Cara Verifikasi Domain Blog di Facebook Business Agar Tidak Diblokir

Verification-Domain-Facebook-Business-LocalHunter

Seseorang yang tidak memiliki kepemilikan sebuah website dan terlalu sering membagikan tautan website maka Facebook akan menandainya sebagai spam bahkan pemblokiran URL. Tujuan ini dilakukan untuk mencegah tautan berbahaya yang tersebar di platform raksasa itu. Tak terkecuali juga untuk membuat seluruh pengguna merasa nyaman dan terhindar dari spam link blog.

Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas sedikit mengenai verifikasi domain Facebook hingga mengatasi URL website yang diblokir dan dianggap spam oleh sistem pendeteksian Facebook. Baca sampai habis ya!

Mengenal Apa Itu Verifikasi Domain Facebook

Platform raksasa Facebook ingin menciptakan suasana yang nyaman dan aman bagi semua pengguna termasuk membersihkan konten-konten yang dianggap spam, spam tautan website atau postingan yang dianggap merugikan orang lain. Salah satu langkah mencegah agar web yang kita bagikan tidak diblokir oleh Facebook adalah memverifikasi domain.


Namun, jika situs blog atau WordPress yang kamu kelola sudah dianggap spam oleh Facebook, maka sebaiknya melakukan banding dengan bukti-bukti kuat bahwa website yang kamu miliki tidak mengandung unsur pelanggaran pedoman Facebook. Sementara itu, Facebook merupakan salah satu platform media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia karenanya ini menjadi keuntungan alternatif dalam mencari traffic selain Google.

Manfaat Verifikasi Domain Facebook

  1. Kontrol izin pengeditan konten dan tautan serta mencegah penyalahgunaan atas nama website.
  2.  Mendapatkan izin pengeditan halaman khusus untuk iklan dengan akses login tertentu, misal hanya admin, moderator ataupun penulis.
  3. Mencegah website dari spam dan pemblokiran oleh Facebook.
  4. Website akan dipercaya Facebook dalam membuat konten yang valid dan tidak meresahkan pengguna lain.
  5. Mendapatkan sarana traffik baru selain Google dan Bing
  6. Tahan banting terhadap pelaku iseng yang melaporkan website kepada Facebook

Cara Verifikasi Domain di Facebook Dengan Mudah

Sebelum memulai bagaimana cara verifikasi domain website di Facebook, ada hal yang harus perlu kamu miliki terlebih dahulu. Selain itu, kamu juga harus menambahkan nama website di halaman Facebook. Persyaratan verif domain yang harus dipenuhi sebagai berikut:
  1. Sudah memiliki laman Fanpage
  2. Sudah memiliki akun Suite Facebook Business Manager. Jika belum daftar segera klik tautan ini
  3. Menambahkan tautan website ke laman Fanpage dengan cara klik Settings > Page Info > Website
Jika sudah terpenuhi, maka langsung kita mulai dan perhatikan setiap langkahnya agar tidak keliru.

1. Buat Akun di Facebook Business

Tahapan proses pertama ini sedikit memakan waktu karena kamu akan membuat akun Facebook Bisnis dari awal. Pastikan jika ingin mendaftar gunakan akun Facebook yang memiliki halaman Fanpage agar mudah dihubungkan ketika sudah selesai pendaftaran.
  • Silahkan isi nama bisnis, nama kamu dan email bisnis. Kemudian klik Kirim.
  • Jika sudah, silahkan cek email bisnis yang sudah di daftarkan lalu klik Activate Account.
  • Selamat! tahap pendaftaran Facebook Business telah berhasil.

2. Menghubungkan Halaman Facebook ke Akun Facebook Business

Ditahap ini nanti akan ditampilkan tiga pilihan yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Pertama Add Page, menu ini kamu hanya tinggal menambahkan Halaman Facebook, Kedua Add Account, menambahkan akun untuk membuat Halaman Facebook melalui akun Facebook Business dan Ketiga, meminta izin akses untuk masuk ke Halaman Facebook milik orang lain.

Jadi, jika sebelumnya sudah mempunyai Halaman Facebook maka opsi yang kita pilih adalah Add Page. Ikuti petunjuknya.
  • Pada halaman dashboard akun Facebook, silahkan pilih Add Page.
Menambahkan-Halaman-Facebook-pada-akun-bisnis-Facebook
  • Kemudian akan tampil pop-up dengan tiga menu lalu pilih Add a Page you own.
  • Ketikkan nama Halaman Facebook yang pernah dibuat sebelumnya dengan hubungkan dengan akun Facebook Business lalu klik Add Page / Tambahkan Halaman.
  • Horay Selamat! Kamu telah berhasil menyelesaikan tata cara menambahkan Halaman Facebook dengan akun Facebook Business. Langkah selanjutnya adalah memverifikasi domain di menu akun utama.

3. Memverifikasi Domain di Akun Facebook Business

Pada langkah selanjutnya siapkan website yang ingin di verifikasi domain pada halaman akun Facebook Business. Berikut tata cara verifikasi domain Facebook:
Tambahkan-Domain-Facebook-Business
  • Langkah selanjutnya adalah memverifikasi domain website. Ada tiga opsional pilihan berbeda, termasuk Verifikasi DNS, Unggah HTML dan Verifikasi Meta-tag. Cara yang paling mudah yaitu memilih Meta-tag.
Verifikasi-Domain-LocalHunter-Bag-2

  • Copy meta-tag diatas kode </head> pada Blogger. Klik Tema > Edit HTML > Paste meta-tag > Simpan.
  • Jika sudah, kembali ke halaman tersebut dan klik tombol Verifikasi.
Domain-Facebook-Terverifikasi
  • Hore Selamat! Kamu sudah menyelesaikan tahapan verifikasi domain dan sudah terverifikasi. Langkah selanjutnya menghubungkan antara domain dan Halaman Facebook. Ikuti terus ya!

4. Menghubungkan Domain Website dengan Halaman Facebook

Setelah domain sudah terverifikasi jangan ditutup halaman pengaturan bisnis karena kita akan menghubungkan domain website dengan Halaman Facebook. 
  • Pilih Tambahkan Asset > Pilih Asset > Tambahkan.
Menambahkan-Halaman-Facebook-di-Facebook-Bisnis
  • Taraaa tahap akhir sudah selesai dikerjakan, Selamat! akun Facebook Business yang kamu miliki sekarang sudah terhubung dengan Halaman Facebook.
Tahap-Akhir-LocalHunter-Domain-Verif-FB

Kesimpulan

Tutorial verifikasi domain di Facebook dapat dilakukan kapan saja dengan persyaratan memiliki akun Facebook Business dan Halaman Facebook. Sebelum mendaftar baca terlebih dahulu pedoman kebijakan yang dimiliki Facebook agar domain yang di daftarkan aman dari pelanggaran. Untuk mencegah dari pemberitahuan spam dan tindakan pemblokiran oleh Facebook, sangat disarankan membuat konten yang valid, tidak merugikan orang lain, dan menghindari konten negatif lainnya.

Demikian pembahasan tata cara verif domain semoga ini dapat membantu kalian yang ingin meminimalisir pemblokiran dari Facebook. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan berkomentar.