Alibaba Cloud vs AWS Cloud: Compare Harga, Layanan dan Keamanan Data

perbandingan-aws-ec2-dan-alibaba-cloud-ecs

Local-Hunter.com - Alibaba Cloud dan AWS milik Amazon adalah dua layanan cloud computing terbesar dan terbaik di dunia dengan teknologi paling canggih dan aman. Selain itu, jaringan server dari keduanya juga sudah tersedia di berbagai negara termasuk di kawasan Asia Pasifik.

Menurut analisa dari Synergy Research Group di tahun 2019, produk Amazon Web Services (AWS) memuncaki klasemen sebagai cloud computing terbaik di dunia dengan angka market yang dikuasai yakni 33%. Sedangkan produk dari Microsoft berada di bawahnya dengan skor market 16% dan disusul oleh Google Cloud Platform beserta IBM Cloud. Sementara Alibaba berada diposisi lima besar dengan pencapaian 5%.

Sejauh ini, awal tahun 2021 belum ada perubahan besar di antara lima besar penyedia cloud computing. Akan tetapi, analisa selanjutnya diprediksi tumbuh besar pada layanan Alibaba di kawasan Asia Pasifik terutama di Indonesia yang akan terlihat perkembangannya di bulan Mei 2021.

Pengertian AWS EC2 dan Alibaba ECS

Izinkan saya untuk menjelaskan secara singkat mengenai EC2 dan ECS yang dimiliki masing-masing penyedia cloud computing. Elastic Compute Cloud (EC2) adalah layanan berbasis web yang memungkinkan bisnis menjalankan program aplikasi di cloud publik Amazon Web Services (AWS). Amazon EC2 memungkinkan pengembang untuk menjalankan mesin virtual (VM), yang menyediakan kapasitas komputasi untuk proyek TI dan beban kerja cloud yang dijalankan dengan pusat data AWS global.

Pengguna AWS dapat menambah atau mengurangi kapasitas instans sesuai kebutuhan dalam beberapa menit menggunakan antarmuka web Amazon EC2 atau antarmuka pemrograman aplikasi (API). Pengembang dapat membuat kode aplikasi untuk menskalakan instans secara otomatis dengan AWS Auto Scaling. Pengembang juga dapat menentukan kebijakan dan grup penskalaan otomatis untuk mengelola beberapa instance sekaligus.

Sedangkan Elastic Compute Service (ECS) adalah layanan komputasi yang memiliki mode manajemen lebih sederhana dan lebih efisien daripada server fisik. Kamu dapat membuat instans, mengubah OS, dan menambah atau merilis sejumlah ECS instans kapan saja. ECS instans adalah lingkungan komputasi virtual yang mencakup CPU, memori, dan komponen komputasi dasar lainnya. Sementara instans sendiri adalah komponen inti ECS dan merupakan entitas operasi yang ditawarkan oleh Alibaba Cloud. 

Perbedaan Alibaba Cloud ECS dan AWS EC2

Sebaran Cloud Computing Global


Infrastruktur AWS adalah yang paling banyak di antara penyedia cloud computing lainnya, ini mencakup lebih dari 245 negara dan 24 wilayah dengan cakupan 77 zona. Untuk menjangkau semua pelanggan, Amazon Web Services memperluas wilayah kawasan termasuk Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, China, Asia Pasifik dan Afrika. Menurut informasi yang beredar, kabarnya Amazon akan membangun servernya di Indonesia dan jika ini terjadi maka pasar terbesar AWS di Asia Tenggara adalah Indonesia.


Sementara itu, Alibaba Cloud hanya tersedia di 22 wilayah dengan 63 zona ketersediaan secara keseluruhan. Meskipun tidak sebanyak layanan AWS, ternyata Alibaba Cloud memiliki Content Delivery Network (CDN) dengan lebih dari 2.800 node yang tersebar di 70 negara.

Penyimpanan


Amazon Web Services (AWS) memiliki 4 opsional penyimpanan terdiri dari Amazon Elastic Block Store (EBS), Amazon EC2 instans store, Amazon Elastic File System (EFS) dan Amazon Simple Storage Service (S3). Opsi penyimpanan ini dapat digabung atau dipisah dan sangat cocok sekali bagi bisnis yang ingin menghemat biaya. Untuk informasi selengkapnya mengenai penjelasan masing-masing penyimpanan tersebut kamu bisa membacanya di tautan ini.


Sedangkan, Alibaba Cloud menyediakan penyimpanan Elastic Block Storage (EBS), Object Storage Services (OSS) dan Network Attached Storage (NAS). Nah OSS itulah yang membantu situs web menjadi cepat dan ringan karena pemisahan sumber daya dinamis maupun statis menggunakan CDN. Kelebihan dan kekurangan bisa kamu nilai melalui artikel di situs resminya yang membahas OSS.

Tingkat Keamanan Data


Jika kamu memilih AWS sebagai layanan cloud computing terbaik, keunggulan yang diperoleh adalah kamu dapat memonitoring diaman data disimpan, menentukan siapa saja yang diizinkan mengaksesnya dan pilihan sumber daya apa yang ingin digunakan diwaktu tertentu. Infrastruktur AWS dilindungi oleh standar keamanan terbaik seperti PCI-DSS, HIPAA/HITECH, FedRAMP, GDPR, FIPS 140-2, dan NIST 800-171 serta mencegah serangan DDoS hingga penyebaran malware di dalam server client.


