HOT: Nomor Telepon Pengguna Web WhatsApp Terindex di Google Search


Local-Hunter.com - Masalahnya sepertinya tidak berakhir untuk WhatsApp dalam waktu dekat. Setelah obrolan grup, WhatsApp diduga mengungkapkan nomor telepon dari pengguna web di Google Search melalui pengindeksan. dan temuan lainnya yaitu grup WhatsApp telah muncul di pencarian Google, yang berarti bahwa siapa pun dapat menemukan grup dan bergabung dengan pencarian grup di Google Search.

Sesuai dengan temuan peneliti keamanan Rajshekhar Rajaria, nomor telepon web WhatsApp telah muncul di Google Search. WhatsApp adalah aplikasi seluler tetapi aplikasi juga dapat digunakan pada laptop dan PC. "Kebocoran terjadi melalui WhatsApp di web. Jika seseorang menggunakan WhatsApp pada laptop atau pada PC Office, nomor ponsel diindeks pada pencarian Google. 

"Ini adalah nomor ponsel dari pengguna individu, bukan nomor bisnis," kata Rajaharia kepada IANS . Dia juga berbagi beberapa screenshot dengan publikasi. Agak khawatir karena banyak profesional mengakses WhatsApp dari laptop dan PC mereka.

Nomor-telepon-Web-WhatsApp-ditemukan-di-Google

Beberapa hari yang lalu, tautan obrolan grup tersedia di Google Search. Akibatnya, siapa pun dapat mencari nama grup di Google dan bergabung dengan grup di WhatsApp menggunakan tautan. Masalah ini muncul karena pengindeksan tetapi sekarang tautan obrolan grup Whatsapp sekarang telah dihapus dari Google.

"Meskipun WhatsApp menyarankan pengguna dan memberi tahu Google untuk menghapus tautan obrolan grup yang sebelumnya terbuka, nomor ponsel melalui aplikasi WhatsApp Web sekarang diindeks pada pencarian Google," kata Rajaharia dalam sebuah pernyataan. Namun, WhatsApp segera menyadari kerentanan dan mengeluarkan pernyataan.

WhatsApp berkata, "Sejak Maret 2020, WhatsApp telah memasukkan tag "No Index" pada semua halaman tautan dalam yang oleh Google akan mengecualikannya dari pengindeksan. Kami telah memberikan tanggapan kami kepada Google untuk tidak mengindeks obrolan ini. Sebagai pengingat, setiap kali Seseorang bergabung dengan sebuah grup, semua orang dalam grup menerima pemberitahuan dan admin dapat mencabut atau mengubah tautan undangan grup kapan saja.

"Seperti semua konten yang didistribusikan dalam saluran publik yang dapat dicari, tautan undangan yang diposting di depan umum di Internet dapat ditemukan oleh pengguna WhatsApp lainnya. Tautan yang ingin Anda bagikan oleh pengguna secara pribadi dengan orang-orang yang mereka kenal dan yakini tidak boleh diposting di public dapat diakses secara publik Situs web, "pernyataan itu kemudian dibaca.

Masalah serupa muncul pada November 2019. Obrolan Grup telah muncul di Google Search. Namun, masalah dilaporkan oleh peneliti keamanan ke Facebook dan telah diperbaiki.

Posting Komentar

0 Komentar