Cara Membuat Iklan Link 6 Tautan Sekaligus, Bisa Diatur Sesukamu!

iklan-link-penelusuran-bersponsor

Optimalkan penghasilan pendapatan dari Google Adsense terutama dalam membuat iklan unik untuk situs blog kesayanganmu. Iklan link atau iklan teks penelusuran bersponsor sebenarnya sudah dihapus sejak April 2019, Google merombak sejumlah peraturan hingga mengenai unit iklan link. Namun, apakah iklan link masih dapat digunakan di tahun 2020 / 2021? Tentu. Simak ulasan berikut ini.

Cara membuat iklan link sebenarnya mudah, namun bagi pengguna yang baru di approve mungkin belum familiar dengan kode unit iklan link penelusuran bersponsor. Trik ini hanya memodifikasi sejumlah teks default dari unit iklan yang disediakan Google Adsense. Sebelumnya, iklan link hanya tersedia 2 baris dan 2 kolom, akan tetapi bisa kita modifikasi sesuka hati.

Karena unit iklan link sudah dihapus oleh Google Adsense, kamu tidak akan melihat unit iklan ini. Oleh karena itu, kita akan menggunakan alternatif yaitu unit iklan display dan sedikit tambahan kode custom CSS yang nantinya sebagai wadah modifikasi unit iklan link.

Nah berapa sih unit iklan link / tautan yang paling bagus untuk sebuah situs blog? Jumlah yang paling disarankan dan direkomendasikan adalah 5-6 unit susun iklan link. Usahakan jangan terlalu banyak memasang iklan link karena nantinya akan mengganggu pengunjung.

Bukankah modifikasi kode iklan masuk kategori melanggar kebijakan Google Adsense? Sebelum membuat artikel ini, saya melakukan survey di beberapa situs blog yang memiliki pengunjung paling banyak dan mereka memodifikasi kode unit iklan link dan sampai sekarang masih dipasang. Jadi, kemungkinan akun Google Adsense mereka masih aman.

Menurut pedoman kebijakan Adsense untuk saat ini, ada tujuh teknik yang harus dihindari untuk memasang sebuah unit iklan. Berikut teknik yang tidak boleh digunakan untuk memasang kode iklan Adsense.
  1. Google Adsense melarang bagi penayang untuk menyembunyikan unit iklan apapun dengan memodifikasi CSS (display:none). Jika ingin memodifikasi kode iklan yang aman dan responsif maka silahkan lihat disini.
  2. Dilarang membuat dan memodifikasi unit iklan yang menutupi konten.
  3. Penayang harus menghindari menempatkan unit iklan tumpang tindih yang mengganggu kenyamanan pengunjung.
  4. Memodifikasi kode iklan dengan memanipulasi menggunakan kode CSS IFRAME.
  5. Mendistribusikan tautan iklan Adsense melalui email atau perangkat lunak.
  6. Memodifikasi kode iklan agar tayang mengambang, bergeser ataupun iklan dengan tampilan memperbesar dan memperkecil secara otomatis.
  7. Memicu / mengajak seseorang untuk klik iklan selama berada di situs web.
Dari daftar kebijakan modifikasi kode iklan Adsense diatas, maka trik yang nanti akan kita coba masih terbilang aman. Mari kita coba buat iklan link dengan mudah.

Cara Membuat Kode Iklan Link Adsense Terbaru, Bisa di Custom

1. Login ke akun Adsense kalian masing-masing.

2. Di bagian kiri, pilih Iklan.

3. Arahkan ke halaman menurut unit iklan.

4. Pilih unit iklan display.

5. Berikan nama yang sesuai, karena saat ini lagi mencoba membuat unit iklan link maka berikan judul      tersebut.

6. Nanti akan disuguhkan tiga model tampilan unit iklan, pilih horizontal dan responsif.

7. Simpan dan salin kode iklan.

Photo: Unit iklan display (LocalHunter)

Setelah berhasil membuat unit iklan display, nantinya kamu akan mendapatkan kode seperti yang ada di bawah ini.



Agar unit iklan display berubah menjadi iklan link, maka kita akan modifikasi sedikit saja pada bagian data-ad-format yang diubah menjadi "link".

Tambahkan kode CSS dan modifikasi sesuai selera pada kode height:250px. Setiap iklan link memiliki nilai per baris 50px, jika kamu ingin membuat 6 iklan link sekaligus maka tinggal dikalikan saja 50 x 6 = 300px. Mau lebih banyak atau lebih sedikit iklan linknya ? Atur sesuka hati.

.iklanteks {display:block; width:100%; height:250px;}

Demikian pembahasan mengenai pembuatan iklan link Adsense terbaru. Ingat, jangan terlalu banyak iklan link yang nantinya akan mengganggu kenyamanan pengunjung gunakan yang sudah direkomendasikan yakni 5 - 6 baris kolom. Semoga bermanfaat.