Fitur Premium Akan Diluncurkan, Tahun Depan Telegram Jadi Berbayar


Aplikasi chatting populer Telegram akan meluncurkan berbagai fitur terbaiknya seiring aturan kebijakan terbaru yakni layanan perpesanan akan diubah menjadi berbayar di tahun depan. Nantinya akan ada pembaruan besar-besaran kepada seluruh pengguna Telegram. Tenang, fitur berbayar Telegram hanya dikhususkan untuk pengguna Enterprise atau Business.

Telegram menjadi salah satu aplikasi terpopuler yang memiliki pengguna aktif mendekati 500 juta di seluruh dunia, untuk dapat digunakan setiap hari maka mau tidak mau CEO Telegram Pavel Durov memutar ide dan hasil yang ditentukan adalah Telegram akan dimonetisasi. Dengan ratusan juta pengguna, Telegram mengaku telah mengeluarkan biaya yang amat besar untuk lalu lintas dan server. 

Setidaknya Telegram membutuhkan biaya ratusan juta dollar per tahun untuk terus mengembangkan layanan perpesanan online. Durov juga mengatakan bahwa perusahaan yang ia kelola tidak akan dijual dan tetap independen meskipun saat-saat ini pihaknya membutuhkan biaya besar.

Sebagian besar layanan Telegram untuk akun bisnis akan mengalami perubahan besar terutama pada fitur yang saat ini sedang direncanakan. Perusahaan Telegram awalnya sama sekali tidak mengharuskan pembayaran apapun karena biaya-biaya tersebut sudah ditanggung oleh Durov selaku CEO Telegram. 

"Ketika proyek teknologi mencapai skala ini, biasanya ada dua pilihan - mulai menghasilkan uang untuk menutupi biaya, atau menjual perusahaan." kata Durov.

Durov juga sedikit menyinggung pada aplikasi WhatsApp yang sudah dijual untuk Facebook, ia menyebut pihak WhatsApp hanya memprioritaskan keuntungan keuangan daripada privasi seluruh pengguna. Karena itu Durov ingin melanjutkan proyek Telegram agar tidak terjual kepada siapapun.

Telegram akan memperkenalkan iklan di saluran publik mirip seperti Twitter Feeds akan tetapi pihaknya akan memperbaiki kekurangan dari periklanan dengan metode seperti itu dan terlebih lagi Durov menginginkan iklan yang tersedia tetap user-friendly dan menjaga privasi.

Perlu diketahui, Telegram akan menambahkan sejumlah fitur terbaiknya untuk kedua pengguna antara akun bisnis dan akun free, yang berbeda hanyalah fitur di akun bisnis akun sangat difokuskan kepada perusahaan swasta ataupun lembaga pemerintahan yang nantinya tertarik mencoba.

Jaringan periklanan yang nantinya disediakan berbasis iklan sendiri. Iklan Telegram akan dibuat dan diintegrasikan ke dalam aplikasi yang menggunakan tampilan lebih enak dipandang terlebih lagi iklan akan disamarkan sebagai postingan, dengan hal ini iklan apapun tidak akan mengganggu kenyamanan pengguna.

Tiga hari yang lalu, Telegram menambahkan fitur baru yang disebut sebagai Voice chats. Fitur ini berbeda dengan obrolan grup, karena obrolan suara akan terus menyala secara bersamaan sambil melakukan aktivitas mengirim teks dan media. Ketika pengguna lain bergabung ke dalam obrolan suara, maka terdapat bilah khusus di bagian atas layar yang menunjukkan siapa yang berbicara ketika sedang berkomunikasi.


Fitur terbaru dari Telegram yaitu pintasan untuk bicara juga sudah diterapkan namun ini hanya dapat digunakan untuk pengguna Telegram Desktop dan macOS app, dengan ini kamu dapat melakukan obrolan suara, mengontrol mikrofon meskipun tidak berada di dalam Telegram. Lebih kecenya lagi fitur ini dapat diaktifkan hanya dengan menekan tombol CapsLock.


Bagi kamu pengguna Android, aplikasi Telegram yang sebelumnya berada di penyimpanan internal dapat dipindahkan ke penyimpanan kartu memori. Nah ini sangat cocok banget buat yang memakai kartu memori dengan kapasitas besar untuk menyimpan berkas, video dan multimedia. Untuk mengaktifkannya silahkan lakukan pembaruan lalu klik Pengaturan > Data dan Penyimpanan > Pengaturan Penyimpanan. Apakah ada lagi selain itu? Ada. Tinggal menunggu saja pembaruan rutin di Play Store!