9 Aplikasi Translate Bahasa Asing Terbaik Android & iOS

aplikasi-translate-bahasa-asing

Local-Hunter.com - Memanfaatkan aplikasi transate sangat wajib bila mengunjungi suatu negara atau hanya sekedar belajar bahasa asing dengan mudah tanpa perlu adanya mentor guru bahasa tertentu. Selain mudah, ini juga sangat membantu mengembangkan minat terhadap bahasa baru yang ingin dipelajari.

Sebelum perkembangan teknologi berkembang pesat, penggunaan kamus masih sering di bawa kemana-mana terutama bagi para pelajar maupun mahasiswa ketika jam pelajaran bahasa inggris. Ada ribuan kosa-kata beserta terjemahan yang cukup detil. Tak hanya itu, buku kamus juga dilengkapi dengan adanya contoh penerapan kata yang benar.

Saat ini penggunaan dari buku kamus tidak sepopuler dahulu, karena aplikasi translate sudah banyak diluncurkan yang membawa puluhan bahasa dalam satu aplikasi entah itu online ataupun offline semuanya sudah tersedia secara gratis. Kelebihan dari aplikasi translate masa kini yaitu penggunaannya dapat dilakukan dengan mengetik, kamera, hingga fitur suara yang secara otomatis akan terdeteksi dan di terjemahkan ke dalam bahasa yang dipilih.

Berdasarkan pengalaman, aplikasi atau situs penerjemah tidak semuanya akurat 100 persen artinya kamu harus hati-hati dalam memilih kosa-kata yang baik dan benar sebab beberapa diantaranya tidak dapat diterjemahkan secara harfiah. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi penerjemah ini lebih cocok untuk bahasa yang ringan saja.

Rekomendasi Aplikasi Translate Android Terbaik

Meskipun aplikasi penerjemah sudah bertebaran di internet, penggunaan buku kamus nyatanya masih banyak digunakan oleh pelajar maupun mahasiswa di Indonesia. Berikut aplikasi translate yang memiliki puluhan bahasa untuk pengguna Android dan iOS.

1. Microsoft Translator

Photo: Microsoft Translator (Google Play)

Aplikasi translate terbaik selain dari Google Translate adalah Microsoft Translator. Aplikasi ini dikembangkan langsung oleh perusahaan raksasa Microsoft yang mendukung lebih dari 70 bahasa asing, kamu dapat menerjemahkan bahasa dalam jenis mode suara, teks maupun tangkapan layar di smartphone. Dukungan lain yang tidak kalah hebatnya adalah semua fitur translate dapat dimanfaatkan dalam keadaan offline sekalipun.

Fitur terjemahan suara dapat diaktifkan dengan mode split-screen translation yang berfungsi untuk menerjemahkan bahasa antar satu pengguna dengan pengguna lain dan juga bisa melakukan interaksi di dalam grup. Ada juga fitur tap single microphone yang memudahkan pengguna untuk menerjemahkan frasa pendek dalam keadaan online.

Fitur penerjemah teks Microsoft Translator memiliki fungsi untuk mendengarkan bahasa asing yang diucapkan oleh orang lain dan secara otomatis akan mencari arti terjemah yang paling akurat dari sebuah kata tersebut. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi translate yang satu ini untuk menerjemahkan sebuah foto dari gallery ataupun dari kamera secara langsung.

2. SayHi

Photo: SayHi Translate (SayHi)

SayHi dikembangkan oleh perusahaan raksasa Amazon yang memberikan kamu kemudahan dalam melakukan penerjemahan bahasa asing secara cepat dan akurat. Kelebihan dari SayHi yaitu kamu dapat langsung berbicara dengan perangkat yang nantinya secara otomatis akan diterjemahkan ke dalam bentuk pesan teks dan dikirimkan ke lawan berbicara. Ada 90 bahasa yang tersedia di aplikasi SayHi termasuk bahasa Indonesia, Inggris, Arabic dan masih banyak lagi.

3. U-Dictionary

Photo: U-Dictionary (Yaodao Google Play)

Bagi yang ingin belajar bahasa asing dengan mudah, bisa gunakan aplikasi translate U-Dictionary. Kamus ini dilengkapi 108 bahasa asing dan 12 bahasa kamus oxford dengan sejumlah kalimat contoh yang baik dan benar. Adapun fitur terbarunya diberi nama Magic Translate 2.0 yang mendukung fitur penerjemah dalam game, gambar dan komentar Youtube.

Seperti halnya dengan Google Translate, U-Dictionary juga bisa mendeteksi kosa-kata berdasarkan antonim dan sinonim dari sebuah bahasa termasuk penerjemah dari hasil foto kamera smartphone. Kamu dapat memeriksa tata bahasa yang benar dan menerjemahkan pesan suara hingga 35 bahasa dan 49 aksen yang semuanya tanpa bebas kesalahan.

Untuk mempelajari bahasa asing melalui aplikasi translate U-Dictionary caranya cukup mudah yaitu dengan cara mengaktifkan terjemahan cepat, fitur ini akan mengirimkan notifikasi mengenai arti bahasa asing tanpa perlu membuka aplikasinya. Ada juga fitur My Words untuk menyimpan kata favorit dan dipelajari kembali.

4. Translate All - Speech Text Camera

Photo: Translate All (Translator Lab)

Aplikasi translate terbaik yang cukup ringan adalah Translate All. Menurut informasi yang disediakan Google Play Store, Translate All sudah di unduh lebih dari 10 juta pengguna Android dan penilaian rating 4.4 dengan lebih dari 150 ribu ulasan memuaskan. Ukuran aplikasi ini hanya 19 MB dan menawarkan 100 bahasa asing terbaru termasuk bahasa Indonesia dan Inggris sebagai penggunaan sehari-hari untuk dipelajari.

Tampilan yang sederhana dan tidak membingungkan sangat cocok untuk digunakan bagi pengguna awam. Selain itu untuk mendukung penerjemahan bahasa, sudah ada fitur riwayat translate serta fitur translation start untuk menyimpan hasil terjemahan ke smartphone.

5. Kamusku Inggris Indonesia

Photo: Kamusku (Kodelokus)

Kamusku Inggris Indonesia adalah aplikasi translate yang sangat sederhana namun tidak menghilangkan fungsi utamanya dalam menerjemahkan bahasa Inggris dengan mudah dan cepat hanya dalam hitungan detik. Aplikasi ini akan memberikan contoh kalimat kata kerja transitif dan kata kerja intransitif berdasarkan subjek kata bendanya. Kamusku Inggris Indonesia saat ini sudah di unduh lebih dari 10 juta pengguna Android dan 365 ribu ulasan dengan rating penilaian 4.5.

6. Dict Box Universal Dictionary

Photo: Dict Box (Evolly App)

Dict Box sebagai salah satu aplikasi translate yang musti kamu unduh sekarang. Pasalnya perpaduan kamus Cambridge, Oxford, dan Wiki yang menjadi tolak ukur kesempurnaan dalam menerjemahkan bahasa tertentu dengan baik. Dict Box sudah tersedia dalam 50 bahasa dan dilengkapi dengan fitur menangkap objek foto yang secara langsung akan diterjemahkan ke dalam aplikasi. Meskipun aplikasi penerjemah ini sangat sederhana namun fitur yang dimiliki sudah lebih dari cukup untuk memulai bahasa Inggris dalam keadaan offline.

7. BK Translator

Photo: Speak Translate (BK Translate)

BK Translator adalah sebuah aplikasi translate yang dipadukan dengan penerjemah terpopuler seperti Google Translate, Yandex Translate, dan Baidu Translate, yang mana ketiga perusahaan ini sudah dijamin keakuratan dalam menerjemahkan bahasa tertentu. Aplikasi ini sudah mendukung lebih dari 150 bahasa termasuk di antaranya yaitu Arabic, Armenian, Azerbaijan, Belarusian, Indonesia, Inggris, Rusia, Spanyol, China, Jerman, Jepang, Korea dan masih banyak lagi. Fitur yang dimiliki seperti pendeteksi suara dan handwriting berjalan sempurna di perangkat Android.

8. iTranslate

Photo: iTranslate (iTranslate)

Aplikasi translate yang paling populer selanjutnya adalah iTranslate yang sudah di unduh lebih dari 50 juta pengguna Android dan 377 ribu ulasan memuaskan. Dari segi tampilan aplikasi iTranslate cukup rapih dan sederhana namun di sisi fitur tidak kalah lengkapnya dengan kompetitor aplikasi serupa. iTranslate sudah mendukung 100 bahasa termasuk bahasa Indonesia, Inggris, Denmark, Italia, Jepang, Spanyol, Rusia, Turki dan masih banyak lagi. Adapun fitur iTranslate Pro dapat menerjemahkan rambu dan menu yang menggunakan bahasa tertentu akan diterjemahkan dalam sekejap.

Daftar diatas merupakan aplikasi translate terbaik dan terpopuler yang ada di Play Store dan sangat cocok sekali untuk dipakai dan dimanfaatkan sebagai alternatif dari Google Translate. Adapun fitur masing-masing aplikasi memiliki kelebihannya yang tidak dimiliki satu sama lain.

Posting Komentar

0 Komentar