Janet Yellen: Cryptocurrencies Mampu Memperkuat Sistem Keuangan dan Meminimalisir Aktivitas Ilegal

Photo: Janet Yellen (CoinDesk)

Local-Hunter.com - Menteri Keuangan AS Janet Yellen merilis pernyataan yang mengatakan bahwa cryptocurrency dan aset digital dapat meningkatkan efisiensi sistem keuangan.

“Bitcoin dan aset digital serta mata uang kripto lainnya memberikan kemampuan untuk melakukan transaksi keuangan di seluruh dunia. Seperti perkembangan teknologi lainnya, cryptocurrency menawarkan potensi keuntungan bagi Amerika Serikat dan sekutu kita, ”kata Janet Yellen.

Dia menekankan bahwa mata uang kripto juga memberikan peluang baru bagi negara bagian lain untuk "berusaha mengubah sistem keuangan yang ada." Secara terpisah, dia menyoroti Bank Nasional China, yang sedang mengembangkan yuan digital.

“Sangat penting untuk mempertimbangkan manfaat aset digital dan potensi peningkatan efisiensi sistem keuangan kita. Kita sudah tahu bahwa cryptocurrency dapat digunakan untuk membiayai terorisme, pencucian uang dan mendukung kegiatan kriminal, yang merusak keamanan nasional AS dan interaksi sistem keuangan Amerika dengan dunia. Saya pikir kita perlu memonitor penggunaan cryptocurrency dan mencegah penggunaannya untuk tujuan kriminal, ”kata Yellen.

Kandidat Departemen Keuangan AS mencatat bahwa jika disetujui, dia berencana untuk bekerja sama dengan Dewan Direksi Fed dan regulator keuangan lainnya "untuk menciptakan kerangka peraturan yang efektif untuk cryptocurrency dan inovasi teknologi keuangan lainnya."

Janet Yellen sebelumnya mengatakan bahwa cryptocurrency dan aset digital adalah masalah khusus bagi penegakan hukum. Meskipun, menurut Chainalysis perusahaan, tahun lalu pangsa transaksi cryptocurrency yang terkait dengan aktivitas ilegal turun tajam - dari 2,1% pada 2019 menjadi 0,34% pada 2020.

Posting Komentar

0 Komentar