7 Meta Tag SEO Paling Berpengaruh untuk Situs Blog

daftar-meta-tag-terbaik

Local-Hunter.com - Meta tags adalah sebuah teknik yang harus ada di setiap website guna memudahkan mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex dan lainnya untuk melakukan crawling dengan mudah sehingga website kamu akan cepat ditemukan dan dalam waktu dekat akan muncul di halaman pencarian. Oleh karena itu, mari kita akan membahas serba-serbi meta tags pada situs blog. Simak sampai habis yaa.

Meta tag sangat penting untuk diterapkan karena ini akan mempengaruhi situs yang kamu miliki di SERP mesin pencarian. Algoritma canggih dari mesin pencari akan mendeteksi sebuah meta tag dan kata kunci yang dicari oleh pengunjung, semakin tepat kamu menggunakan keduanya maka website kamu akan mendapatkan jumlah klik yang banyak. Tidak hanya itu, penggunaan meta tag juga mempengaruhi nilai SEO dan peringkat website di halaman pencarian.

Jika kamu baru saja memulai dunia blogging, maka artikel ini akan membantu kamu dalam membangun sebuah website agar mudah dicari dan ditemukan oleh orang lain. Sebelum membuat artikel ini, kami sudah melakukan survey terhadap situs besar terutama portal berita karena merekalah yang setiap hari muncul di pageone Google.

Berikut ini adalah alasan mengapa kamu harus mementingkan meta tag untuk mendapatkan penelusuran yang jauh lebih baik.
  • Meta tag sangat bermanfaat dalam membantu Google untuk memahami dan menelusuri halaman website sehingga menampilkannya di halaman penelusuran berdasarkan kata kunci dari pengunjung.
  • Meta tag juga berguna untuk meningkatkan kata kunci berkualitas sehingga Google akan menemukan situs website kamu di halaman penelusuran dengan cepat berkat gabungan di antara keduanya.
  • Atribut meta tag juga mampu mendapatkan peringkat SERP dan meningkatkan performa SEO pada website sehingga kamu akan mendapati kunjungan yang lebih banyak setiap harinya.

Meta Tag SEO Terbaru

Kami sudah mengumpulkan meta tag seo terbaik dari situs-situs besar di antaranya sebagai berikut:
  • Title Tag
  • Meta Keywords
  • Meta Description
  • Meta Googlebot
  • Meta Robots
  • Meta Msvalidate.01
  • Meta Language

1. Title Tag

Penggunaan title tag sebenarnya sudah dimiliki masing-masing website dan letak meta tag tersebut di antara kode <head> </head>. Meta tag inilah yang akan membantu pengunjung untuk menemukan artikel yang relevan dengan apa yang ia cari.

Contoh kode:

<title>
Meta Tag SEO 2021
</title>

Ada hal lain yang harus kamu perhatikan, yakni panjang title tag tersebut tidak melebihi dari 60 karakter. Jika kamu menggunakan judul artikel yang terlalu panjang, mesin pencari akan memangkasnya dan pengunjung tidak akan bisa membaca semua judul artikel.

Ada sedikit tips yang bisa kamu coba dalam melakukan praktik SEO di title tag, yaitu buatlah judul semenarik mungkin seperti "Review", "Spesifikasi", "Daftar HP", "Terbaik" dan lain sebagainya. Mengapa demikian? Penggunaan kata kunci seperti itu akan menarik perhatian dari si pengunjung bahwa website kamu sedang membahas apa yang sedang dicari olehnya. Ini juga termasuk SEO tertarget yang paling ampuh dan paling sering digunakan di situs besar.

2. Meta Keywords

Meta keywords yang ada pada website akan membantu mesin pencari dalam menemukan konten artikel yang relevan berdasarkan kata kunci yang dicari oleh pengunjung. Gunakan kata kunci yang sesuai dengan niche blog agar mesin pencari dapat memunculkannya kepada pengunjung yang mencari kata kunci tertentu. Akan tetapi, meta keywords seringkali dipermainkan dengan memasukkan kata kunci sebanyak mungkin agar website tersebut muncul di halaman pencarian. Alhasil algoritma Google tidak 100 persen berfokus pada meta keywords melainkan judul dan deskripsi.

Contoh kode:

<meta name="keywords" content="localhunter, malware, tekno" />

Praktik terbaik dalam membuat meta tag keywords adalah tidak lebih dari 15 kata kunci di satu halaman. Jika melebihi dari dari saran itu, Google sama sekali tidak akan membantu dalam penelusuran dan bisa juga dianggap sebagai situs spam karena mengambil kata kunci yang tidak sesuai dengan kategori pembahasan situs tersebut. Perlu dipahami, ini adalah saran terbaik dan hingga saat ini belum ada aturan Google mengenai hal itu. Akan tetapi, mencegah dari sesuatu yang buruk itu jauh lebih baik.

3. Meta Description

Jika kamu sering mencari sesuatu di internet pasti ada sedikit penjelasan di bawah nama judul, itulah yang dinamakan meta description. Meta description berada di atribut HTML di antara kode <head> ----- </head>. Bagi pengguna platform blogger, ada dua meta description yang harus kamu pahami. Pertama deskripsi penelusuran dan deskripsi website.

