Peretas Kumpulkan Uang Selama 334 Hari dari Bug Bounty, Ini Hasilnya!

BugHunter-Hacker-HackerOne-Awards

Sebagian besar para peretas mencari keuntungan dibalik pemberitaan wabah penyakit COVID-19 dengan berbagai macam serangan berbahaya terutama di sektor perusahaan swasta, lembaga pemerintahan maupun layanan kesehatan dunia internasional. Akan tetapi ternyata masih banyak juga peretas WhiteHats yang turut andil membantu mengamankan sebuah website atau aplikasi mobile yang mereka miliki.

Hampir setahun yang lalu, seorang hacker WhiteHat mendapatkan apresiasi dari platform Bug Bounty, HackerOne, yang dimana ia telah menyelesaikan $1 juta dollar dengan menemukan kerentanan di mitra mereka dan ini adalah penghargaan ke-7 sebagai jutawan di HackerOne. Tepat pada Kamis (24/12), Cosmin peretas WhiteHat telah berhasil mendapatkan $2 juta dollar dan nilai tersebut adalah yang paling tinggi untuk tahun ini.

Baca Juga :
Hacker bernama Cosmin Lordache atau lebih dikenal sebagai @inhibitor181, memimpin sebagai Bug Hunter jutawan di platform HackerOne. Peretas asal Rumania dan saat ini tinggal di Jerman telah bergabung dengan HackerOne sejak 2016 serta telah menemukan kerentanan sebanyak 468. Perusahaan yang paling besar membayar atas temuannya itu adalah Paypal, Dropbox dan Grab.

Saat ini Lordache menginjak usia 30 tahun, ia memulai berburu kerentanan sejak empat tahun yang lalu saat masih menjadi full-stack developer. Dua acara kontes keahlian meretas seperti h1-65 dan h1-4420 juga pernah diikuti olehnya. Selain itu, ia juga sering disebut sebagai The Assasin karena kehebatan dalam mencari kerentanan dengan cepat.

Penghargaan Bug Bounty Tertinggi Saat Ini di HackerOne

Kami sudah merangkum setidaknya 9 bug hunter dengan penghasilan tertinggi dalam mengikuti program Bug Bounty. Berikut hacker penghasilan tertinggi dari platform HackerOne :
  • Cosmin Lordache (@inhibitor181) dari Jerman, sebesar $2M+
  • Nathaniel Wakelam (@nnwakelam) dari Australia, sebesar $1,8M+
  • Mark Litchfield (@mlitchfield) dari Inggris, sebesar  $1M+
  • Frans Rosen (@fransrosen) dari Swedia, sebesar $1M+
  • Ron Chan (@ngalog) dari Hongkong, sebesar $1M+
  • Tommy DeVoss (@dawgyg) dari Amerika Serikat, sebesar $1M+
  • Eric (@todayisnew) dari Kanada, sebesar $1M+
Sementara tahun lalu, dipimpin oleh seorang remaja berusia 19 tahun bernama Santiago Lopez dengan pendapatan pertamanya dan sekaligus nilai tertinggi di platform HackerOne yaitu $1M+.