Cara Merubah URL Permalink .html pada Blogger Agar SEO Friendly

cara-membuat-url-permalink-seo-friendly

Local-Hunter.com - Jika kamu pengguna platform blogger maka pasti sudah tak biasa melihat ekstensi .html di akhir URL permalink situs blog, benar begitu? Nah hal sekecil ini bagi sebagian orang mungkin kurang profesional dan ingin menghilangkannya layaknya permalink milik wordpress.

Untuk merubahnya kamu juga harus memikirkan kedepan apa yang akan terjadi dengan perubahan semacam ini. Bukan tanpa sebab, Google merancang blogger secara default dengan URL permalink .html meskipun bisa dirubah sekali lagi pikirkan terlebih dahulu. Namun, jika ingin mencobanya gunakan template blog lain. Sebelum praktik, ada baiknya kamu memahami apa itu URL permalink pada sebuah website. Simak selengkapnya!

Apa itu URL Permalink?

Permalink merupakan keseluruhan tampilan URL pada sebuah website yang biasanya disesuaikan dengan nama judul artikel tersebut. Selain judul, permalink juga mencantumkan tahun dan bulan seperti kebanyakan situs blog yang menggunakan blogger.

Berbanding halnya dengan cms wordpress, sistem mereka mempunyai pengaturan permalink tanpa adanya ekstensi tambahan yaitu .html. Struktur seperti itu akan memudahkan pengunjung untuk melakukan pencarian di halaman penelusuran Google selain dari dukungan SEO website itu sendiri.

Berikut perbedaan URL permalink pada wordpress dan blogger:
  • https://www.alamatblog.com/?p=321 (WordPress)
  • https://www.alamatblog.com/2021/01/31/judul-artikel (WordPress)
  • https://www.alamatblog.com/2021/01/judul-artikel (WordPress dan Blogger)
  • https://www.alamatblog.com/archive/123 (WordPress)
  • https://www.alamatblog.com/judul-artikel (WordPress)
Jika diperhatikan, mana URL permalink yang sangat SEO friendly di mesin pencarian Google? Tentunya wordpress karena mereka bisa mengkustomisasi struktur dengan mudah dan ini menjadi benefit bagi kamu agar website cepat terindeks.

Manfaat URL Permalink untuk SEO

1. Mudah Diingat

Apa kamu yakin seorang pengunjung akan menghafal barisan judul yang terlalu panjang dalam sebuah website? Tentu tidak, mereka akan mencari URL domain dan permalink yang mudah diingat dan mudah diketik di mesin pencarian. Bukan itu saja, Google juga sangat memperhatikan betul URL permalink yang ramah di mesin penelusuran. Oleh karena itu, buatlah sesimple mungkin dan tidak terlalu panjang dalam membuat permalink.

2. Artikel Cepat Terindeks

Ini terbukti, URL yang ramah pencarian umumnya akan memudahkan crawling googlebot dalam mencari sebuah artikel atau halaman sebuah website dengan cepat. Contohnya portal berita, lagi-lagi wordpress unggul dalam hal ini. Selain URL permalink yang bisa di kustom, ternyata ada plugin yang dilengkapi dengan kebutuhan SEO lainnya. 

Meskipun begitu, nyatanya Google terbuka lebar untuk platform manapun untuk membuat postingan dan googlebot akan melakukan crawling secara otomatis yang hasilnya akan ditampilkan ya meskipun tidak secepat wordpress.

3. Memperkuat Kata Kunci

Poin terakhir adalah kamu bisa menargetkan kata kunci berdasarkan apa yang kamu bahas di dalam postingan tersebut. Metode ini sudah lama digunakan oleh para SEO profesional guna merangsak masuk ke halaman pertama Google. Akan tetapi, jika kamu baru saja bergabung ke dunia blogging maka informasi ini bisa kamu terapkan kedepannya.

Cara menerapkan kata kunci di URL permalink untuk pengguna blogger sebagai berikut:
  • https://www.alamatblog.com/2021/01/url-permalink.html
  • https://www.alamatblog.com/2021/01/manfaat-url-permalink.html
  • https://www.alamatblog.com/2021/01/url-seo-permalink.html
  • https://www.alamatblog.com/2021/01/cara-artikel-cepat-terindeks.html
  • https://www.alamatblog.com/2021/01/cara-mempercepat-loading-blog.html
Padukan URL permalink dengan kata kunci di postingan kamu dan jangan lupa lengkapi kebutuhan SEO agar website mampu menembus halaman pertama dan bertahan hingga beberapa pekan. Untuk menyelesaikan permasalah URL permalink pada blogger, gulir ke bawah untuk membacanya.

Cara Mengedit URL Permalink Blogger

Sebelum melanjutkan sebaiknya kamu membackup template blog yang sudah dipasang sebelumnya untuk menghindari kesalahan-kesalahan pada baris kode XML di blogger. Dengan pengeditan permalink, tidak menjamin artikel yang kamu buat mampu menembus halaman pertama dan mungkin saja ini akan merubah SEO di halaman penelusuran.

Berikut tata cara membackup template blog di blogger:
  1. Masuk ke halaman dashboard blogger
  2. Klik menu Tema atau Theme
  3. Kemudian, klik tanda panah ke bawah lalu pilih Cadangkan
  4. Setelah itu klik Download
  5. Template blog sudah terbackup dengan aman
Selanjutnya kamu bisa mempraktikkan langkah demi langkah tutorial berikut ini:
  • Salin seluruh kode yang disediakan di bawah
  • Pergi ke menu Tema
  • Klik Edit HTML
  • Cari kode HTML </body> biasanya ada di ujung paling bawah atau bisa menggunakan perintah CTRL+F
  • Tempel kode yang sudah di salin sebelumnya dan tempatkan diatas kode </body>
  • Simpan Tema
  • Logout lalu login kembali dan silakan muat ulang halaman website.
Kode:

  

Nah itulah cara menghapus atau mengedit URL permalink pada situs blog yang menggunakan platform blogger. Usahakan cara ini diterapkan untuk website dummy untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar