4+ Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10 Sementara dan Permanen

Cara-Mematikan-Update-Windows-10-Sementara-dan-Permanen

Cara Mematikan Paksa Update Otomatis - Windows 10 pada dasarnya memiliki pengaturan yang sudah di konfigurasi untuk melakukan update otomatis yang sebenarnya tidak kita ketahui, karena sistem pembaruan akan dijalankan di latar belakang.

Tujuan update otomatis hanya diperuntukan untuk mendownload dan melakukan installasi yang berkaitan dengan sistem operasi Windows 10 serta memperbarui berkas yang sudah usang. Berbeda dengan Windows 7 yang bisa di setting apakah pengguna ingin melakukan update secara manual atau otomatis.

Sebagian pengguna merasa risih atas pembaruan secara berkala yang dilakukan oleh Windows 10, selain membuang kuota yang cukup banyak lebih dari itu laptop atau komputer akan merasa lemot jika RAM yang digunakan di bawah rata-rata.

Cara mematikan update otomatis ini tidak dilakukan menggunakan internet. Adapun cara terbaik untuk dilakukan adalah melalui Regedit, memodifikasi Group Policy, Metered Connection dan menundanya untuk sementara waktu.

Jadi, kamu bisa menerapkan cara ini tanpa adanya koneksi internet dan manfaat mematikan update otomatis yaitu menghemat kuota dari sistem yang secara tiba-tiba melakukan unduhan. Baiklah, mari kita mulai dan perhatikan dengan seksama agar tidak terjadi kesalahan disaat mematikan update otomatis Windows 10.

Cara Mematikan Update Windows 10 Sementara

1. Nonaktif Update Windows 10 Melalui Defer Upgrade

Opsi pertama untuk mematikan update Windows 10 secara paksa namun tidak permanen bisa kamu terapkan menggunakan defer upgrade. Dengan cara ini, pembaruan akan ditunda dalam beberapa bulan kedepan. Jika masa penundaan telah selesai maka akan kembali mendapatkan pembaruan dari sistem operasi tersebut.

Berikut langkah-langkah mematikan update Windows 10 sementara:

  • Pergi ke menu Settings. Kemudian pilih "Update & Security".
  • Selanjutnya, pilih menu Windows Update dan klik pada tulisan Advanced options.
  • Kemudian centang atau ceklis pilihan opsional yang bertuliskan "Defer upgrades".
  • Jika tidak ada "Defer upgrades", silahkan cari opsional bertuliskan "Pause until" dan tentukan berapa hari untuk menunda update otomatis Windows 10.

Smapai di sini kamu sudah berhasil melakukan nonaktif update otomatis dari Windows 10. Namun ada cara lagi yang juga tidak kalah mudah yaitu menggunakan Metered Connection. 

2. Nonaktif Update Windows 10 Melalui Metered Connection

Cara mematikan update Windows 10 menggunakan Metered Connection sama seperti halnya memakai trik Defer upgrades yang berarti akan menunda pembaruan yang tersedia dan ini adalah cara yang paling ampuh untuk menghemat kuota apalagi yang masih menggunakan hotspot.

Berikut adalah cara mematikan update Windows 10 melalui pengaturan Metered Connection:
  • Klik tombol Windows lalu pergi ke menu Settings.
  • Selanjutnya, pilih menu Network & Internet.
  • Arahkan ke menu WiFi dan pilih Advanced options.
  • Kemudian, klik slider yang bertuliskan "Set as metered connection" dan aktifkan hingga menjadi On.

Selamat! Kamu sudah berhasil mematikan update Windows 10 yang berjalan secara otomatis. Cara ini hanya sementara untuk menunda pembaruan. Ada juga mematikannya secara permanen namun harus diperhatikan jika pembaruan tidak diaktifkan maka sistem operasi akan menjadi usang dan rentan diserang malware dan ransomware yang berbahaya.

Cara Mematikan Update Windows 10 Secara Permanen

1. Nonaktif Update Windows 10 Pro Melalui Regedit

Sebelum melanjutkan langkah yang ada di bawah ini, LocalHunter sarankan untuk membackup semua data yang ada di laptop maupun komputer sobat ya, pasalnya ketika mengganti, menambahkan atau menghapus yang ada di Registry Editor (Regedit) sangat beresiko menyebabkan kesalahan fatal terutama bagi orang awam. Jadi, pikirkan kembali sebelum melakukan nonaktif update Windows 10 secara permanen.

Berikut langkah-langkah cara mematikan update Windows 10 secara permanen melalui Regedit:
  • Klik tombol Start / Windows > Ketikkan regedit > Klik Registry Editor.
  • Ikuti opsional berikut, HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Policies > Microsoft > Windows.
  • Klik kanan pada folder Windows > New > Key >  Berikan nama sebagai WindowsUpdate. Kemudian tekan tombol ENTER.
  • Klik kanan pada folder WindowsUpdate > New > Key dan berikan nama sebagai AU.
  • Klik folder AU, nanti ada tampilan kosong di panel sebelah kanan. Klik kanan di area tersebut pilih opsi New > DWORD (32-bit) Value > Berikan nama sebagai NoAutoUpdate.
  • Double klik key NoAutoUpdate > Rename Value data menjadi angka 1 > Kemudian klik OK.
  • Semuanya sudah beres. Silahkan restart komputer / laptop yang kamu miliki.

2. Nonaktif Update Windows 10 Permanen Melalui Group Policy

Jika cara diatas cukup membingungkan, ada alternatif jika ingin mematikan update khusus untuk pengguna Windows 10 Home, Pro, Education dan Enterprise. Cara ini tidak membutuhkan editing pada file layaknya Registry Editor hanya melakukan Enable atau Disable saja.

Berikut cara mematikan update Windows 10 Home, Pro, Education dan Enterprise melalui Group Policy:
  • Buka menu Start > Ketikkan gpedit > Edit Group Policy.
  • Klik Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Component > Windows Update.
  • Silahkan cari dan temukan opsi bernama Configure Automatic Updates. Kemudian, double klik.
  • Jika jendela Configure Automatic Updates berhasil terbuka. Selanjutnya, klik opsi Disabled.
  • Kemudian klik Apply > OK.
  • Silahkan restart komputer / laptopnya.
Pembaruan rutin seharusnya menjadi nilai plus bagis sistem operasi untuk memperbarui dan terus meningkatkan keamanan agar tidak mudah disusupi virus berbahaya. Namun, rutinitas inilah yang menjadi masalah karena update dilakukan secara otomatis tanpa kita ketahui. Masalah amat besar bagi pengguna kuota bulanan dan bukan menggunakan WiFi.

Itulah yang bisa kami sampaikan terkait cara mematikan update otomatis Windows 10 dengan dua opsi pilihan sementara atau permanen. Jikalau memilih nonaktif secara permanen utamakan backup data terlebih dahulu pindahkan ke HDD Eksternal agar tidak menjadi masalah kedepannya.

Posting Komentar

0 Komentar