Gmail vs Outlook, Mana yang Lebih Unggul?


Local-Hunter.com - Gmail atau. Outlook merupakan dua layanan berbeda dalam fitur, akan tetapi mereka mempunyai tujuan yang sama, yaitu memudahkan pengguna untuk mengirim surat elektronik dengan mudah dan cepat. Jika seseorang penggemar produk Google, mereka cenderung berpihak pada Gmail, sementara jika mereka terbiasa dengan produk Microsoft, maka mereka mengandalkan Outlook.

Tetapi apakah ada manfaat objektif yang membuat salah satu solusi email profesional ini lebih baik daripada yang lain?

Jujur saja, penulis saat ini lebih prefer kepada penggunaan Gmail. Alasan utamanya adalah pengguna di Indonesia sangat erat sekali hubungannya dengan produk Google termasuk aplikasi surat elektronik ini. Tidak hanya itu, kelebihan Gmail yaitu memberikan keluasan ruang penyimpanan yang cukup besar dan itu semua diberikan secara gratis dan istimewanya lagi tidak ada iklan yang ditampilkan. Namun, bukan berarti Outlook tidak bisa bersaing melainkan ia juga memiliki segudang fitur yang bisa kamu manfaatkan.

Artikel ini dibuat hanya ingin memberikan informasi mana yang jauh lebih unggul dan pandangan itu berdasarkan perspektif pribadi, riwayat pekerjaan ataupun kebutuhan profesional lainnya. Semua poin penting akan dijabarkan dan pada akhirnya kamu sendiri yang akan menentukan mana yang paling terbaik untuk digunakan sehari-hari.

Perbedaan Gmail dan Outlook

Mari kita mulai dengan ikhtisar sederhana tentang Gmail vs. Outlook. Pertama, penulis perlu menunjukkan bahwa ini bukanlah perbandingan satu lawan satu. “Gmail” mengacu pada layanan email yang disediakan oleh Google, bersama dengan platform yang dibuat untuk mengakses layanan itu.  Gmail juga dapat diakses melalui akun G Suite, yang mana produk ini banyak memberikan manfaat untuk mendapatkan akses tak terbatas ke Google Hangout, Google Forms, mendapatkan penyimpanan hingga 1TB dan lain sebagainya.

Microsoft Outlook, sebaliknya, bukanlah layanan email secara khusus. Ini adalah aplikasi yang dirancang terutama untuk membantu orang mengelola email, yang juga dilengkapi kalender dan fitur lainnya. Banyak orang menggunakannya sebagai bagian dari Microsoft Office 365, rangkaian produk dan layanan berbasis cloud yang menyertakan Microsoft Exchange Server, salah satu layanan email khusus yang mencakup aplikasi lain seperti Microsoft Word dan Excel.

Baiklah, berikut ini adalah perbedaan dari Gmail dan Outlook berdasarkan tampilan aplikasi, biaya, keamanan, penyimpanan, iklan dan lain sebagainya.

1. Desain

Secara estetika, baik Gmail dan Outlook menampilkan antarmuka yang clean. Desain Gmail untuk saat ini menggunakan warna putih dengan perpaduan warna merah ketika suatu objek dipilih. Sedangkan Outlook sangat konsisten dengan warna biru.

Outlook.com mengambil isyarat dari gaya Windows Modern UI, juga dikenal sebagai antarmuka pengguna Metro,sementara Gmail baru-baru ini telah melihat estetika dan pengalaman penggunanya jauh lebih baik - terlihat jauh lebih sejalan dengan Outlook. Gmail sebelumnya memprioritaskan kesederhanaan, namun saking sederhananya banyak pengguna yang mengeluhkan fitur terbatasnya. Akan tetapi, mereka mendesain ulang dan meningkatkan nuansa sambil mempertahankan kemampuan bagi pengguna untuk berkonsentrasi pada email itu sendiri dan menghindari gangguan apa pun.

2. Biaya

Kedua layanan email tersebut gratis untuk pengguna individu, meskipun ada beberapa batasan. Kali ini dimulai dari email Outlook, yang secara umumnya adalah gratis namun memiliki batasan pada penggunaan seperti penyimpanan kotak surat, munculnya iklan dan penyimpanan OneDrive. Untuk membebaskan diri dari keterbatasan itu kamu diharuskan untuk membayar sekitar Rp959.999/tahun dengan pengguna personal dan Rp1.299.000 untuk keluarga dengan maksimum 6 orang.

Sementara, Google memiliki produk bernama G Suite, yang mana ini adalah layanan surat elektronik yang dapat mencakup Gmail, Kalender, Google Meet, Chat, Drive, Dokumen, Spreadsheet, Slide, Google Forms, Sites Google dan masih banyak lagi. Perlu dipahami, G Suite lebih banyak digunakan dalam hal bisnis dan ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang ingin memiliki kapasitas penyimpanan besar. G Suite memberikan penawaran harga terbaik diantaranya yaitu Business Starter ($4.20/bulan), Business Standard ($9.60/bulan) dan Business Plus ($18/bulan).

3. Keamanan

Kalau membahas keamanan dari Gmail maupun Outlook keduanya sangat luar biasa dalam mencegah kejahatan siber terutama serangan phising. Akan tetapi penulis belum mengetahui keamanan enkripsi apa yang digunakan dan sampai saat ini kedua layanan surel terbesar di dunia tidak menjelaskan secara spesifik mengenai hal itu.

Fitur pemfilteran email Outlook dinilai kurang canggih, artinya sebagian besar masih dilakukan secara manual. Namun, ada satu fitur yang mengungguli dari Gmail, yaitu Sweep. Fitur ini dapat menghapus semua email dari sepuluh hari yang lalu atau yang tersimpan dari pengirim tertentu dan bisa juga memblokir email yang akan datang dari si pengirim tersebut.

Sementara pada Gmail juga mempunyai pemfilteran pesan masuk apakah pesan email tersebut dianggap spam atau tidak oleh sistem yang secara otomatis akan mendeteksinya. Adapun iklan yang ditampilkan berasal dari sumber tepercaya dan juga terpisah dari kotak masuk surat.

Baik Gmail atau Outlook menyediakan opsi two-step authentication dan pendeteksian pesan spam. Selain itu, ada juga fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan ikon pengirim tepercaya atau terverifikasi sehingga ini meminimalisir dari penjahat siber yang menyamar sebagai pengirim tertentu.

4. Penyimpanan

Gmail menawarkan penyimpanan gratis sekitar 15GB ini dihitung mulai dari penyimpanan Google Drive, Google Photo, Gmail dan produk serupa. Selain itu, Gmail juga membatasi pengiriman berkas/gambar maksimal 25MB, banyaknya berkas yang dikirimkan performa Gmail mungkin akan melambat.

Sementara email Outlook memberikan ruang penyimpanan 15GB untuk akun personal dengan tambahan 5GB untuk penyimpanan OneDrive. Jika kamu mempunyai akun Outlook maka ada aplikasi lain yang bisa digunakan berbasis web seperti Microsoft Word, Excel, OneNote, OneDrive, dan PowerPoint.

5. Iklan

Jika kamu menggunakan akun gratis, maka akan tampak iklan yang ditampilkan. Di Gmail, iklan  yang muncul biasanya berada di kotak "Promosi" dan biasanya akan diberi label sebagai "Iklan". Kamu juga memiliki setelan tersendiri untuk mengelola preferensi iklan jika melihat sesuatu yang tidak relevan.

Di Outlook, iklan bergambar akan berada di sisi kanan kotak masuk kamu, dan juga pengguna memiliki kesempatan untuk menyesuaikan iklan yang dilihat. Kedua solusi serupa dalam hal prevalensi iklan, jadi itu tergantung pada preferensi pribadi.

6. Folder, Label, Kontak dan Pencarian

a. Folder & Label

Outlook mengikuti rumus Microsoft pada umumnya, jadi jika kamu terbiasa menggunakan PC, itu akan sangat familiar dan sangat mudah untuk diterapkan. Kamu dapat membuat sistem folder dan subfolder yang kemudian dapat digunakan untuk mengurutkan email ke dalam kategori yang berbeda, seperti berdasarkan dokumen, foto, buletin, atau bahkan berdasarkan urgensi. Kamu juga dapat menandai pesan penting, atau menyematkannya ke bagian atas folder tertentu. Secara default, kotak masuk akan diatur menjadi entri pesan tunggal; ketika seseorang mengirim balasan baru ke percakapan lama, itu akan muncul sebagai pesan yang sama sekali baru di bagian atas layar email.

Gmail melakukan sesuatu dengan sedikit berbeda. Alih-alih folder dan subfolder, ini menggunakan sistem kategori dan label. Kamu dapat menandai email sebagai milik kategori dan subkategori yang berbeda dengan cara yang sama dengan menandai foto; menurut pengalaman penulis, ini seperti sistem folder / subfolder, hanya saja lebih fleksibel.

Alih-alih menandai, Gmail menggunakan serangkaian tanda dan bintang yang memungkinkan kamu untuk menetapkan pesan sebagai penting, tidak penting, atau termasuk dalam kategori tertentu. Ini juga memiliki serangkaian hingga lima tab di tampilan kotak masuk, yang secara otomatis akan mengurutkan email ke dalam kategori seperti "sosial," yang mencakup pemberitahuan media sosial, dan "promosi," yang menyimpan semua buletin dan email promosi iklan.

b. Kontak

Kedua layanan menawarkan fitur guna memudahkan pengelolaan kontak yang kamu miliki. Kamu dapat mengunggah CSV untuk menambahkan kontak secara cepat Untuk Gmail sendiri, ada panel yang bisa kamu manfaatkan seperti "sering dihubungi", membuat kontak manual berdasarkan informasi seperti nama depan, nama belakang, perusahaan, email dan nomor telepon dan ada juga fitur penambahan label.

