Situs NMAP Jadi Korban 'Salah Sasaran' Pemblokiran Google SafeBrowsing

nmap.org-blocking-safebrowsing
Photo: NMAP (Twitter)

Local-Hunter.com - Situs nmap.org beberapa hari yang lalu jadi korban salah sasaran pemblokiran dari Google SafeBrowsing yang dianggap sebagai ancaman siber berbahaya bermuatan informasi sensitif. NMAP.org dilabeli oleh SafeBrowsing sebagai malware, kode phising dan eksploitasi berbahaya.

Nmap.org adalah jejaringan situs web berbasis open source yang memiliki segudang manfaat bagi penggiat cybersecurity karena situs tersebut menyediakan puluhan tool network security seperti Metasploit, w3eaf, Core Impact, Sqlmap, Canvas, Social Engineer Toolkit, Netsparker, BeEF, dan WebGoat. Ada beberapa kategori lain yang disebarkan secara publik yaitu Antimalware, Application-spesific scanners, Firewall, Forensics, Encryption tools, Wireless Tools, Traffic monitoring dan lain sebagainya.

Tim project nmap mengungkapkan dan menceritakan kejadian ini secara publik di akun sosial media, Twitter, ia menuliskan :

"Minggu lalu Google Chrome secara tidak sah memblokir 24-tahun kode sumber L0phtcrack dari arsip sejarah kami sebagai "malware". Yang itu telah diperbaiki, tetapi masih membuat frustasi ketika perusahaan Teknologi Besar memblokir konten dengan sembarangan." Jum'at (22/02/2021).

Akibat dari salah pemblokiran dari Google SafeBrowsing, seluruh direktori project nmap diblokir dan tidak bisa diakses secara normal. Jika dijumlahkan sekitar 458 file yang menjadi korban label sebagai malware termasuk nmap versi 7.91 yang terbaru.

Peringatan nmap adalah yang terbaru dari serangkaian insiden pelabelan yang salah oleh Google SafeBrowsing. Meskipun program ini dimaksudkan untuk memperingatkan pengguna akan situs web dan unduhan berbahaya.

Namun, tim project NMAP sudah mengklarifikasi bahwa masalah ini sudah selesai dan seluruh direktori dapat diakses kembali. Jadi, ini hanya kesalahpahaman bukan berarti situs nmap.org terdapat malware berbahaya.



Di YouTube, pakar keamanan siber sekaligus penggiat bug bounty hunter, Stök telah ditandai dua kali karena memberikan yang dianggap sebagai tautan berbahaya.

Stök menyimpulkan kesalahpahaman yang dibuat oleh Google dan YouTube dengan menyamakan hacker = cybercriminal, padahal hacker yang ia maksud adalah penelitian keamanan siber bukan sumber kejahatan terlebih lagi ia juga memberikan edukasi kepada banyak orang melalui channel pribadinya.

Posting Komentar

0 Komentar