Programmer Asal Prancis Mengirim Sumbangan $500K Bitcoin untuk Aktivis di Amerika

Programmer-transaksi-$500K-Bitcoin

Local-Hunter.com - Programmer komputer asal Prancis mentransfer lebih dari $500.000 Bitcoin ke aktivis sayap kanan sebelum kematiannya bulan lalu, termasuk beberapa yang terlibat dalam kerusuhan Capitol pekan lalu.

Pria Prancis berusia 35 tahun itu menjadwalkan ingin melakukan bunuh diri untuk diposting di blog pribadinya pada hari berikutnya dan kematiannya pada 8 Desember dikonfirmasi oleh salah satu kerabatnya ke situs Prancis 20menit.

Catatan bunuh diri mengungkapkan bahwa ia sakit kronis dan ingin menyerahkan kekayaannya untuk 'menyebabkan dan orang-orang tertentu' ketika ia menyesali 'pelanggaran terhadap kebebasan sipil yang belum pernah terjadi sebelumnya yang berasal dari Pandemi Covid-19 dan Black Lives Matter.

Chainalysis, sebuah perusahaan yang menyelidiki transaksi bitcoin, menemukan bahwa mayoritas 22 transaksi hingga 18 dompet pada 8 Desember jatuh ke tangan Nick Fuentes, pemberi pengaruh internet sayap kanan.

Fuentes adalah di antara kerumunan kerusuhan di Washington D.C. tetapi ditolak menjadi bagian dari massa mematikan yang menginvasi Capitol.

Chainalysis, sebuah startup yang berbasis di New York, yang berspesialisasi dalam memerangi pencucian uang dan penipuan di ruang mata uang digital, meluncurkan investigasi setelah berita Yahoo mengatakan mereka memberi data transaksi tentang transaksi.

"Kami juga telah mengumpulkan bukti bahwa sangat menunjukkan bahwa donor adalah programmer komputer yang sekarang telah meninggal berdasarkan Prancis," kata Chainalysis dalam laporan itu.

Transaksi dilakukan oleh tersangka donor Perancis dengan dikirim ke dompet perantara aktif sejak 2013, 'menunjukkan bahwa donor ekstremis adalah pengguna bitcoin yang relatif awal yang kepemilikannya telah tumbuh secara signifikan'.

Chainalysis menggunakan intelijen sumber terbuka untuk menemukan alamat bitcoin yang ditautkan dengan dompet perantara ini terdaftar pada NOOTID, dengan nama samaran 'Pankkake' sebagai nama pengguna.

Nama pengguna ini ditautkan ke alamat email yang terkait dengan blog programmer komputer Prancis.

Posting terakhir di blog adalah teks berjudul 'End Note' yang berisi catatan bunuh diri yang sama sebagaimana dimaksud dalam Laporan Rantai.

Rantai tidak melepaskan identitas pria itu tetapi situs web dan catatan bunuh diri dilacak dan dapat diidentifikasi oleh dailymail.com sebagai milik seorang pria bernama Laurent Bachelier.

Seorang jurnalis Associated Press juga dilaporkan telah menemukan blog dan nada kuku.

Rumah pemakaman menerbitkan obituari, termasuk informasi pemakaman, tetapi kemudian menghapusnya; Versi cache masih dapat ditemukan di Internet, Tekan Associated ditambahkan.

Dan pada hari Jumat, relatif dikonfirmasi hingga 20 menit bahwa ia telah meninggal karena bunuh diri pada hari transaksi dilakukan dan bahwa mereka menganggap catatan bunuh diri asli.

Investigator federal di Amerika Serikat sekarang mencari kemungkinan 'koordinasi atau perencanaan' sebelum kerusuhan.

Mereka menambahkan bahwa mereka menggunakan sejumlah metode yang mereka terapkan secara teratur dalam investigasi kriminal, termasuk memeriksa transaksi keuangan dan catatan ponsel dan perjalanan.

Michael Sherwin, pengacara AS di Washington, mengatakan para peneliti juga memeriksa apakah ada 'komando dan kontrol', dan dia berjanji untuk mengajukan klaim jika jaksa dapat membuktikan konspirasi.

Posting Komentar

0 Komentar