CyberThreatMap: Peta Serangan Siber Dunia Maya Terupdate dari Belahan Dunia

Cyber threat map merupakan kumpulan data-data mengenai serangan yang bersifat digital dan tertarget ke suatu negara di seluruh dunia yang ditampilkan dalam peta siber online. Kita tidak pernah mengetahui aktivitas apa yang saat ini terjadi di dunia maya terlebih lagi kita sudah terhubung ke internet untuk menjelajah semuanya. Namun, apa kalian telah menyadari bahwa aplikasi mobile, website maupun perangkat lunak telah disusupi malware atau ransomware berbahaya. Serangan seperti ini sudah terdeteksi di CyberThreatMap.

Peta online serangan siber menampilkan sejumlah grafik dengan menampilkan informasi mengenai serangan apa yang saat ini sedang tren di jagat maya. Aktivitas serangan siber yang terekam CyberThreatMap lebih tepat mengarah kepada aktivitas kejahatan dunia maya yang mengeksploitasi sesuatu yang rentan dan mudah dijebol. 

Didalam peta kita akan disuguhi penampakan antarmuka bahwa serangan digital akan terus di update setiap minggunya dan memberikan informasi kepada masyarakat umum bahwa satu negara dengan yang lainnya saat ini sedang melakukan aksi serangan siber. Untuk itu kamu juga harus mengetahui serangan seperti apa yang diluncurkan oleh penyerang dan kemana serangan itu akan dituju. Daripada penasaran, yu simak artikel di bawah ini.

1. Cybermap Kaspersky

CyberThreat-Kaspersky-Map

Kaspersky bukan hanya membuat produk anti-virus akan tetapi tim keamanannya juga merancang peta serangan siber yang di update secara real-time setiap harinya. CyberMap yang dibuat oleh Kaspersky merupakan salah satu peta yang menampilkan informasi cukup lengkap dimulai dari statistik real-time, pilihan negara / benua, klasifikasi serangan dan informasi negara yang paling banyak aktivitas serangan.

Peta cyber ini juga menampilkan data historikal serangan apa yang digunakan oleh lawan, seperti saat ini yang sedang tren yaitu sasaran kepada negara Rusia yang ditargetkan menggunakan Hacktool, VirusDOS, Backdoor.Win32 dan Trojan-Dropper. Kaspersky juga menyediakan pilihan pendeteksian diantaranya On-Access Scan, On-Demand Scan, Mail Anti Virus, Web Anti Virus, Intrusion Detection Scan, Vulnerability Scan, Kaspersky Anti-Spam, Botnet Activity dan Ransomware. Informasi selengkapnya silahkan kunjungi: CyberMap Kaspersky.

2. ThreatMap CheckPoint

CyberThreatMap-CheckPoint

Perusahaan keamanan CheckPoint selain terkenal dalam mengidentifikasi sebuah ransomware tampaknya tim keamanan juga membuat data grafik serangan siber yang direkam secara real-time dan terupdate. ThreatMap yang dirancang oleh CheckPoint tidak begitu banyak data yang ditampilkan dibandingkan dengan milik Kaspersky namun disisi antarmuka informasi yang diberikan cukup jelas dan tidak membingungkan pengunjung.

Kategori yang ditampilkan dari peta cyber ini yaitu negara yang diserang, target industri, dan beberapa serangan malware yang berbeda. Pada menu bagian kiri CheckPoint menampilkan informasi serangan-serangan terkini dari seluruh penjuru dunia yang dikategorikan sebagai Malware, Phising dan Exploit karena saking cepatnya grafik yang diperlihatkan kita sedikit sulit negara mana saja yang benar-benar menjadi incaran serangan terbanyak. Jika penasaran terhadap peta cyber war silahkan kunjungi halaman: ThreatMap CheckPoint.

3. CyberThreat Imperva

Cyber-Threat-Map-Imperva-Online

Imperva juga meluncurkan peta ancaman siber yang disediakan langsung di domain utama kelebihan yang dimiliki yaitu tidak memakan resource yang banyak alias sederhana namun tidak menghilangkan nilai informatif. Kamu dapat menyaksikan secara langsung serangan-serangan dari berbagai dunia dengan macam-macam jenis serangan akan tetapi yang paling banyak terdeteksi oleh Imperva berjeniskan serangan DDoS, OWASP, dan Automated Threat.

Untuk melihat secara detil serangan ke suatu negara, kita ambil sample untuk negara Indonesia yang dimana total serangan mengincar 5 industri termasuk retail, computing & IT, layanan finansial, society, dan otomotif. Berdasarkan data yang di dapat dari Imperva bahwa Indonesia diserang oleh negara Jerman, Singapore, Canada, dan United States. Sedangkan untuk serangan internasional ditargetkan kepada Amerika dengan total serangan 36%, disusul dengan Inggris 15% dan Jerman 9%. Untuk update secara real-time silahkan berkunjung ke situs: CyberThreat Imperva.

4. DigitalAttackMap

DigitalAttackMap-CyberThreat-Online

Peta serangan siber ini merupakan salah satu yang menampilkan informasi serangan DDoS terkini untuk disajikan kepada masyarakat umum. Digital Attack Map tidak seperti peta yang lain dengan banyak sajian informasi serangan berbeda. Untuk melihat secara detil serangan DDoS tinggal arahkan cursor ke negara yang ingin dipilih dan nantinya ada informasi mengenai durasi serangan, Max Mbps DDoS, awal serangan, akhir serangan, port yang digunakan untuk DDoS, destinasi port, dan subclass traffic.

Digital Attack Map juga memberikan jenis serangan DDoS yang berbeda diantaranya untuk jaringan koneksi TCP, Volumetric, Fragmentation, dan Application. Namun sayangnya untuk menampilkan informasi tersebut membutuhkan resource cukup banyak yang mengakibatkan laptop atau komputer dengan spek minim akan terasa berat dan lambat untuk mengakses peta siber ini. Informasi selengkapnya bisa dilihat disini: DigitalAttackMap.

5. ThreatMap Bitdefender

Cyber-Attack-Map-Bitdefender

Perusahaan anti-virus terkenal ini juga membuat peta ancaman serangan siber secara akurat dan real-time dengan antarmuka yang sederhana dengan paduan warna hitam, merah dan kuning yang menandakan bahwa Bitdefender memberikan informasi seputar serangan siber terakurat. Meskipun sangat berbeda jauh dibanding yang lain karena peta siber ini tidak bisa memilih berdasarkan negara melainkan hanya informasi serangan-serangan saja. Dari table yang disediakan akan terlihat serangan secara langsung dengan menampilkan informasi tanggal, jenis serangan, asal serangan, target serangan, dan lokasi negara yang paling sering diserang. Selanjutnya kamu dapat mengunjungi secara langsung halaman tersebut pada link berikut: BitdefenderThreat.

6. Horizon Netscout CyberMap

Cyber-Threat-Map-Netscout-Online

Netscout juga merupakan salah satu perusahaan profesional di bidang IT dengan produk terkenalnya pada kategori Arbor Security DDoS, Carrier Security Provider,  Cyber Threat & DDoS Protection, Digital Transformation, Enterprise Application & Network Management, Industry dan Smart Visibility. Perusahaan ini bermarkas di Amerika tepatnya di Westford.

Untuk melihat informasi peta serangan siber secara real-time kamu patut mampir kesini karena di dalamnya cukup lengkap dengan berdasarkan tanggal timezone dari pengunjung. Dari kategori yang disediakan sepertinya Netscout menyajikan informasi serangan DDoS dilihat dari menu di bagian kiri yang tersedia. Berdasarkan kategori Triggers / Events Type di dalamnya berisi serangan berbasis UDP, IP Fragmentation, TCP, TCP SYN, TCP RST, TCP ACK, CLDAP Amplification, NTP Amplification, ICMP, TCP SYN/ACK Amplification, Chargen Amplification dan masih banyak lagi.

Informasi serangan DDoS yang diberikan meneror industri retail trade, information, layanan edukasi, administrative & support, public administration, finance & insurance, health care dan sejenisnya. Kamu juga dapat melacak serangan DDoS itu dengan cara memilih kategori source dan destination di bagian kiri. Informasi selengkapnya bisa di akses berikut ini: Netscout CyberThreatMap.

7. Map Httpcs

Https-Cyber-Attack-Map

Peta siber yang satu ini sangat lengkap khususnya bagi pengunjung yang ingin melihat pergerakan serangan yang mengarah ke sebuah website di suatu negara. Informasi yang diberikan oleh Httpcs ini bisa dibilang benar-benar sedang terjadi dilihat dari grafik setiap detiknya terdapat laporan mengenai vulnerability pada website. Jika kamu menemukan bug di website bisa mengirimkannya di situs ini juga lho dan ketika pihak administrator mengetahui biasanya ia akan menghubungi kamu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Pemberitahuan yang ditampilkan pada peta siber ini diberikan klasifikasi berbeda untuk Vulnerabilites Website,  Malicious Website, Phising, Malware, Bug Software, Hacked Website dan 0Day Exploit. Dari total keseluruhan negara yang saat ini menjadi incaran sasaran serangan siber masih dipimpin oleh Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Jerman dan China. Selanjutnya jika ingin mengunjungi silahkan klik tautan di samping ini: CyberThreat Httpcs.

8. SonicWall Security Center

SonicWall-CyberThreat

Terakhir, SonicWall sebagai situs yang menyajikan peta ancaman siber terbaik dengan informasi terupdate dan terdetil untuk saat ini. Untuk mengunjungi situs ini setidaknya koneksi internet berjalan stabil karena load akses sedikit lambat jika dengan memakan bandwith yang cukup banyak meskipun demikian tidak ada sia-sia juga untuk mengetahui informasi cyber threat di masa pandemi.

Peta siber ini bisa dipilih berdasarkan kategori terpenting seperti serangan malware, instrusion, ransomware, enkripsi trafik,  malware HTTPS, spam, phising, serangan website, cryptojacking dan IoT malware. Di table grafik nanti akan dijumpai klasifikasi kode WW (WorldWide), NAM (North America), EUR (Europe) dan API (Asia Pacific). Silahkan berkunjung ke halaman situsnya: SonicWall CyberThreatMap.

Demikian informasi ini disampaikan berdasarkan dari data perusahaan keamanan siber terpercaya dengan sumber yang sudah di validasi. Sudah sepantasnya kita selalu menjaga diri saat berinternet agar tidak menjadi korban dari serangan berbahaya tersebut. Di masa pandemi seperti ini para penyerang tetap meluncurkan serangan ke berbagai sektor demi meraup keuntungan dengan cara memeras korbannya. So, berhati-hatilah saat mengunjungi sebuah situs download karena bisa saja di dalamnya sudah terisi malware, trojan, botnet, ransomware, virus yang super berbahaya dan merugikan.

Posting Komentar

0 Komentar