5 Penyebab Nilai CPC/BPK Adsense Rendah, Kenapa Bisa?

Penyebab-Nilai-CPC-Adsense-Turun

Local-Hunter.com - Sebagian blogger mengeluh dengan turunnya nilai CPC/BPK pada akun Adsense yang mereka miliki. Sebenarnya nilai CPC rendah wajar atau tidak sih? Nah pertanyaan semacam ini banyak dijumpai di komunitas maupun forum yang masih kepo terhadap mengapa nilai CPC turun drastis. Baiklah, LocalHunter akan mengulasnya hingga akhir. Simak terus ya.

Nilai CPC Adsense yang rendah itu adalah hal yang wajar, tidak sedikit juga para publisher berpengalaman merasakan hal yang sama setiap tahun, karena naik turun grafik yang tidak bisa ditentukan apakah nilai CPC terus tinggi atau malah turun drastis.

Sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan mengenai masalah nilai CPC yang rendah, ini terjadi di awal tahun saja dan selebihnya akan normal kembali dan ini dialami oleh semua publisher Adsense. Berikut ini adalah penyebab menurunnya nilai CPC Adsense pada blog lokal.

Penyebab Nilai CPC Adsense Turun Drastis

1. Awal Tahun Budget Pengiklan Dibatasi

Penyebab utama dari nilai CPC Adsense menjadi rendah adalah budget iklan harian dari pengiklan diperkecil guna menghemat keuangan perusahaan. Alasan dibalik itu semua ialah semua budget sudah dikeluarkan di akhir tahun secara besar-besaran. Entah itu iklan berdasarkan konten relevan maupun yang tidak.

Seperti yang kita ketahui, Desember merupakan bulan yang paling dinanti antara advertiser dan publisher Adsense, karena keduanya saling memberikan timbal balik yang memuaskan. Hari libur Natal, hari belanja online dan perayaan tahun baru yang membuat sebagian advertiser memanfaatkan momentum yang tepat untuk memberikan imbalan kepada penayang iklan dalam hal ini adalah nilai CPC yang tinggi.

Jadi, ketika penerbit iklan sudah menghabiskan sejumlah balance saldo, maka di awal tahun budget yang akan digunakan pasti akan dibatasi demi meminimalisir terjadinya keborosan yang besar. Jika pemasang iklan memasang budget rendah dan tidak memasangkan iklan kepada publisher Adsense maka iklan tidak akan ditampilkan dalam jumlah banyak dan ini mempengaruhi nilai CPC Adsense secara signifikan.

2. Lokasi Geografi

Blog lokal tidak ada yang bisa diharapkan lebih untuk mendapatkan nilai CPC yang sangat tinggi, nyatanya banyak publisher Adsense yang memiliki nilai CPC paling tidak sekitar Rp500 - Rp5.000 dan itupun sangat sulit sekali bagi yang baru disetujui menjadi partner Google Adsense. Mau tidak mau jika ingin meningkatkan nilai CPC wajib menargetkan pengunjung dari luar Indonesia seperti Amerika maupun Eropa, karena negara-negara tersebut menggunakan mata uang dollar yang dapat mendobrak nilai CPC.

3. Topik Pembahasan

Yang satu ini tidak ketinggalan, niche web atau topik pembahasan pada suatu web sangat mempengaruhi tinggi atau rendahnya nilai CPC atau BPK Adsense. Kebanyakan blogger saat ini membuat konten yang membahas teknologi gadget, finansial, keuangan, game maupun perkembangan IT yang cakupannya sangat luas. Topik semacam ini memberikan nilai positif bagi tingginya nilai CPC. Akan tetapi jika blog yang kamu miliki membahas selain yang sudah disebutkan, pasti hasilnya rendah seperti niche pendidikan.

4. Pemblokiran Iklan Secara Massal

Google Adsense memiliki fitur kontrol pemblokiran iklan, dengan ini publisher secara bebas dapat melakukan blokir iklan dari pengiklan tertentu, kamu akan menjumpai belasan daftar nama kategori iklan yang bisa diblokir atau disetujui untuk menampilkan iklan di situs web. Hal tersebut sangat berguna sekali untuk menayangkan iklan sesuai konten pembahasan, tetapi jika kamu memblokir iklan secara massal maka dampaknya adalah nilai CPC akan merosot terjun bebas.

5. Ukuran dan Penempatan Iklan

Penayang iklan sangat berharap kepada publisher untuk memberikan tayangan yang tepat kepada pengunjung guna memberikan dampak klik yang secara langsung akan diarahkan ke halaman situs si penayang tersebut. Jika itu berhasil dilakukan maka nilai CPC yang akan kamu dapatkan akan tinggi. Sebaliknya, jika ukuran dan penempatan yang dipasang tidak tepat maka klik iklan sedikit dan nilai CPC pun rendah.

Jadi, penyebab nilai CPC Adsense rendah tidak perlu dikhawatirkan secara berlebih. Kamu hanya perlu mengoptimalkan kualitas konten yang lebih baik lagi agar iklan yang ditayangkan secara otomatis akan relevan dengan konten pembahasan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar