Cara Merubah FAT32 ke NTFS Tanpa Format Data Lewat CMD

Cara-Konversi-Drive-FAT32-ke-NTFS-dan-Sebaliknya

Local-Hunter.com - Bagi yang sering berkutat pada komputer hal ini sudah biasa dilakukan, tetapi berbeda lagi pada orang awam yang belum mengerti dan paham mengenai cara merubah FAT32 ke NTFS tanpa melakukan format data dan tanpa software sama sekali. Untuk itu LocalHunter akan memberikan cara mudah melalui Command Prompt (CMD).

Serba-Serbi FAT32

Jika saat ini kamu adalah pengguna PC Windows atau pemilik perangkat penyimpanan seperti memori USB maupun kartu SD, pasti akan mengetahui istilah dari FAT32. Sebutan ini diberikan untuk sistem paling populer yang digunakan di semua jenis perangkat penyimpanan saat ini. FAT32 dapat mengatur penyimpanan pada perangkat berjenis HDD, SDD, microSD dan sejenisnya. FAT32 merupakan singkatan dari File Allocation Table 32, yang mana nomor 32 diambil dari 32-bit untuk mengidentifikasi cluster data pada perangkat penyimpanan.

FAT32 diperkenalkan oleh Microsoft pada tahun 1996 dan perangkat pertama yang digunakan adalah  MS-DOS 7.1 dan  Windows 95 OSR2. Sebelumnya, ada juga varian yang paling lama yaitu FAT dan FAT16, sedangkan FAT32 adalah varian yang paling baru dari kedua jenis tersebut. Sistem pertama dan kegunaan dari FAT adalah untuk digunakan sebagai floppy disk, namun seiring perkembangan zaman teknologi FAT semakin berkembang dan dapat digunakan untuk memformat hard drive juga.

Kelebihan FAT32

  • FAT32 memiliki keunggulan dan kelebihan terutama sudah kompatibel dengan berbagai macam perangkat termasuk diantaranya yaitu smartphone, komputer, tablet, kamera game, konsol gaming dan masih banyak lagi.
  • FAT32 sudah dikenal sejak lama hingga saat ini. Hampir seluruh produk milik Microsoft mendukung ini, diantara lain Windows 95 OSR2, Windows 98, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, 8, dan 10. FAT32 juga kompatibel dengan macOS dan Linux.

Kekurangan FAT32

  • FAT32 hanya bisa bekerja dengan file di bawah ukuran 4 GB.
  • Kapasitas yang dapat ditampung oleh FAT32 maksimal hanya 8 TB.
  • Melakukan format dengan FAT32, kemungkinan data tidak akan kembali.
  • Sistem bawaan milik FAT32 tidak memiliki fitur kompres file.
  • Sistem keamanan FAT32 dianggap sudah jadul karena tidak memiliki permissions dan enkripsi.

Serba-Serbi NTFS

Jika kamu sering mengoprek komputer ataupun laptop yang mengharuskan tindakan memformat drive mungkin akan mengenal istilah dari NTFS. NTFS sendiri merupakan singkatan dari NT File System yang mengacu pada sistem file milik sistem operasi untuk mengidentifikasi bagaimana file disimpan, dinamai, dan diatur melalui HDD, SSD, microSD dan perangkat penyimpanan sejenisnya.

Tidak hanya FAT32, NTFS juga dikembangkan oleh Microsoft yang diperkenalkan pada tahun 1993 dan sistem operasi pertama kali diterapkan kepada Windows NT 3.1. Ini adalah cikal bakal dari penggunaan nama NTFS. Jika FAT32 memiliki keterbatasan, NTFS jauh lebih baik. Saat ini versi yang terbaru adalah NTFS 3.1 yang sudah digunakan di sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, 8, dan 10.

Kelebihan NTFS

  • NTFS mampu memulihkan file yang mengalami kegagalan sistem dan dapat memetakan bad sector dengan memindahkan data.
  • NTFS memiliki keamanan yang cukup menjanjikan seperti konfigurasi permissions untuk mengatur file dan folder hingga cakupan pengguna dan grup siapa saja yang dapat mengaksesnya.
  • NTFS mendukung sumber daya ukuran partisi yang besar yang kira-kira sekitar 1152921 TB. Namun, maksimum partisi yang dapat ditampung oleh Windows maksimum berkisar 256 TB.
  • Dukungan untuk kuota disk juga berlaku untuk NTFS. Ini adalah cara mengkontrol ruang penyimpanan yang tersedia di drive atau partisi.
  • NTFS juga mendukung kompresi file untuk meningkatkan ruang penyimpanan di disk.

Kekurangan NTFS

  • Tidak semua perangkat smartphone ataupun tablet mendukung NTFS.
  • Perlu software pihak ketiga jika ingin menggunakan di macOS.
  • NTFS hanya membatasi 16.000 folder dalam satu direktori.
  • Perangkat lama seperti TV, DVD atau kamera digital, biasanya tidak akan menawarkan opsi NTFS.
Nah dari sini kamu sudah memahami dasar-dasar kelebihan dan kekurangan dari FAT32 dan NTFS. Mari kita lanjut membahas cara mengubah FAT32 ke NTFS begitupun sebaliknya hanya dengan CMD tanpa software apapun dan dijamin tanpa kehilangan data. Meskipun LocalHunter sangat menyarankan untuk tetap membackup data-data di komputer maupun laptop yaa.

Berikut adalah cara konversi drive FAT32 ke NTFS tanpa melakukan format data hanya dengan melalui CMD, sebagai berikut:

1. Buka Command Prompt melalui tombol START > Command Prompt. Pastikan kamu menggunakan hak akses Administrator.

2. Ketikkan syntax convert LOKASI_DISK /fs:ntfs atau lebih jelasnya perhatikan di bawah ini.

C:\> convert F: /fs:ntfs /v


3. Tunggu proses sampai muncul teks yang menginformasikan Total disk space, Free space on volume, Space required for conversion, Converting file system dan Conversion complete.

4. Untuk memastikan berhasil atau tidaknya, silahkan cek menu Properties.

Sangat mudah untuk di praktikkan bukan? Ya, memang hanya seperti ini. Jika ingin merubah NTFS ke FAT32 ubahlah pada perintah convert F: /fs:fat32 /v. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar