Cara Efektif Mempercepat Loading Blog Pada Blogger

Cara-Mempercepat-Loading-Blogger-Blogspot

Cara Mempercepat Loading Blog Blogspot - Mau bersaing di Page One? sudahkah kamu melakukan optimasi mempercepat loading blog pada blogger. Jika belum, maka segera lakukan hal ini dan perbaiki kekurangan yang ada agar pengunjung tetap nyaman dan betah untuk terus mengunjunginya.

Kebayang ga si website / situs blog yang kamu miliki terasa berat dan lambat ketika dibuka pertama kali, hal tersebut terjadi karena beberapa faktor yang menjadi alasannya. Jika suatu blog lambat, maka pengunjung sama sekali tidak akan betah dan pasti akan meninggalkannya.

Dengan mempercepat loading blog, niscaya kamu akan mendapatkan keuntungan yang besar terutama dalam traffik melalui Google Search. Semakin ringan situs blog maka semakin banyak pula traffik yang berdatangan sebab nilai plusnya ada dibagian loading cepat.

Kecepatan blog harus diperhatikan secara betul-betul jika menginginkan jumlah traffik tetap stabil dan tidak terjun bebas. Google juga menyarankan kepada developer untuk membuat sebuah website yang mempunyai kelebihan loading yang cepat. Ini dibuktikan dari tools Google Pagespeed yang membantu mereka dalam merancang situs web ringan dan cepat sebagai penentunya.

Dampak Buruk Loading Blog Lambat

Berikut ini adalah potensial kerugian jika website / blog mengalami loading lambat ketika dibuka.

1. Jumlah Traffic Menurun Drastis

Ini sudah pasti. Begini, jika sebuah blog yang menggunakan template cukup berisi alias bisa dipasangkan kode ikan Adsense dimanapun maka kemungkinan sang pemilik blog akan memasangkannya di segala penjuru dengan berfikir akan mendapatkan uang yang banyak. Pemikiran seperti ini adalah salah besar, semakin banyak iklan yang ditampilkan maka akan mempengaruhi kecepatan suatu blog tersebut.

Lalu, mengapa situs berita banyak iklan? Jangan disamakan dengan situs berita. Mereka menampilkan iklan bejibun karena udah kredibel dan terpercaya, apalagi situs-situs besar itu memberikan informasi yang sangat bermanfaat bagi banyak orang dan unggulnya mereka adalah memposting artikel setiap jam berdasarkan sumber yang valid.

2. Pendapatan Semakin Kecil

Semakin berat loading blogspot ya semakin malas juga pengunjung untuk melihat artikel-artikel dari blog yang kamu miliki. Berbanding keadaan dengan portal berita, iklan banyak artikel juga banyak selain itu mereka juga mempunyai tim SEO yang hebat untuk bertahan di Page One dan terus mendapatkan penghasilan yang stabil.

Platform Blogger tidak bisa disamakan seperti itu, faktor utama untuk mendapatkan penghasilan tetap adalah terus memberikan informasi yang mengedukasi. Sementara itu, jangan terlalu berlebihan memasang iklan Adsense maupun non-Adsense. Jika loading blog cepat pendapatan stabil namun jika loading blog lambat pengunjung sepi dan pendapatan akan menurun.

Cara Mempercepat Loading Blog Blogspot

Sebelum memulai optimasi mempercepat loading blog, sebaiknya kita lakukan pengecekan terlebih dahulu indikator-indikator berdasarkan performa, struktur maupun penilaian penting sejenisnya. Ada beberapa situs yang kami coba untuk memeriksa kecepatan sebuah website, seperti GTMetrix, Google Pagespeed, dan Pingdom.

Ketiga website diatas adalah pilihan yang terbaik untuk memeriksa kecepatan loading website. Selain memeriksa kecepatan website, nantinya ada informasi berupa penilaian dan penjelasan masalah dibagian mana yang harus kamu perbaiki nantinya. Ikuti cara di bawah ini untuk mengatasi loading blog yang lambat.

1. Template Blogger Wajib Ringan

Tahap pertama untuk mempercepat loading blog adalah memakai template yang ringan dan tidak memiliki widget yang banyak. Jika template memperpadukan widget yang tidak berguna alias jarang digunakan maka skrip tersebut akan tetap ada di blog dan ini juga yang mengakibatkan sebuah blog menjadi lambat. Jika kamu berupaya menghapusnya dan tidak paham dengan alur kodingan lebih baik jangan diubah sama sekali jika tidak mau error berkepanjangan. Lebih baik ganti template.

Ada banyak template buatan lokal yang bisa menjadi alternatif terbaik dalam mencari template blogger yang responsive dan sudah mendukung meta tag SEO, template blogger yang paling populer, yaitu Linkmagz, Viomagz, MedianUI, Fletro Pro, Masih Terjaga, IgniPlex dan lain sebagainya.

Berhubung situs blog ini menggunakan template yang ringan jadi kita akan menampilkan tampilan layar mengenai perfoma kecepatan loadingnya. Oiya, situs ini belum melakukan pencopotan iklan Adsense kemungkinan akan mempengaruhinya.

2. Optimasi Gambar

Gambar ternyata juga mempengaruhi cepat atau lambatnya sebuah website, oleh karena itu jangan terlalu memberikan gambar yang terlalu berlebihan. Biasanya ketika selesai memeriksa performa di GTMetrix situs itu akan menampilkan apa saja permasalahan yang ada di situs blog tersebut. Komponen gambar dengan ukuran yang sangat besar akan semakin lama untuk memproses dan menampilkan gambar tersebut.

a. Format Gambar untuk blog

Dalam pemilihan format gambar untuk blog kamu juga harus memerhatikan besaran dari gambar tersebut lebih cocok dikategorikan sebagai JPEG, PNG, GIF atau WebP. Karena tidak semua ekstensi gambar dapat dimanipulasi untuk mengubah format aslinya, misalnya ekstensi WebP, ketika ingin mencoba mengedit file gambar dengan format itu lalu diubah menjadi jpg atau png pasti tidak akan gagal menampilkan gambar.

Berikut format gambar yang paling cocok berdasarkan kategorinya.
  • PNG. Format yang menyimpan gambar geometri yang sudah dirender dan memiliki sedikit warna sekitar 256 warna. Biasanya gambar atau foto yang menggunakan ekstensi PNG akan terlihat blur dan tidak setajam seperti format JPEG.
  • JPEG. Format ini lebih direkomendasikan untuk menyimpan foto objek nyata seperti pemandangan dan sejenisnya. Ukuran yang dihasilkan oleh JPEG sangat besar, jika ini diterapkan di situs blog maka website menjadi lambat.
  • WebP. Format ini adalah salah satu format gambar yang dikembangkan oleh Google hasil dari kompress JPEG. Hasil gambar / foto yang menggunakan ekstensi ini akan berkualitas tinggi namun dengan ukuran yang kecil.
  • GIF. Format ini lebih cocok digunakan dalam membuat gambar bergerak dan tidak cocok untuk dijadikan sebagai format gambar pada umumnya.
LocalHunter merekomendasikan lebih baik dan lebih merekomendasikan pemilihan gambar kepada PNG dan WebP. Meskipun hasil foto atau gambar tidak HD itu lebih baik untuk mengecilkan ukuran. Namun, JPEG juga tetap bisa digunakan sebagai alternatif terbaik, karena kita juga akan membagikan situs kompress gambar terbaik.

b. Kompresi Gambar

Cara selanjutnya untuk mengoptimalkan gambar semakin ringan dan mempercepat loading blog adalah melakukan kompress terhadap gambar yang akan kamu unggah di situs blog. Tujuan kompres gambar adalah menghilangkan metadata sebuah gambar tersebut agar dapat disimpan kembali dengan ukurang yang kecil.

Berikut situs web penyedia kompres gambar terbaik cocok mengecilkan gambar.
  • Compressor.io
  • CompressJPEG.com
  • TinyPNG.com
  • Kraken.io
  • GIFCompressor
  • CompressPNG.com

c. Pasang Script Lazy Load

Pemasangan lazy load bertujuan untuk menunda loading gambar, artinya gambar tidak akan dimunculkan sampai pengunjung melakukan tindakan scroll halaman. Jadi, jika pengunjung tersebut tidak melakukan scroll maka gambar tidak akan ditampilkan. Biasanya di template blogger terbaru sudah terpasang script lazy load, namun ada beberapa template yang tidak memilikinya. 

Berikut cara memasang script lazy load di Blogger:
  1. Masuk ke halaman Blogger
  2. Pilih menu TEMA > Edit HTML
  3. Kemudian, salin kode di bawah ini dan letakkan tepat diatas tag </body>
Lazy Load Script

3. Hindari Memasang Gambar di Background dan Header Blog

Jika benar-benar ingin mengembangkan situs blog dengan profesional sudah seharusnya untuk tidak melakukan cara ini alias memberikan gambar di background blog. Pemakaian gambar yang berlebihan akan membuat situs blog menjadi lambat ketika diakses apalagi yang memiliki ukuran besar dan belum dikompres.

Penempatan gambar di background juga mengganggu penglihatan pengunjung dikarenakan gambar tersebut. Sebaiknya untuk tidak menggunakan gambar apapun di background dan header di blog.

4. Kompres CSS, JavaScript dan HTML

Memperkecil ukuran kode JavaScript, CSS dan HTML juga mempunyai pengaruh terhadap kecepatan sebuah website. Oleh karena itu jangan lupa untuk melakukan kompresi terhadap seluruh bahasa pemrograman yang ada  di template blogger.

Cara kerja kompress kode script ini adalah menghapus tag komentar dan merapatkan kodingan agar tidak memakan ruang yang cukup banyak tanpa mengubah fungsi script tersebut. Untuk mengerjakan hal demikian, ada dua pilihan situs web yang sangat baik dalam membantu melakukan kompress kodingan, diantaranya CSSMinifier.com dan Minifier.org.

Photo: Compress CSS (LocalHnter)

5. Hindari Pemasangan Widget Tidak Berguna

Penggunaan widget yang berlebihan juga tidak mengandung sisi yang baik malahan banyak sisi buruknya, mulai dari lambatnya blog dan tidak memberikan efek SEO sedikitpun. Bagi blogger pemula biasanya memasang widget yang beraneka ragam tujuannya adalah supaya keren, unik dan menarik untuk dilihat. Padahal sebuah blog seharusnya memberikan informasi yang penting dan bermanfaat bukan dilihat dari sisi unik apalagi uniknya melalui widget.

Seperti contoh widget histats, widget ini menampilkan jumlah pengunjung harian, bulanan dan tahunan, padahal Google Analytics mempunyai hal semacam itu yang jauh lebih canggih dan bisa digabungkan dengan akun Adsense untuk memonitoring perilaku pengunjung dan sebagainya.

Widget yang paling bagus dipasangkan untuk blog adalah Recent Post, Popular Post, Random Post dan Label. Ketiga label ini adalah informasi mengenai situs blog seputar informasi artikel terbaru maupun menampilkan artikel secara random berdasarkan kategori label yang digunakan.

6. Batasi Jumlah Iklan Adsense

Faktor lain yang menyebabkan blog lambat ketika dibuka adalah banyaknya iklan yang ditampilkan dalam hal ini ialah iklan Adsense. Adsense menawari publisher dengan berbagai tampilan iklan mulai dari iklan Display, Content Matched, Iklan In-Article, dan Iklan Sidebar. Pemasangan yang terlalu banyak akan membebani situs blog, karena platform Blogger tidak dihosting selayaknya WordPress melalui pihak ketiga dan tidak memiliki plugin khusus.


Pemasangan iklan yang baik ialah penempatan di dalam artikel sebanyak 3 iklan Adsense dan iklan matched content. Nah jika ingin mencoba menempatkan iklan ditempat lain, misalnya di sidebar maka terapkan disitu dan lihat apakah memiliki perbedaan pada penghasilan. Intinya lakukan penempatan iklan berdasarkan penghasilan Adsense dan membatasi tayangan iklan yang berlebihan. Tujuan ini berguna untuk mempercepat loading blog dan menghemat waktu ketika dibuka.

Demikian pembahasan pada kali ini yaitu Cara Efektif Mempercepat Loading Blog Pada Blogger, artikel ini dibuat berdasarkan keluhan para blogger yang memiliki situs blog lambat diakses. Oleh karena itu, terapkan apa yang sudah disampaikan semoga blog dapat diakses dengan cepat tanpa kendala.

Posting Komentar

0 Komentar