Usai Natal, Harga Bitcoin Menguat Hingga Tembus Rp360 Juta per BTC

Bitcoin-Tembus-Rp360-Juta-per-BTC

Sebelumnya, Harga Bitcoin mencapai level tertingginya senilai Rp340 Juta hanya berselang 2-3 hari harga saat ini sudah mencapai $25.600 atau sekitar Rp360 Juta. Diperkirakan kenaikan ini akan terus terjadi hingga menjelang akhir tahun.

Melonjaknya harga Bitcoin sejak perusahaan PayPal meresmikan pembayaran online menggunakan mata uang kripto pada Maret tahun ini, termasuk penggunaan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, nilai cryptocurrency ini telah meroket sekitar 400% di tahun 2020.

Pada waktu 03:36 GMT, Bitcoin diperdagangkan di Binance terlihat nampak kenaikan sekitar 6,28% dalam persentase nilai terakhir. Namun, kembali turun dan berada diposisi $24.908 pada pukul 03:50 GMT. Sedangkan data yang diberikan Coinbase Bitcoin sudah menembus $25.748 setidaknya sudah naik 4,22%.

Photo: Perkembangan Bitcoin (TradingView)

Pada tanggal 17 Desember, Bitcoin meningkat tajam hingga 20% dengan menembus kisaran harga $20.000 dan hanya berselang tiga hari sudah mencapai level tertinggi yaitu $24.000 tepat pada 20 Desember.

Pakar analisis kripto juga turut menyuarakan terkait kenaikan harga Bitcoin, termasuk dari ZebPay, salah satu bursa mata uang kripto terbesar di India yang mengatakan nilai jual Bitcoin pada tahun 2030 akan mencapai nilai tertinggi sepanjang masa yakni $135.000.

Pasar Kapitalis Bitcoin Melampaui Visa

Pada dasarnya perbandingan ini tidaklah tepat, karena Bitcoin bukanlah sebuah perusahaan nirlaba seperti yang kita bahas kali ini yaitu Visa. Bitcoin terbentuk dengan protokol perangkat peer-to-peer yang membuatnya berdiri sendiri tanpa genggaman siapapun.

Perbandingan ini jika dilihat dengan seksama menggunakan data pasar kapitalis milik companiesmarketcap.com maka penilaian pasar kapitalis Bitcoin melampaui perusahaan jasa keuangan Visa, secara teoritis simbol Bitcoin telah menduduki peringkat ketiga belas di dunia tepat di bawah perusahaan perangkat seluler, Samsung.

Dukungan minat institusional menambah kepercayaan investor untuk melakukan investasi menggunakan mata uang kripto. Terlebih lagi investor GrayScale memiliki aset Bitcoin sebesar $17 miliar. Dalam beberapa bulan terakhir tren Bitcoin tampaknya menghinoptis perusahaan raksasa dunia, misalnya PayPal dan Square yang mendukung Bitcoin dalam transaksinya kemungkinan besar Visa juga akan mengikutinya.

Penguatan harga Bitcoin juga telah di identifikasi oleh analisis Intotheblock menggunakan data-on-chain. Ia menuliskan:

Bitcoin telah mampu mempertahankan nilai tertingginya di harga $23.000. Kami melihatnya melalui indikator IOMAP bahwa dukungan kuat terjadi pada kisaran antara $23.069 dan $23.377. Sebanyak 900 ribu alamat BTC sudah memperoleh sekitar $796.000.

Seorang trade Michael van de Poppe sangat berharap pasar kapitalisasi Bitcoin terus melonjak dengan tinggi dengan nilai maksimum setidaknya sekitar $780 miliar. Sebagaimana yang ia tulis melalui akun pribadi di Twitternya:

Pasar kapitalisasi Bitcoin terlihat Bullish dengan menguji level tertinggi sepanjang masa. Namun, level yang harus dihadapi adalah $550 dan $450 miliar. Salah satu pilihan dari keduanya yaitu peluang buy dip akan tetapi jika ini terus bertahan, langkah selanjutnya Bitcoin akan terbawa ke pasar atas ATH.

Posting Komentar

0 Komentar