Sebelum Beli Mi 11, Inilah Keunggulan chip Snapdragon 888 Dijamin Ngebut

Keunggulan-Snapdragon-888

Hari ini Xiaomi akan memperkenalkan produk terbarunya yaitu Mi 11, yang nantinya akan menggunakan chip Snapdragon 888 sebagai daya pacu yang dijamin ngebut. Awal Desember, Qualcomm mengumumkan akan siap menanamkan chip terbaik ke vendor smartphone.

Ulasan ini telah dijabarkan pada acara event gelaran Qualcomm Snapdragon Tech Summit Digital. Qualcomm meyakinkan kepada vendor ponsel bahwa chip terbarunya akan menggunakan fabrikasi 5nm serta dukungan penuh untuk jaringan 5G.

Melihat di tahun sekarang banyak vendor yang mulai menyematkan 5G ke dalam produk smartphone, karena hal ini lah Qualcomm melihat peluang besar sekaligus untuk membantu produk-produk smartphone di masa mendatang dengan chip yang mendukung 5G.

Snapdragon 888 merupakan penerus dari pengembangan chip Snapdragon 865, di seri itu belum mencakup jaringan 5G sepenuhnya. Selain itu, peningkatan juga difokuskan khususnya untuk fitur kamera, koneksi jaringan yang distabilkan, kecerdasan buatan (AI), dan performa bermain game yang mulus.

Xiaomi Mi 11 menjadi ponsel pertama yang menggunakan chip Snapdragon 888 buatan Qualcomm. Performa chip ini memanfaatkan CPU Kryo 680 yang meningkatkan efisiensi kinerja perangkat sebesar 25 persen daripada seri chip Qualcomm sebelumnya. Sementara itu, Qualcomm juga membawa GPU Adreno 660 dengan kemampuan rendering meningkat sekitar 35 persen ditambah efisiensi hemat daya.

Kelebihan GPU Adreno 660 adalah mampu meningkatkan kualitas gambar dengan bantuan Variable Rate Shading (VRS), yang bekerja tampilkan shader 2 atau 4 piksel sekaligus. Bukan hanya itu saja, Snapdragon X60 5G Modem-RF mampu terapkan kecepatan hingga 7,5 Gbps.

Selain itu, ada juga dukungan menarik lain yang berasal dari fitur Game Quick Touch yang memiliki kemampuan mengurangi latensi hingga 20 persen, memungkinkan bermain game menggunakan 144fps namun paling efektifnya hanya 60fps.

Bagi pecinta audio musik, Qualcomm memberikan tambahan yang sempurna, yaitu teknologi FastConnect 6900 yang dijamin bakal jernih dan bazz akan terasa ditelinga. Sementara itu, Qualcomm juga memasang teknologi wireless terbaru, yakni Wi-Fi 6 dengan kecepatan maksimal 3,6 Gbps.

Kelebihan Snapdragon 888 ada pada  Qualcomm Spectra 580 ISP yang dapat menangkap objek foto dengan kamera terpisah secara bersamaan hanya sepersekian detik untuk menghasilkan gambar yang super jernih. Jika vendor menanamkan chip ini di produk ponselnya, maka ada tambahan fitur kamera yang memungkinkan merekam berkualitas 4K/120fps HDR.

Selain fitur canggih, Snapdragon 888 juga sangat serius dalam hubungan meningkatkan keamanan termasuk yang memenuhi standar Content Authenticity Initiative, foto yang dihasilkan akan disegel menggunakan kriptografi sehingga metadata tidak akan rusak dan memastikan bahwa foto tersebut adalah asli.

Qualcomm tampaknya terlalu nafsu untuk mengeluarkan produk chip yang mendukung pengisian daya QC 5, mereka juga belum menjelaskan secara detil apa saja yang di istimewakan hingga akhirnya perusahaan tersebut meluncurkannya. Jika ini terealisasikan untuk vendor maka Qualcomm menjadi satu-satunya perusahaan yang menciptakan pengisian daya super cepat di dunia.