13GB Data Situs Wappalyzer.com Kembali Dibocorkan oleh ShinyHunters


Local-Hunter.com - Wappalyzer, perusahaan database teknografi yang mengumpulkan jenis teknologi website yang digunakan perusahaan, telah mengalami kebocoran data pada Januari tahun ini. Peretas itu membagikan 13GB data secara gratis di forum peretas.

Database Wappalyzer baru saja diposting ulang oleh peretas yang menyebut dirinya sebagai ShinyHunter di forum tempat mereka berkomunikasi. Total keseluruhan data yang diposting mencapai 13GB dengan ukuran 2GB yang sudah dikompress dengan WinRar agar tidak terlalu berat. Ekstensi yang dibocorkan ialah SQL yang mana ini merupakan kumpulan data-data dari Wappalyzer.com.

Belum diketahui siapa dibalik perbuatan ini, pasalnya ada kedua kelompok peretas yang mendapatkan database situs tersebut, yakni CyberMath dan ShinyHunters. Sedangkan postingan yang baru saja ditemui diunggah oleh ShinyHunters pada tanggal 18 Januari 2021.

Sebelumnya, peretas yang dikenal sebagai CyberMath menjual database situs Wappalyzer.com seharga $2.000 dalam bentuk Bitcoin. Menurut laporan yang beredar, CyberMath mencuri dan menjual database lebih dari 16.000 data pelanggan. Namun, perusahaan tersebut mengatakan bahwa semua data tersebut sudah kuno, karena tiap tiga bulan data-data diperbarui oleh perusahaan.

"Jika Anda menerima email ini, itu karena kami mendapatkan database lengkap Wappalyzer, dan email Anda ada di database," tulis peretas CyberMath yang dikirimkan ke pelanggan tahun lalu.

"Beberapa pelanggan kami menerima email dari pelaku yang menawarkan untuk menjual data aset curian. Data ini tidak termasuk informasi pribadi. Jika Anda menerima email seperti itu, tandai sebagai spam dan jangan membalas atau mengklik  link apapun, karena kemungkinan itu adalah scam," tulis Wappalyzer.