Outlook juga mempunyai import/ekspor kontak, adapun fitur favorite yang bisa kamu gunakan untuk menandakan orang tersebut sering dihubungi, kerabat, dan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Selain itu, ada menu folder yang tidak jauh berbeda dengan favorite akan tetapi yang satu ini lebih kompleks manfaatnya. Tambahan lainnya adalah, Outlook menyediakan panel untuk membuat grup guna untuk membagikan informasi penting diantara kerabat kerja kamu. Namun tidak ada informasi jelas berapa banyak anggota yang bisa ditampung dalam satu grup.

c. Pencarian

Mencari sesuatu dengan cepat adalah prioritas perusahaan raksasa Google. Oleh karena itu, ia juga menerapkan pada layanan surel, yakni Gmail. Hingga saat ini Google masih menjadi raja pencarian terbaik, namun Microsoft juga memiliki pencarian yang tidak kalah juga dan itu sudah diterapkan pada produk surelnya yang bernama Outlook.

Dalam beberapa hal, fitur pencarian Outlook lebih sederhana; ada bilah sederhana tempat Anda dapat mengetik kueri, lalu menelusuri folder tertentu atau email dari kontak tertentu. Ada penelusuran terpisah untuk kontak Anda.

Namun dalam hal kepraktisan, penelusuran Gmail jauh lebih canggih. Dengan pencarian dasar, Kamu dapat dengan cepat menemukan apa pun dengan frasa sederhana. Dengan penelusuran lanjutan, kamu juga dapat mengurutkan opsi berdasarkan variabel seperti label, tab, kategori, pengirim, penerima, baris subjek, lampiran, konten isi, rentang tanggal, dan ukuran pesan. 

7. Kustomisasi

Untuk fitur kustom ini kedua layanan surel baik itu Gmail atau Outlook semuanya sangat hebat dalam memberikan kenyamanan kepada pengguna. Jika kamu ingin melakukan kustomisasi pada surel Gmail, kamu harus menuju ke halaman pengaturan, halaman tersebut bisa kamu telusuri dengan mengklik icon gerigi. 

Berikut adalah pengaturan kustomisasi Gmail yang bisa kamu coba satu persatu.

a. Tab Umum

  • Bahasa
  • Nomor telepon
  • Ukuran maksimum halaman
  • Urungkan pengiriman
  • Tindakan balasan default
  • Tindakan arahkan kursor
  • Kirim dan arsipkan
  • Gaya teks default
  • Gambar
  • Tata bahasa
  • Ejaan
  • Koreksi otomatis
  • Smart Compose
  • Personalisasi Smart Compose
  • Tampilan percakapan
  • Smart Replay
  • Notifikasi desktop
  • Bintang
  • Pintasan keyboard
  • Tanda tangan
  • Cuplikan
  • Penjawab otomatis saat libur / sibuk bekerja

b. Tab Kotak Masuk

  • Jenis kotak masuk
  • Kategori
  • Panel baca
  • Penanda urgensi
  • Email yang difilter

c. Tab Akun dan Impor

  • Ubah setelan akun
  • Impor email dan kontak (Yahoo, Hotmail, AOL, dan akun webmail)
  • Kirim email sebagai
  • Periksa email dari akun lain
  • Tambah ruang penyimpanan Gmail
Wah ada banyak juga ya, Tentu!. Eits Outlook juga bisa melakukan hal demikian lho. Berikut ini adalah kustomisasi yang dimiliki email Outlook.

a. Tab Layout

  • Fokus tampilan kotak masuk
  • Tinggi pesan
  • Menampilkan gambar pengirim
  • Panel membaca
  • Daftar format pesan
  • Tanggal header

b. Tab Compose Reply

  • Email signature
  • Format pesan (HTML atau PlainText)
  • Membalas atau membalas semua sekaligus
  • Link preview
  • Animasi
  • Microsoft Editor

c. Tab Junk Email

  • Memblokir pengirim dan nama domain
  • Memfilter pengirim dan domain yang aman
  • Menu filter gambar, attachment, dan link

d. Tab Customise Action

  • Quick action (delete, archive, pin, mark as read or unread, flag, move to a folder)
  • Message surface (reply reply all, forward, delete, mark as unread, mark as phising, block, print, translate)
  • Toolbar (attach, insert picture, editor, show formatting, save draft, show from, templates, insert emoji)

e. Tab Sinkronisasi

  • Hubungkan alamat email lain sebanyak 20 akun
  • Konfigurasi default From Address
  • Email alises
  • Konfigurasi POP, IMAP dan SMTP

Kesimpulan

Jadi mana yang lebih baik antara Outlook vs. Gmail? Sekali lagi, jawabannya tergantung pada kebutuhan masing-masing pribadi, meskipun secara umum, penulis berpihak pada Gmail karena keserbagunaannya. Untuk mendapatkan informasi lain seputar Gadget, Malware, Ransomware, Edukasi, CyberNews dan lain sebagainya, tetap terhubung bersama kami. Semoga bermanfaat.