AstarGanz Kembali Berulah, 21 Situs Pemerintahan Menjadi Korban Peretasan Selanjutnya

Hacker-AstarGanz

Local-Hunter.com - AstarGanz baru saja kembali meretas situs pemerintahan milik subdomain Kementerian Kesehatan dan beberapa situs sekolahan yang juga kena imbas atas serangan ini. Hingga saat ini, semua website yang berhasil diretas oleh AstarGanz halaman depannya sudah dirubah menjadi background dengan isi pesan galau.

Sebelumnya, hacker AstarGanz telah menghebohkan dunia maya atas serangan yang ia targetkan kepada Tribunnews bulan lalu tidak main-main bukan subdo yang dijadikan sasaran melainkan domain utama. Menurut informasi yang beredar, peretas ini menggunakan teknik social engineering guna mengelabui web hosting yang digunakan oleh Tribunnews.

Baca Juga : 
Tidak sampai disitu, beberapa hari yang lalu situs pemerintahan takalar juga jadi korban peretasan yang dilakukan oleh AstarGanz dengan total domain mencapai 43 situs. Ketika LocalHunter memeriksa situs domain utama milik pemerintahan Takalar, sampai sekarang masih belum bisa diakses seperti biasanya. Ini menandakan serangannya cukup serius dan tampaknya web developer cukup kewalahan atas kejadian serangan mendadak.

Kali ini AstarGanz berhasil meretas 14 situs pemerintahan, 6 situs sekolahan dan sisanya sebanyak 96 situs lainnya juga merasakan hal yang sama, yakni menjadi korban peretasan. Belum diketahui apa motif dibalik serangan ini, namun dilihat dari serangan serupa ini hanya iseng semata.

Berikut 14 situs pemerintahan yang berhasil diretas oleh AstarGanz, menurut pantauan LocalHunter (16/01/2021):
  1. http://www.sehat-jiwa.kemkes.go.id/
  2. https://www.lampungselatankab.go.id/index.php
  3. http://sakip.gorontalokab.go.id/ws.htm
  4. http://cpanel.pa-kolaka.go.id
  5. http://boncu.luwuutarakab.go.id
  6. http://desa.luwuutarakab.go.id
  7. http://dev.konaweutarakab.go.id
  8. http://e-sakib.luwuutarakab.go.id
  9. http://gisforcecontrol.luwuutarakab.go.id
  10. http://sipp2020.pa-kolaka.go.id
  11. http://putusan.pa-kolaka.go.id
  12. http://pendaftaran.pa-kolaka.go.id
  13. http://news.konaweutarakab.go.id
  14. http://mail.siga.luwuutarakab.go.id
  15. http://mail.kotapekanbaru.baznas.go.id
  16. http://magik-bkpsd.luwuutarakab.go.id
  17. http://magic.luwuutarakab.go.id
  18. http://tutorial.pa-kolaka.go.id
  19. http://ukm.luwuutarakab.go.id
  20. http://sppd2.sijunjung.go.id
  21. http://bapeda.luwuutarakab.go.id
Dengan adanya kejadian semacam ini, pemerintah seharusnya sudah serius menanggapi berbagai macam kerentanan yang dapat merusak website bahkan parahnya bisa saja peretas melakukan penyebaran ransomware yang mampu mengenkripsi seluruh file website. Menurut pantauan, semua situs diatas belum diperbaiki oleh pihak pengelola website.