Samsung Galaxy S21 vs iPhone 11 Pro, Mana yang Terbaik?

harga-spesifikasi-galaxy-s21-dan-iphone11-pro

Local-Hunter.com - Samsung Galaxy S21 baru saja diluncurkan lebih awal dua bulan sebelum Galaxy S20 berusia satu tahun. Unggulan terbaru Samsung memiliki prosesor tercepat untuk ponsel Android dan sistem kamera yang menambahkan sedikit peningkatan pada performa terbaiknya di Galaxy S20.

Yang lebih menarik lagi adalah S21 menurunkan harga level awal menjadi $799,99. Ya, itu adalah uang yang besar, tapi perlu diketahui seri sebelumnya bahwa Galaxy S20 2020 dijual dengan harga $999 yang ternyata berlebihan.

Bagaimana jikalau kita bandingan dengan produk Apple, yaitu iPhone 11 Pro yang dirilis pada tahun 2019. Ini adalah perbandingan yang setara lagipula iPhone 11 Pro masih diandalkan oleh sebagian orang karena desain yang mewah serta kecepatan chip sudah teruji.

Galaxy S21 menyediakan penyimpanan memori sebesar 128GB sedangkan iPhone 11 Pro memberikan penawaran penyimpanan memori sebesar 64GB. Selain memori, Galaxy S21 sudah cukup diunggulkan di sektor jaringan 5G dengan kamera terbaru.

Desain

Apple terkenal karena berpegang pada formula yang sama selama bertahun-tahun dan iPhone 11 Pro sangat mirip dengan iPhone X, yang diperkenalkan pada tahun 2017. Jika kamu mencari hp flagship dengan desain terbaru, Apple bukan pilihan terbaik untukmu.

Tidak ada tip untuk mengetahui fakta bahwa iPhone 11 Pro memiliki lekukan besar di atas layarnya, yang mengganggu. Keuntungannya adalah teknologi Face ID yang masih bekerja dengan baik untuk membuka layar ponsel hanya dengan melihatnya.


Ini memiliki bezel seragam di sekeliling layar, yang mungkin hanya sedikit di sisi yang tebal, tetapi setidaknya memberikan perlindungan yang baik dari sentuhan yang tidak disengaja. Jika dilihat dengan seksama, bezel atas iPhone 11 Pro terlihat sedikit tebal.

Sementara Galaxy S21 juga menghilangkan tampilan Curved Edge, menurut sebagian penggemarnya ini adalah salah satu kekurangan pada desain. Meskipun Curved Edge sudah tidak lagi dimunculkan, ini tidak mengganggu sama sekali.

Body ponsel ini juga tidak memiliki lekukan apapun, hanya potongan kecil untuk kamera selfie di bagian atas, yang terlihat elegan, canggih, dan berteknologi tinggi. Galaxy S21 mengandalkan fingerprint sidik jari di bawah layar untuk membuka kunci layar yang dianggap lebih mudah digunakan.

Display

Dalam hal ukuran layar, Galaxy S21 terdengar seperti memberikan sedikit lebih unggul dengan tampilan diagonal 6,2 inci daripada iPhone 11 Pro dengan 5,8 inci. Namun perlu diingat bahwa Galaxy S21 memiliki layar yang sedikit "lebih tinggi" - rasio aspeknya adalah 20: 9, dibandingkan dengan 19,5: 9 pada iPhone 11 Pro.


Tipe layar yang digunakan Samsung Galaxy S21 adalah Dynamic OLED 2X HDR10+ 1300 nits dan lagi-lagi Galaxy S21 unggul dibandingkan iPhone 11 Pro yang menggunakan tipe layar Super Retina XDR OLED HDR10 1200 nits

Tentu saja, perbedaan utamanya adalah layar Samsung dapat mencapai kecepatan refresh 120Hz. Scrolling dan animasi sangat halus sedangkan iPhone 11 Pro belum memiliki kesetaraan dengan Galaxy S21 5G.


Kamera

Galaxy S21 menggunakan sistem kamera pendahulunya yaitu Galaxy S20. Ini berarti sudut kamera lebar utama mencapai 12 MP, kamera ultrawide 12 MP, dan kamera 64 MP dengan zoom hybrid 3x untuk bidikan potret "telefoto-esque".

Itu bukan hal yang buruk - Galaxy S20 memiliki kamera yang fantastis secara keseluruhan, dengan Mode Potret yang bagus, Mode Malam tersedia untuk semua kamera, dan perekaman audio yang bagus.

Sementara kamera iPhone 11 Pro masih luar biasa dan dapat diandalkan, tetapi fiturnya terasa agak ketinggalan jaman. Mode Malam hanya tersedia di kamera lebar utama, bukan telefoto, ultrawide, atau penembak selfie. Juga, ia tidak memiliki jumlah mode tangkapan foto seperti yang dimiliki S21.

Meskipun tidak memiliki pilihan mode untuk gaya mode foto, akan tetapi ada fitur seperti Deep Fusion dan Smart HDR yang membantu tetap bertahan dan menghasilkan beberapa gambar yang fantastis. Artinya, iPhone 11 Pro masih dapat diandalkan dan bersaing dipasaran.

Dua kamera ultrawide berperan saat kamu ingin mengambil beberapa gambar lanskap atau bidikan artistik. Penembak kamera ultrawide Galaxy S21 memiliki fokus otomatis yang jauh lebih halus dan luar biasa seperti menjepret foto menggunakan DSLR.

Spesifikasi


Galaxy S21 ditenagai prosesor mumpuni yang baru saja diluncurkan beberapa hari lalu. Ini didukung oleh chipset Snapdragon 888 terbaru dari Qualcomm untuk pengguna AS dan prosesor Samsung Exynos 2100 untuk pasar internasional. Kedua chip ini dibangun dengan proses 5 nm, yang berarti lebih hemat energi namun lebih cepat daripada generasi sebelumnya. Menurut skor AnTuTu, Galaxy S21 mencapai skor tertingginya yaitu 584055 (v8) dan skor GeekBench 3238 (v5.1).


IPhone 11 Pro memiliki bagian chip bernama A13 Bionic Apple, dibuat dengan proses 7 nm. Chip tersebut masih cukup cepat dan tidak mengalami masalah baik itu untuk bermain game, mengedit video di ponsel, atau sekadar browsing biasa. Artinya - A13 mungkin semakin tua dalam standar usia smartphone, tetapi sama sekali tidak menjadi lambat. Jika dilihat dari performa, skor AnTuTu iPhone 11 Pro hanya mencapai 460784 (v7) sementara skor GeekBench menyentuh angka skor 13829 (v4.4).

Galaxy S21 memiliki RAM 8 GB karena multi-tasking sering berada dalam daftar prioritas tinggi untuk perangkat Samsung dan dilengkapi dengan penyimpanan minimal 128 GB. Cukup banyak ruang untuk game, video, dan file.

IPhone 11 Pro mulai dari penyimpanan 64 GB, yang OK untuk sebagian besar kasus penggunaan, tetapi terasa agak pelit di 2021. Selain itu, iPhone memiliki 4 GB RAM, karena iOS suka membekukan aplikasi latar belakang dan tidak memerlukan RAM ekstra untuk memberikan ilusi multi-tasking.

Baterai

Seperti pada hp flagship lain, Samsung juga menerapkan kapasitas baterai yang tidak begitu besar apalagi pada produk yang satu ini, Galaxy S21. Kapasitas yang tersedia hanya 4000mAh namun dilengkapi dengan fast charging 25W, Fast Qi/PMA wireless charging 15W dan Reverse wireless charging 4.5W.

Sedangkan untuk iPhone 11 Pro di bawahnya Galaxy S21 yakni 3046mAh dengan kemampuan fast charging 18W. Apple dikenal dengan desain dan harga yang fantastis. Jadi, berbicara kapasitas baterai tampaknya tidak ada yang spesial di sini.



Posting Komentar

0 Komentar