Inggris Perintahkan Huawei Hapus Produk Sepenuhnya Hingga 2027

Inggris-hapus-produk-Huawei-5G-2027

Pemerintah Inggris dengan tegas untuk melarang distributor penyedia seluler yang membeli produksi buatan Huawei. Batas penjualan yang dibolehkan hanya sampai tanggal 31 Desember 2020 dan penghapusan total perangkat yang menggunakan jaringan 5G asal China siap dilaksanakan pada 2027.

Keputusan sidang ini diterbitkan oleh Oliver Dowden selaku menteri digital Inggris yang nantinya barang produksi Huawei siap-siap digerus total dari negaranya. Ini mengikuti sanksi yang juga dibuat oleh Amerika Serikat kepada Huawei yang mengklaim perusahaan tersebut menimbulkan ancaman keamanan nasional. Namun, Huawei membantahnya.

Sebelum mencabut penjualan produksi Huawei, pemerintah Inggris menunda terlebih dahulu selama setahun. Setelah penundaan dan Undang-Undang telekomunikasi diterbitkan kembali, maka siap tidak siap Huawei beserta pekerja akan terkena dampak aturan tersebut.

Soal kecepatan, jaringan 5G memang dibilang sangat cepat yang mendukung perangkat nirkabel, seharusnya ini menjadi keuntungan luar biasa khususnya pengguna smartphone terutama pecinta gaming, streaming film bahkan unduh dan unggah dengan kecepatan tinggi. Jaringan 5G sendiri sebenarnya sudah tersedia di kota besar Inggris. Namun, jangkauannya tidak merata selain perkotaan.

Meskipun perusahaan Huawei terancam gagal memproduksi smartphone untuk negara Inggris, ini tidak akan mengurangi kemampuan Huawei dalam menjual smartphonenya ke pengguna lain selain Inggris. Mungkin saja nantinya smartphone Huawei akan jauh lebih sempurna.

"Inggris akan dipertanyakan bagaimana lingkungan bisnis yang ada di negara tersebut dan apa mungkin ia akan adil dan tidak diskriminatif untuk negara lain," Liu Xiaoming.

Terkait aturan baru yang dibuat Inggris, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo sangat gembira dan menyambut berita baik pasalnya Inggris sudah bergabung dengan negara yang melindungi dan membela keamanan nasional negaranya dengan melarang vendor asal China dengan alasan beresiko tinggi.

Sebelum aturan ini menjadi resmi, sejak Januari perusahaan Huawei memang sudah dibatasi terkait infrastruktur telekomunikasi maupun pemasok smartphone dan hingga saat ini lah Huawei berada di ujung tanduk untuk investasi terbesarnya di Inggris.

Baca Juga:

Rata-rata negara sekutu AS mengikuti aturan pemberlakuan pembatasan produksi asal China khususnya pada Huawei yang baru-baru ini dikabarkan akan membuat chipnya sendiri. Bagian Administrasi Trump waktu itu mengungkapkan bahwa Huawei adalah pintu gerbang bagi China untuk memata-matai. Namun, perkataan tersebut ditolak keras oleh petinggi Huawei dan pemerintah China.

Anggota parlemen Tory Backbench mendesak rentang waktu untuk penghapusan produksi peralatan jaringan 5G dari Huawei segera dilakukan sebelum masa pemilihan umum pada Mei 2024. Namun, Oliver Dowden mengatakan: "Semakin pendek aturan jadwal penghapusan itu, maka semakin besar juga resiko gangguan yang sebenarnya kepada telepon seluler,"

Posting Komentar

0 Komentar