Terkena Serangan Jingling? Cegah Dengan Cara Ini Dijamin Ampuh!

Cara-mengatasi-jingling-dijamin-ampuh

Cara Mengatasi Jingling - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara mengatasi jingling pada blog. Serangan jingling memang paling menakutkan bagi kalangan blogger karena bisa mengakibatkan penurunan kualitas pada blog itu sendiri. Nah jika kamu pernah mengalami insiden serangan jingling maka coba lakukan hal ini agar tidak terjadi kembali.

Fenomena jingling sebenarnya sudah lama terjadi dan ini beberapa kali menyerang situs blog sesama Warga Negara Indonesia. Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena persaingan dunia blogging yang tidak sehat dan tidak sportif yang menimbulkan serangan satu sama lain. Tidak hanya sekali dua kali melainkan sudah puluhan bahkan ratusan kali serangan jingling pernah terjadi.

Jingling di tahun ini tidak akan memberikan manfaat pada situs blog ataupun website karena perilaku ini akan dianggap spam oleh Google dan jika ini terus terjadi pada website maka kemungkinan yang akan terjadi adalah pemberitahuan spam, deindex dan mungkin juga akan dihapus dari halaman pencarian.

Perilaku serangan jingling memang sangat merugikan apalagi jika sang pemilik blog memiliki iklan Adsense. Google sangat sensitif atas traffic yang dinilai bukan traffic organik dari halaman pencarian. Oleh sebab itu, traffic yang membludak secara mendadak diwaspadai traffic itu bersumber dari bot yang dilarang oleh Google.

Apa Itu Jingling AutoVisitor Blog

Jingling merupakan tools yang dapat menaikkan PageViews pada sebuah website secara instant tanpa perlu mengatur SEO onpage maupun offpage untuk mendapatkan visitor secara cepat dan mudah. Jingling adalah sekumpulan bot useragent yang dibuat untuk meningkatkan traffic dengan cara yang tidak normal dan ini sangat dilarang oleh Google.

Istilah Jingling sudah ada sejak 2008 yang pertama kali diluncurkan dan digunakan di China dan Inggris. Dulunya adalah Traffic Spirit yang memudahkan siapapun membuat website dan ingin mempunyai visitor melimpah dengan cara yang instant dan cepat.

Dahulu situs bot Jingling AutoVisitor blog hanya bermodalkan situs blogspot yang di dalamnya berisikan kode pemrograman yang diracik sedemikian rupa agar bot tersebut masuk kategori valid oleh Google. Namun, untuk saat ini semua traffic itu hanya sia-sia. Bahkan saya pernah menemukan satu script PHP yang berisikan list array asal traffic yang di inginkan. Contohnya seperti ini $list[] = "http://facebook.com"; // ini adalah potongan kode asal traffic yang di inginkan adalah dari Facebook. Jadi, dengan list array ini kita sulit menduga apakah ini Jingling atau traffic organik. Wahh parah ya.

Baca Juga: Dampak Negatif Sering Gonta Ganti Template Blog

Penggunaan Jingling termasuk skala paling buruk jika ini diterapkan untuk menjatuhkan kompetitornya. Umumnya serangan semacam ini adalah perilaku yang iri, dengki akan hasil yang di dapat oleh pesaingnya. Oleh karena itu, ia akan melakukan segala cara untuk menjatuhkan lawannya di halaman penelusuran Google.

Dalam penggunaan Jingling, ia sangat mudah sekali dikonfigurasi bahkan untuk pemula sekalipun. Karena program yang dibuat sudah otomatis hanya tinggal memberikan berapa bot yang nantinya akan di kirim ke kompetitor lain.

Hasil Visitor dari Jingling Blog

Pada dasarnya hasil serangan ini sebenarnya tidak terbatas alias suka-suka dari si penyerang. Ada beberapa situs yang menyediakan layanan ini dengan gratis secara online bahkan ada juga repository mengenai bot Jingling AutoVisitor untuk blog.

