaan Axur yang membantu masyarakat yang terpengaruh atas kebocoran data di berbagai website. MyPwd mengambil sample data pribadi yang bocor dari situs web yang tidak dapat diakses oleh mesin telusur konvensional layaknya Google dan Bing. Artinya, seluruh data yang terekam disini berdasarkan postingan peretas di forum darkweb yang berhubungan dengan penjualan database website.

Melalui situs ini, kamu dapat mendeteksi akun email beserta password yang terindikasi sudah diperjual belikan oleh peretas dan cara untuk memeriksa data tersebut silahkan menuju situs web periksa data melalui https://mypwd.io, maka secara otomatis akan terdeteksi oleh sistem mereka bilamana data tersebut pernah bocor.

5. BreachDirectory

BreachDirectory merupakan situs periksa kebocoran data yang paling banyak mengumpulkan sample dari situs web darkweb. Yang berbeda dan unik dari situs ini adalah pembuatnya berasal dari pelajar di India yang bernama Rohan Patra dan telah mengumpulkan puluhan website yang mengalami pelanggaran data.

BreachDirectory memiliki ratusan juta sample password, 8 miliar username, dan 9 miliar alamat email yang di dapat dari 500 website di seluruh dunia. Berdasarkan uji coba yang kami lakukan, informasi yang diberikan cukup valid. Silahkan kunjungi situs BreachDirectory melalui https://breachdirectory.tk/.

6. Hotsheet Inoitsu

Hotsheet Inoitsu merupakan situs periksa data yang dikembangkan oleh Loopbelt LLC dengan memberikan informasi terakurat dari kebocoran data pribadi di internet. Ratusan juta sample yang ia miliki berasal dari Have I Been Pwned ini artinya kedua website memiliki data valid yang serupa, tetapi Inoitsu menambahkan informasi yang bocor termasuk tanggal lahir, alamat email, jenis kelamin, lokasi IP, nomor telepon, username dan alamat rumah.

Kamu dapat mencobanya secara langsung dengan mengunjungi situs https://hotsheet.com/inoitsu/, selanjutnya tinggal isi kan email di kolom yang sudah disediakan di situs tersebut dan lihat data apa saja yang bocor.

7. Firefox Monitor

Tidak mau kalah dengan situs lainnya, Firefox juga mempunyai layanan website pendeteksi pelanggaran data secara otomatis yang simple dan canggih. Firefox dapat memeriksa kebocoran data kamu di internet yang dipublikasikan sejak 2007 melalui sumber pihak ketiga. Ratusan website yang dimasukkan ke daftar Firefox Monitor memiliki nama yang cukup terkenal dan memiliki data pelanggan cukup banyak.

Jika ingin mengetahui apakah data yang kamu miliki pernah bocor atau tidak sebaiknya periksa segera melalui situsnya yaitu https://monitor.firefox.com/, hanya tinggal masukkan email lalu periksa dan nanti akan tampil website-website yang pernah diretas dan dibocorkan datanya oleh sindikat penjahat siber.

8. BreachAlarm

BreachAlarm adalah layanan yang memungkinkan kamu memeriksa secara anonim dari daftar kata sandi yang sebelumnya pernah di posting oleh peretas di forum. Seluruh sample yang dimiliki oleh BreachAlarm berasal dari daftar kata sandi curian yang telah diretas, bocor atau disusupi dan identifikasi memperoleh bahwa kata sandi tersebut juga disinkronkan dengan alamat email pengguna.

Data keseluruhan total akun yang telah diretas mencapai 1,14 miliar dan peretasan kata sandi mencapai 160 juta, data ini akan terus bertambah seiring postingan peretas masih marak dilakukan. Jika kamu ingin memeriksa apakah data tersebut bocor atau tidak, segera kunjungi alamat situsnya di https://breachalarm.com/

Demikian dari daftar situs periksa data yang bocor di internet yang bisa dijadikan acuan untuk selalu mengamankan akun pribadi secara kuat dan aman. Jikalau data kamu sudah pernah bocor dari hasil yang dikeluarkan situs tersebut silahkan mengganti password secepat mungkin. Namun, jika akun pribadi kamu telah diretas berikan keluhan atas masalah itu dan kirimkan langsung kepada provider dimana tempat kamu mendaftarkan email tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar