Cara Upgrade VRAM GeForce RTX 2070 8GB Menjadi 16GB Ala VIC-on

(Dokumentasi VIC-on)

Local-Hunter.com - Apakah kamu pernah membayangkan untuk melakukan uprade VRAM GeForce RTX 2070 sebelumnya? Ternyata ada yang berani melakukan hal demikian dengan merubah VRAM 8GB menjadi 16GB. Aksi ini dilakukan oleh Youtuber bernama VIC-on dan video tersebut sudah ditonton lebih dari 108.000 viewers di seluruh dunia.

Ide pertama yang dimiliki oleh Youtuber VIC-on ialah ketika ia mendapatkan bocoran informasi diagram dari VRAM RTX 2070 8GB GDDR6 yang diproduksi oleh Micron dapat ditingkatkan hingga 16GB. Adapun informasi yang diperoleh bahwa GeForce RTX 2070 mendukung chip memori GDDR6 1GB dan 2GB dari Samsung.

Dengan informasi tersebut, ia langsung mencoba memulainya dengan menggunakan heatgun untuk melepaskan chip memori GDDR6 yang mengelilingi RTX 2070, kemudian ia mencabutnya menggunakan penjepit. Langkah selanjutnya ia mencari beberapa resistor di bagian belakang GDDR6. Setelah itu, ia memasangkan chip Samsung 2GB yang dibelinya melalui AliExpress seharga $200 dan meletakkan sesuai pada tempatnya. Pada saat itu juga ia langsung mengaktifkan PC-nya dengan kartu baru.

Ketika sedang melakukan proses booting Windows, tidak ada masalah apapun bahkan chip memori Samsung itu dapat dikenali melalui GPU-Z. Meskipun peningkatan ini sangat bagus, sayangnya ini tidak berjalan mulus seperti yang diharapkan.

Photo: Screenshot FurMark GeForce RTX 2070 (VIC-on)

Analisa yang ia lakukan adalah menggunakan FurMark, sebuah utilitas yang mendeteksi kinerja kartu grafis. Awal-awal berfungsi dengan baik, namun beberapa saat kemudian PC yang ia gunakan menjadi black screen. Ini disebabkan karena adanya beban penuh yang ditampung terlalu banyak untuk chip memori Samsung. 

Faktor lain yang menyebabkan black screen ada pada BIOS karena tabel frekuensi dan voltase di dalamnya tidak sesuai dengan yang dipasang. Selain itu ada juga alasan lain seperti penyolderan yang tidak hati-hati dan adanya bug di chip memori tersebut.

Hanya VIC-on yang berani melakukan aksi ini bahkan NVIDIA tidak pernah melakukan menggandakan memori GeForce RTX 2070 8GB menjadi 16GB. Bahkan kabarnya VIC-on juga berencana melakukan perombakan pada GeForce RTX 3070 yang sama-sama menggunakan chip memori 8GB.

Posting Komentar

0 Komentar