Jika serangan ini mengarah ke website kamu, sungguh bahaya jikalau itu benar terjadi. Sebab serangan Jingling dapat mengirimkan bot hingga ribuan bahkan ratusan ribu setiap harinya tergantung si pelaku berapa yang ia kirimkan.

Pelaku awalnya tidak langsung mengirimkan Jingling dalam satu hari melainkan konsisten menyerang agar website tersebut nantinya akan terdeteksi perilaku tidak wajar alias spamming traffic. Jika ini sudah terdeteksi oleh Google maka tindakan manual akan dilakukan diseluruh halaman situs tersebut hingga deindex bahkan menghapusnya di halaman pencarian.

Manfaat Serangan Jingling AutoVisitor Blog

Sebelum Google memiliki algoritma yang canggih, tindakan Jingling ini membawa pengaruh positif yang sangat bagus di kalangan blogger pada umumnya. Karena tujuannya adalah mempercepat mendapatkan traffic agar cepat naik ranking di halaman pencarian Google.

Penggunaan Jingling AutoVisitor juga dimanfaatkan sebagian orang untuk memanipulasi data ranking Alexa agar terlihat situs tersebut memiliki rating yang bagus di mata Google. Cara kerja Jingling sangat sederhana yaitu semakin banyak bot yang dikirim maka semakin cepat pula Alexa mendeteksi situs tersebut ditandai sebagai populer.

Sistem perankingan milik Alexa waktu itu hanya berdasarkan visitor yang mengarah pada situs tersebut tanpa ada indikator lain seperti backlink, linking building dan segala macam yang berkaitan dengan SEO onpage / offpage.


Banyak yang sudah mencoba cara memperbanyak visitor dengan Jingling agar mendapatkan DA PA atau Alexa Rank yang cukup tinggi dengan harap Google dapat membantu website tersebut berada di Page One ataupun konsisten mempertahankan konten tersebut di penelusuran.

Eitss ini jaman dulu sekarang sudah tidak berlaku lagi karena Google sudah memiliki algoritma yang diberi nama Google BERTH. Jika masih menggunakan Jingling untuk mendapatkan visitor secara instant, maka siap-siap situs kamu akan dikenakan hukuman tindakan manual bahkan deindex konten.

Dampak Negatif Jingling AutoVisitor

1. Hilangnya konten di halaman penelusuran mesin pencari.

2. Dianggap perilaku spam oleh Google.

3. Situs blog kembali berada di Sandbox.

4. Alexa Rank semakin tidak berguna akibat bot yang mengunjungi bukan traffic organik.

5. Rawan banned untuk publisher Google Adsense.

6. Mendapatkan tindakan manual di seluruh situs.

7. Rawan deindex konten artikel secara menyeluruh.

Bagaimana Menghindari Serangan Jingling pada Blog

Efek Jingling AutoVisitor memang sangat menggiurkan dengan mendatakankan sekumpulan bot dengan useragent melimpah akan tetapi juga membawa dampak negatif yang sudah disebutkan diatas. Jika ini dilakukan kepada kompetitor maka ini sangat merugikan dan bisa saja menurunkan kualitas ranking.

Jingling banyak digunakan untuk menyerang blog yang masih baru atau belum memiliki domain TLD karena beberapa pemilik blog yang baru masih sering mengalami serangan brutal ini. Beda halnya dengan situs dengan traffic organik ribuan tiap harinya maka serangan Jingling tidak ada gunanya walaupun sudah mengirimkan bot ribuan hingga ratusan ribu bot Jingling setiap harinya. Oleh karena itu, mari simak ulasan cara mengatasi Jingling AutoVisitor pada Blog dengan mudah.

Cara Mencegah Serangan Jingling pada Blog

1. Hindari menyebarkan link situs blog di grup manapun

Langkah awal terjadinya penyerangan Jingling adalah pemilik blog dengan sengaja melakukan spam komentar atau postingan di sebuah grup Facebook, Instagram dan media sosial lainnya yang turut membuat orang lain kesal dengan aktivitas tersebut.

Hindari menyebarkan link situs blog yang tidak relevan dengan topik yang ada pada blog kamu, seperti contoh blog yang kamu miliki mempunyai artikel teknologi akan tetapi tautan link disebarkan ke grup selain yang membahas teknologi, maka itu dianggap tidak relevan dan akan mengundang orang lain berbuat iseng.

Alasan terakhir yang sering dijumpai adalah kalah saing dari kalangan blogger yang pada akhirnya si pelaku melakukan Jingling secara masif dan brutal untuk menurunkan performa di SERP. Cukup rugi bukan? Ya begitulah kira-kira.

2. Modus minta link blog untuk dijadikan referensi

Nomer kedua ini sangat direkomendasikan untuk blogger pemula yang wajib mewaspadai siapapun yang meminta tautan blog untuk dijadikan referensi orang tak dikenal. Segala trik dicoba agar korban mengirimkan tautan blog dan akhirnya Jingling pun tiba di blog.

Bukankah bagus untuk dijadikan referensi? Mudah saja. Jika ingin dijadikan referensi seharusnya sudah banyak situs yang relevan tak kalah bagusnya untuk dijadikan referensi. Bukan hanya ingin melakukan Jingling, orang lain juga dapat mengambil ide kata kunci bahkan sumber backlink yang kita miliki lho.

Sebaiknya komunikasi terlebih dahulu mengapa ia dengan antusiasnya meminta tautan blog milik kita dan tujuan lain untuk digunakan apa, lihat juga profile yang digunakan apakah cukup dapat diukur ia pengguna aktif dan asli di Facebook. Jika diragukan lebih baik dibersihkan saja private messagesnya dan amankan situs blog yang kamu miliki.

3. Customisasi Robots.txt

Pergi ke menu Setelan > Preferensi Penelusuran > Robots.txt > Edit > Opsional Ya.

Kemudian silahkan copy-paste beberapa barisan kode robots.txt di bawah ini di halaman tersebut.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: Googlebot
Allow: /

Disallow: /search
User-agent: *
Disallow: /
Sitemap: https://yourblog.com/sitemap.xml

4. Ubah Izin Pembaca Blog

Perkiraan serangan Jingling AutoVisitor biasanya membutuhkan waktu kira-kira 2-7 jam lamanya untuk mengirimkan ribuan bot dengan cepat. Selain dari custom robots.txt kamu juga bisa menggunakan alternatif ini untuk meminimalisir serangan susulan skala besar.

Akan tetapi dampak dari pengubahan izin pembaca blog adalah situs blog kamu tidak akan bisa dibaca oleh pengunjung baik dari traffic organik maupun dari platform media sosial seperti Facebook, Instagram ataupun WhatsApp. Cara ini cukup ampuh untuk menjeda Jingling dalam beberapa jam.

1. Silahkan login akun blogger.
2. Pilih menu Setelan > Izin > Akses pembaca > Pembaca khusus > Simpan.

pembaca-khusus-blogger

5. Laporkan kepada Google Safebrowsing

Nah tahap akhir untuk memberantas sumber traffic Jingling adalah melaporkannya kepada Google Safebrowsing terkait situs spam. Kamu berikan penjelasan yang cukup detail dan beritahu masalah apa yang kamu alami serta kerugian apa yang kamu peroleh atas aktivitas Jingling tersebut. Untuk melaporkannya silahkan klik disini.

Demikian informasi seputar Apa Itu Jingling, Manfaat Jingling, Dampak Negatif Jingling hingga mengatasi permasalahan soal bot Jingling AutoVisitor pada Blog. Semoga artikel ini dapat membantu bagi blogger terutama untuk yang awam dan masih pemula untuk menjaga selalu situs blog kesayangan dari ancaman seperti ini.