Ini Sebabnya Aplikasi Signal Jadi Trending di Play Store dan App Store

Aplikasi-Signal-Indonesia

Local-Hunter.com - Signal, yang pernah menjadi layanan pesan khusus untuk orang-orang yang berpikiran privasi, saat ini menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di Amerika Serikat, Finladia, Prancis, Inggris, Jerman dan termasuk di kawasan Asia, menggeser aplikasi media sosial dan game yang selalu populer. Popularitasnya yang baru ditemukan karena konvergensi alasan, termasuk kebijakan WhatsApp yang berubah, kekerasan di Capitol yang menyebabkan banyak perusahaan teknologi mencabut platform Trump, dan tweet viral dari orang terkaya di dunia.

Kamis lalu, pendiri Tesla Elon Musk tweeted "Use Signal" dan mengirimkan penilaian perusahaan yang salah, perusahaan teknologi perawatan kesehatan kecil Signal Advance, melampaui ekspektasi terliarnya. Musk merujuk pada pakaian pengiriman pesan terenkripsi yang tidak terkait, yang juga sangat diuntungkan dari tweet tersebut.

Signal, untuk pertama kalinya, menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di App Store dan Google Play. Pertumbuhan yang tiba-tiba ini bahkan menyebabkan penundaan dalam mendapatkan kode verifikasi ke pengguna Signal baru.

Tweet itu muncul sehari setelah Musk men-tweet sebuah meme yang menyalahkan Facebook atas perannya dalam penyerbuan hebat di Capitol, di mana para pendukung Trump, yang tertarik pada teori konspirasi tentang pemilihan yang dicuri, gagal menghentikan Kongres untuk menyatakan kemenangan pemilihan Joe Biden. Meme itu menggambarkan "efek domino" dari awal Facebook sebagai "situs web untuk menilai wanita di kampus" hingga Capitol yang "di bawah kendali seorang pria bertopi viking."

Beberapa hari sebelumnya pada 4 Januari, WhatsApp milik Facebook telah mengeluarkan kebijakan privasi baru, yang banyak ditafsirkan berarti pengguna akan diminta untuk berbagi informasi pribadi dengan jaringan iklan Facebook untuk menggunakan platform tersebut. Facebook telah mengklarifikasi bahwa pesan WhatsApp akan tetap dienkripsi dan informasi pribadi seperti kontak tidak akan dibagikan dengan Facebook. Namun, banyak pengguna - sebagian terpancing oleh tweet Musk - berbondong-bondong ke aplikasi perpesanan terenkripsi lainnya seperti Telegram (sekarang No. 2 di App Store) dan Signal (sekarang No. 1).

Tapi sama berpengaruh seperti Musk, dia tidak men-tweet dalam ruang hampa. Pertumbuhan popularitas Signal juga datang ketika banyak perusahaan teknologi, termasuk Facebook dan Twitter, mulai merusak platform Trump dan para pengikutnya dan mencoba mencegah teknologi mereka digunakan untuk melayani kekerasan lebih lanjut. Parler, alternatif media sosial sayap kanan, juga diambil dari internet; Google dan Apple melarangnya dari toko aplikasinya dan Amazon Web Services berhenti menghosting aplikasi di servernya.

Signal, yang biasanya dipuji oleh pendukung privasi dan aktivis sayap kiri, menduduki puncak toko aplikasi bersama dengan alternatif media sosial yang berfokus pada privasi seperti MeWe. Tidak jelas seberapa besar peralihan ke aplikasi ini didukung oleh orang-orang dari pinggiran yang membutuhkan tempat baru untuk berkomunikasi. Berkat sifat terenkripsi dari aplikasi, sulit untuk mengetahui (lebih lanjut tentang itu di bawah).


Sebelumnya, jumlah pengguna Signal baru melonjak menyusul kerusuhan sosial atau politik. Unduhan Signal melonjak setelah pemilihan Donald Trump, yang membatalkan sejumlah perlindungan privasi. Unduhan juga meningkat selama protes Black Lives Matter terhadap kekerasan polisi musim semi lalu, ketika para aktivis berusaha untuk berorganisasi sambil tetap aman dari penegakan hukum.

“Karena sifat dasar dari aplikasi sosial dan bagaimana fungsi utamanya melibatkan komunikasi dengan orang lain, perkembangannya seringkali dapat bergerak cukup cepat, berdasarkan kejadian terkini,” Amir Ghodrati, direktur wawasan pasar di App Annie, mengatakan kepada Recode.

Penyedia data dan analitik seluler mengatakan permintaan untuk aplikasi perpesanan yang berfokus pada privasi telah tumbuh dalam beberapa tahun terakhir, karena privasi internet menjadi masalah yang lebih utama dan karena orang menghabiskan lebih banyak waktu - rata-rata 67 persen lebih banyak waktu pada paruh pertama tahun 2020 - di aplikasi perpesanan daripada di aplikasi media sosial.

Apa yang membuat Signal berbeda?

Signal adalah aplikasi komunikasi ujung ke ujung yang terenkripsi, tersedia untuk seluler dan desktop. Itu berarti pengguna dapat mengirim teks atau melakukan panggilan telepon atau video tanpa pihak luar - atau platform itu sendiri - lihat konten pesan. Pesan yang dicegat akan terlihat seperti string text dan simbol yang kacau.

Polisi, misalnya, tidak akan bisa mendapatkan akses ke pesan Signal, apakah komunike mencakup aktivisme politik atau balas dendam porno. Para pengunjuk rasa lebih suka platform sebagai cara untuk berkomunikasi dan mengatur tanpa dimata-matai oleh polisi. Contoh 2016 di mana juri mengeluarkan panggilan pengadilan untuk data Signal menghasilkan informasi minimal: Ketika pengguna mendaftar untuk layanan dan kapan terakhir kali mereka menggunakannya. Aplikasi yang tak tertandingi akan memungkinkan penegakan hukum untuk melihat pesan itu sendiri.


Didirikan pada tahun 2014 oleh insinyur perangkat lunak yang penuh dengan teka-teki, peretas "White Hat" dan Anarkis Moxie Marlinspike Pemikir, Signal dikembangkan oleh lembaga nirlaba, yang berarti bahwa Signal tidak dapat diakuisisi. Dan tidak seperti perusahaan teknologi besar, layanan ini tidak menjual iklan atau data pengguna. Ini didukung oleh sumbangan, termasuk pinjaman $ 50 juta dari salah satu pendiri, Brian Acton, yang juga membuat WhatsApp. WhatsApp dienkripsi menggunakan protokol Signal dan diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2014. Para kritikus khawatir kepemilikan WhatsApp oleh Facebook membuatnya kurang aman daripada Signal.

Signal perangkat lunak yang bersumber terbuka, sehingga orang lain dapat mengunduh atau menyalinnya. Misi pendiri adalah bahwa enkripsi ujung-ke-ujung menjadi normal, bahkan ke titik di mana Signal tidak diperlukan.

"Jika kita mendorong amplop sejauh yang kita bisa dan hal-hal yang kita kembangkan ada di mana-mana, kita semua dapat fokus pada hal-hal lain," kata Marlinspike ke New Yorker dalam sebuah profil pada bulan Oktober.

Meskipun Signal memiliki kelemahan, termasuk fakta bahwa ia memberi tahu pengguna setiap kali ada kontak baru yang mendapat layanan dan bahwa Anda hanya dapat berkomunikasi dengan aman jika orang lain memiliki aplikasi, secara umum dianggap memiliki privasi yang baik untuk biasa orang-orang. Artinya, mudah digunakan dan umumnya aman. Program yang lebih aman membutuhkan lebih banyak lompatan.

Signal lebih diarahkan pada komunikasi langsung daripada komunikasi media sosial luas, meskipun baru-baru ini meningkatkan batas panggilan kelompok dari lima hingga delapan pengguna dan obrolan grup mencapai 1.000 pengguna. Perusahaan juga telah meluncurkan fitur baru seperti wallpaper dan stiker animasi. Musim panas ini, mereka merilis alat yang secara otomatis akan mengaburkan wajah, sehingga orang dapat, katakan, berbagi protes video tanpa mengidentifikasi pengunjuk rasa.

Ada kemungkinan bahwa lonjakan Signal terbaru telah didukung oleh pengunjuk rasa - kali ini mereka berada di sebelah kanan. Karena perusahaan media sosial mengambil sikap yang lebih aktif tentang apa yang diizinkan pada platform mereka setelah kerusuhan Capitol yang kejam, masuk akal jika mereka yang mencari platform baru akan beralih ke platform bahwa komunikasi mereka dirahasiakan.