Begitupun dengan Alibaba Cloud yang mampu menahan serangan DDoS hingga kapasitas tertinggi 1TB, sehingga website akan selalu terlindungi jika sudah menerapkan keamanan yang benar. Selain anti-DDoS, Alibaba Cloud juga memberikan fasilitas Web Application Firewall (WAF) yang akan melindungi mulai dari bot traffic, pertahanan serangan SQLi, CSRF, Cross-site-scripting, Command Injection dan lain sebagainya.

Harga


AWS Cloud memiliki pilihan pembayaran dengan 3 opsional termasuk membayar sesuai pemakaian, model ini sangat cocok bagi kamu yang tidak ingin mengeluarkan anggaran terlalu besar akan tetapi memikirkan kebutuhan yang diperlukan saja. Selanjutnya, untuk layanan Amazon EC2 dan Amazon RDS akan diberi keringanan hingga 75% jika kamu membayar uang muka di awal, semakin besar pengeluaran di awal Amazon akan memberikan potongan harga yang besar juga. 

Untuk mengetahui harga AWS Cloud secara jelas dan detil, Amazon memiliki tools untuk menentukan harga masing-masing layanan yang diberi nama sebagai AWS Pricing Calculator. Amazon menyediakan 78 layanan mulai dari Amazon API Gateway, Amazon Athena, Amazon Aurora MySQL, Amazon Aurora PostgreSQL, Amazon Chime, Amazon CloudGuru, Amazon EC2, Amazon EBS, Amazon EKS, Amazon EC2 Dedicated Host, Amazon RDS dan masih banyak lagi.



Semenatara Alibaba Cloud juga mempunyai tools dengan sebutan Price Calculator. Dengan tools ini, kamu bisa memilih layanan Alibaba Cloud berdasarkan wilayah dan zona di setiap negara. Jenis instans seperti vCPU dan memori juga disediakan untuk memilih varian sesuka hati. Selain itu, ada juga pilihan sistem operasi yang lengkap mulai dari Windows Server, Alibaba Cloud Linux, Debian, CentOS, Ubuntu, SUSE Linux, OpenSUSE, CoreOS dan FreeBSD.

Untuk melihat informasi selanjutnya seputar harga Alibaba Cloud ECS bisa diliha di tautan ini. Nantinya kamu akan menjumpai artikel tentang penawaran harga terbaik mulai dari Instans, Reserved Instans, Dedicated Host, Storage dan Network Traffic.

Free Trial


AWS Cloud memberikan keringanan bagi yang ingin mencoba layanan secara gratis hingga batas tertentu. Kamu akan mendapatkan free trial selama 12 bulan dan menentukan jenis produk yang ingin kamu coba, misalnya Amazon EC2, Amazon S3, Amazon RDS, Amazon Cloud Directory, Amazon CloudFront, Amazon Connect, Amazon EFS, Amazon Elasticsearch Service dan masih banyak lagi. Jika ingin melakukan uji coba akun gratis, silahkan kunjungi tautan ini.


Alibaba Cloud juga tidak mau kalah dengan free trial produknya. Ini terbukti dari kategori gratis yang ia buat cukup banyak mulai dari Database Gateway, Global Traffic Manager, Cloud Firewall, GameShield, Security Center, Elastic Compute Services, Service Load Balancer, Cloud Enterprise Network dan macam-macam kapasitas penyimpanan. Daftarkan akun baru melalui tautan ini dan dapatkan akses layanan secara gratis mulai dari 3 bulan hingga 12 bulan.

Berikut adalah penilaian kelebihan dan kekurangan dari layanan AWS Cloud EC2 yang dipersembahkan oleh Amazon:

Kelebihan:
  • Server yang dimiliki terjangkau secara luas
  • Dukungan teknologi canggih dengan standar keamanan terbaik seperti PCI-DSS, HIPAA/HITECH, FedRAMP, GDPR, FIPS 140-2, dan NIST 800-171
  • Bonus tool bantuan termasuk AWS Migration, AWS Managed Services dan Amazon LightSail
  • Dilengkapi dengan AWS Nitro System
  • Pilihan prosessor terbaik termasuk Intel Xeon, AMD EPYC dan AWS Graviton
  • Data penyimpanan tersimpan di Amazon EBS, Amazon EFS, dan Amazon S3
Kekurangan:
  • Menu pembayaran cukup membingungkan
  • Belum ada server di Indonesia
  • Sistem operasi hanya 4 termasuk Amazon Linux, Windows Server 2012, CentOS dan Debian
Berikut penilaian kelebihan dan kekurangan dari Alibaba Cloud ECS:

Kelebihan:
  • Tersedia server di Jakarta
  • Harga yang ditawarkan sangat terjangkau
  • Keamanan terjamin yang dilengkap dengan Web Application Firewal dan anti-DDoS
  • Ada fitur unggulan seperti Auto Scaling, Auto Provisioning, Cpu Options dan Dedicated Host
  • Bonus perangkat lunak dari Fortinet, schlix, Windows Server 2016 dan Microweber CMS
  • Pilihan sistem operasi bervariasi
Kekurangan:
  • Tidak menjelaskan secara spesifik tentang keamanan data
  • Belum meluas penggunaanya terkenal di Indonesia
  • Price Calculator cukup membingungkan bagi pemula

Akhir Kata

Dua layanan cloud computing terbesar ini masing-masing memiliki puluhan fitur yang mungkin tidak bisa disebutkan satu persatu, yang jelas hanya ketika kamu sudah mendaftarnya dan mengeksplore di dalamnya. Sebelum membeli, sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu kebutuhan masing-masing bisnis yang kamu jalani. Semoga bermanfaat.