Bongkar! Inilah Sosok Pendiri Perusahaan Grab Toko Indonesia


Local-Hunter.com - Kehadiran Grab Toko Indonesia membuat geger jagat maya, sebab eCommerce yang baru saja dibuat memposter diskon besar-besaran untuk produk elektronik seperti ponsel, laptop dan perlengkapan konsol gaming lainnya.

Bukan hanya satu atau dua orang yang merasa dirinya telah ditipu melainkan sudah banyak dan mungkin saja belum speakup mengenai masalah ini, karena dari pihak Grab Toko sendiri akan melakukan pengiriman barang, tetapi hal ini terus diundur hingga tidak ada kejelasan lebih lanjut.

Viralnya pemberitaan yang menaikkan nama Grab Toko, tampaknya mereka merespon dengan menghapus seluruh akun sosial media mulai dari Fanpage, Instagram bahkan situs resminya yang beralamatkan https://grabtoko.com tak bisa diakses hingga artikel ini dibuat.

Yudha Manggala Putra selaku Managing Director dari PT Grab Toko Indonesia angkat bicara melalui akun Instagram @grabtokoid sebelum akun resminya ditutup. Ia menuliskan:

"Saya Yudha Manggala Putra. Managing Director PT Grab Toko Indonesia. Meminta maaf atas keterlambatan respon dari pihak grabtoko, saat ini kita sedang melaporkan investor grabtoko atas penggelapan uang konsumen ke Mabes Polri di Trunojoyo Jakarta Selatan. Nomor laporan menyusul setelah penyelidikan".

Dari tulisan yang ia buat, sepertinya ini hanya pengalihan untuk melarikan diri dari permasalahan. Sebab konsumen yang mengeluhkan barang belum di kirim juga tidak direspon sebagaimana mestinya. Ungkapan keluhan ini banyak disampaikan oleh warganet di Twitter yang selaku korban penipuan Grab Toko atas transaksi jual beli smartphone.

Pendiri Grab Toko Indonesia

Berdasarkan informasi yang di dapat, PT Grab Toko Indonesia sudah terdaftar di Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) yang disahkan pada tanggal 27 November 2020. Lokasi yang terdaftar atas nama grabtoko diketahui berada di Jalan 12th Floors Jalan HR Rasuna Said Kaveling X7 No 6, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan. Informasi lanjutan yang di dapat dari data Ditjen AHU yaitu nomor telepon resmi dari Grab Toko 081807936780.

Modal yang disetorkan perusahaan tersebut senilai Rp80 juta dan tercantum juga nama Agung Narendra Putra selaku komisaris perusahaan yang memiliki nilai saham sekitar Rp39,2 juta sedangkan dari Yudha Manggala Putra yang diketahui sebagai Managing Director Grab Toko memiliki 408 lembar saham atau sekitar Rp40,8 juta.

Berdasarkan informasi whois, website grabtoko.com baru saja dibuat tepatnya pada tanggal 24/11/2020 dan pada pukul 17:22:08 WIB. Situs grabtoko.com dibuat menggunakan CMS WordPress v5.6 dengan menggunakan plugin WooCommerce. Untuk setelan backend, Grab Toko menggunakan PHP sebagai pemrograman yang dibuatnya sekaligus terintegrasi web server apache dan MySQL sebagai databasenya.

Saat ini informasi yang digali belum sepenuhnya dapat dilakukan sebab eCommerce yang baru lahir ini telah menghapus akun sosial media, serta keinginan untuk melarikan diri dari kecaman konsumen yang mengalami kerugian puluhan juta  rupiah di awal tahun 2021.

Sampai detik ini belum ada informasi lebih lanjut terutama dari pihak kepolisian untuk mengusut dugaan penipuan yang dilakukan oleh Grab Toko Indonesia. Namun untuk menghindari transaksi yang lebih meluas, pihak Bank BCA telah membekukan nomor rekening atas nama PT Grab Toko Indonesia.