Contoh kode:

<meta content='Ini adalah meta tag deskripsi pada website secara keseluruhan' property='og:description'/>

<meta content='Ini adalah meta tag deskripsi penelusuran di blogger. ' name='description'/>

Cara mengetahui meta tag description pada blog yaitu dengan menekan tombol CTRL+U di halaman website lalu cari lah kode tag tersebut. Jika hanya menemukan satu meta description, bukalah satu artikel dan lakukan CTRL+U kembali, pasti akan menemukannya.

Praktik terbaik dalam membuat deskripsi penelusuran di blog adalah berikan kata kunci yang relevan dan sesuai pembahasan yang ada di artikel tersebut. Usahakan penulisan kata kunci dimuat sebelum mencapai batas maksimal 150 karakter.

4. Meta Googlebot

Meta tag googlebot dirancang khusus untuk menelusuri halaman website di mesin pencarian Google. Semua halaman dan artikel akan di indeks dengan meta tag ini. Cara kerjanya tidak berbeda dengan meta tag robots, akan tetapi untuk googlebot hanya bekerja diatas mesin pencari Google.

Contoh kode:

<meta name="googlebot" content="..., ..." />

Berikut ini adalah nilai yang bisa kamu pakai dalam penggunaan meta tag googlebot pada website.
  • index (Memaksimalkan mesin pencarian untuk melakukan indeks di halaman website)
  • follow (Memaksimalkan mesin pencarian melakukan crawling di seluruh tautan website)
  • noindex (Mencegah mesin pencarian melakukan indeks)
  • nofollow (Mencegah mesin pencarian melakukan crawling di seluruh tautan website)
  • nosnippet (Cuplikan teks atau video di halaman artikel tidak akan ditampilkan)
  • max-snippet (Membatas cuplikan teks pada sebuah halaman)
  • noarchive (Tidak akan menampilkan tautan Cached di halaman penelusuran)
  • noimageindex (Mencegah pengindeksan untuk gambar agar tidak dimuat di halaman penelusuran)
  • none (Setara dengan noindex, nofollow)
  • all (Setara dengan index, follow)

5. Meta Robots

Kamu bisa melakukan setelan untuk mengizinkan artikel atau halaman tertentu untuk di indeks atau tidak dengan menggunakan meta tag robots. Secara default, meta tag ini sudah dikonfigurasi untuk mengizinkan semua mesin pencari mulai dari Google, Bing, Yandex dan lain sebagainya untuk melakukan crawling dan pengindeksan. Akan tetapi, kamu bisa mencegah mesin pencari untuk tidak mengikuti tautan di seluruh website. Kode meta tag robots bisa dijumpai di antara tag <head> ----- </head>. Jika pengguna blogger, meta tag robots otomatis sudah terpasang di alamat situs, misalnya https://www.alamatblog.com/robots.txt

Contoh kode: 

<meta name="robots" content="......" />

Berikut tata cara menggunakan meta tag robots yang baik dan benar untuk situs blog.

1. <meta name="robots" content="index, follow" />
2. <meta name="robots" content="all" />
3. <meta name="robots" content="max-snippet:-1, max-image-preview:1" />

Apabila kamu ingin mencegah mesin pencari untuk melakukan crawl pada halaman website dan tidak mengizinkan terjemahan, gunakan cara ini.

1. <meta name="robots" content="noindex, nofollow" />
2. <meta name="robots" content="none" />
3. <meta name="robots" content="noarchive" />
4. <meta name="robots" content="notranslate" />
5. <meta name="robots" content="noimageindex" />
6. <meta name="robots" content="nosnippet"/>

6. Meta Msvalidate.01

Sama seperti halnya meta google-site-verificatio, msvalidate.01 ini juga berfungsi untuk melakukan crawling dan pengindeksan namun dikhususkan mesin pencari Bing besutan Microsoft. Untuk membuat tag msvalidate.01 kamu diharuskan melakukan pendaftaran di situs resminya yaitu https://www.bing.com/toolbox/webmaster.

Contoh kode:

<meta name=”msvalidate.01″ content=”0123456789abcdef” />

7. Meta Language

Meta tag language atau meta tag bahasa tidak terlalu penting bagi sebuah website, akan tetapi ini masih berguna bagi pengunjung dari negara tertentu. Tag ini akan mengklasifikasikan sebuah bahasa pada halaman website berdasarkan negara yang menjadi target audiensnya. Meta language ini berada di bagian kode tag <head> ----- </head>. 

Contoh kode:

<meta content='id' name='language'/>
<meta content='en_GB' name='language'/>

Selain kode diatas, Google merekomendasikan menggunakan konditional hreflang, sebagai berikut:

<link rel="alternate" hreflang="en-gb" href="http://en-gb.contoh.com/halaman1.html" />
<link rel="alternate" hreflang="id" href="http://id.contoh.com/halaman1.html" />

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?>
<urlset xmlns="http://www.sitemaps.org/schemas/sitemap/0.9"
  xmlns:xhtml="http://www.w3.org/1999/xhtml">
  <url>
    <loc>http://www.alamatblog.com/indonesia/page.html</loc>
    <xhtml:link 
               rel="alternate"
               hreflang="id"
               href="http://www.alamatblog.com/indonesia/page.html"/>
    <xhtml:link 
               rel="alternate"
               hreflang="en"
               href="http://www.alamatblog.com/inggriss/page.html"/>
  </urlset>

Nah itulah meta tag yang harus ada di website baik itu menggunakan CMS Blogger ataupun WordPress, guna memudahkan mesin pencari seperti Google menemukan situs web di halaman penelusuran. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar